Iklan

Dampak Keputusan Keliru Wasit, Wiljan Pluim Kembali Terancam Sanksi Larangan Bermain Usai PSM Kalahkan PSIS

timurkota.com_official
Senin, Desember 19, 2022 | 9:03 PM WIB Last Updated 2022-12-19T22:36:54Z

Wiwink-Bola, Senin 19 Desember 20:09 WIB 

Wiljan Pluim

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Tanpa alasan yang jelas wasit, Dwi Susilo tiba-tiba mengeluarkan kartu kuning untuk, Wiljan Pluim saat PSM Makassar mengahadapi PSIS Semarang, Senin (19/12/22) Pukul 18.00 WIB.


Pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta itu diwarnai banyak keputusan wasit yang merugikan kedua tim. 

Salah satunya, adalah kartu kuning bagi Wiljan Pluim. Tak ada dalam tayangan ulang terkait dengan pelanggaran Pluim. Namun secara tiba-tiba ada penyampaian bahwa kapten tim itu diganjar kartu.

Dengan demikian, maka Pluim telah menerima dua kartu kuning. Pasalnya saat melawan, Madura United ia juga menerima kartu. Itu artinya, jika Pluim kembali menerima satu kartu kuning lagi dipastikan akan kembali absen satu pertandingan.

Berikut regulasi terkait dengan  larangan bertanding karena akumulasi kartu kuning terdapat di dalam Pasal 57 ayat 3.

Pemain yang memperoleh akumulasi empat kartu kuning dalam 4 laga berbedaselama berlangsungnya BRI Liga 1, tidak diperkenankan bermain 1 kali pertandingan pada laga berikutnya setelah akumulasi tercapai sesuai dengan Pasal 57 ayat 3.

Aturan larangan satu pertandingan juga berlaku untuk setiap akumulasi 3 kartu kuning berikutnya dalam 3 pertandingan yang berbeda selama berlangsungnya BRI Liga 1.

Sebelummya, PSM Makassar mampu memenangkan pertandingan melawan PSIS Semarang pada pekan ke-15 BRI Liga 1 dengan skor 2-0 di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, Senin (19/12/22) Pukul 18.00 WIB.

Dua gol kemenangan PSM Makassar diborong pemain asal Jepang, Kenzo Nambu pada menit ke-6 dan 90. 

Usai pertandingan Ian Andrew Gillian menyoroti kinerja wasit atas terjadinya beberapa insiden pelanggaran yang dianggap merugikan timnya.

Ia juga menilai Pemain PSM Makassar berupaya mengulur-ulur waktu setelah unggul pada babak kedua. Ia juga menilai dari segi permainan timnya unggul atas lawan.

"Pertandingan yang sangat berat, ditambah dengan pelanggaran keras yang luput dari wasit. Anda sendiri melihat tadi pemain lawan banyak mengulur-ulur waktu setelah unggul," ungkap usai pertandingan. 

Jalannya Pertandingan:

PSM Makassar mengambil inisiatif serangan sejak babak pertama di mulai. Wiljan Pluim dkk mampu menciptakan beberapa peluang melalui kombinasi sayap, Muhammad Dzaky dengan Everton Nascimento.

Namun pada menit ke-5, PSIS Semarang menciptakan peluang emas melalui sepakan keras Wawan Febrianto. Tendangan pemain berposisi sebagai winger kanan itu menerpa mistar gawang PSM Makassar yang dijaga Reza Arya Pratama.

Satu menit kemudian PSM Makassar justru berpesta lebih duluan. Melalui sepakan pojok Yance Sayuri melambungkan bola masuk ke area kotak penalti.

Kenzo Nambu kemudian mencocor bola hinga masuk ke gawang lawan. Skor 1-0 pun untuk keunggulan PSM Makassar pada menit ke-6 babak pertama.

Pada menit ke-20, Tiase Marukawa nyaris menyamakan kedudukan melalui sontekan keras di dalam kotak penalti. Tendangan keras pemain asal jepang itu berhasil ditepis Reza Arya Pratama.

Jelang babak pertama usaiwasit, PSM Makassar melancarkan serangan cepat yang dimotori Everton Nascimento. Pemain nomor punggung 10 itu mampu melewati dua bek lawan.

Namun saat mendekati kotak penalti, ia terjartuh setelah kaosnya ditarik dari belakang oleh Wahyu Prasteyo. Ini sekaligus menjadi peluang terakhir dalam laga babak pertama. Alhasil skor 1-0 untuk keunggulan PSM Makassar hingga turun minum.

Babak kedua dimulai tanpa ada perubahan komposisi pemain dari dua tim. PSM Makassar masih mengandalkan pemain cepat Muhammad Dzaky dan Kenzo Nambu dari sektor sayaplawan.

Menit ke-90 PSM Makassar kembali menambah keunggulan, Kenzo Nambu kembali mencetak gol indah melalui sepakan keras terukur di luar kotak penalti.

Hingga wasit Dwi Susilo, meniup pluit panjang tanda pertandingan berakhir. PSM Makassar mampu mempertahankan kemenangan 2-0 atas PSIS Semarang.

Susunan Pemain PSM Makassar Vs PSIS Semarang

PSM Makassar (3-5-2), Reza Arya Pratama; Agung Mannan, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, M Arfan, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Dzaky Asraf; Wiljan Pluim (C), Everton Nascimento

Pelatih: Bernardo Tavares

PSIS Semarang (4-3-3), Wahyu Tri Nugroho; Taufik Hidayat, Alie Sesai, Ryan Ardiansyah, Wahyu Prasetyo (C); Delfin Rumbino, Fredyan Wahyu, Wawan Febrianto; Jonathan Cantillana Taisei Marukawa, Carlos Fortes

Pelatih: Ian Andrew Gillan

Simak di Sini: 7 Fakta Kemenangan PSM Makassar Atas PSIS Semarang

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Keputusan Keliru Wasit, Wiljan Pluim Kembali Terancam Sanksi Larangan Bermain Usai PSM Kalahkan PSIS

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan