timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Manajemen PSIS Akhirnya Angkat Bicara, Lakukan Manuver Datangkan Gelandang Kroasia: Pemain Buruan PSM di Putaran Pertama Keluar, Pasukan Ramang Minat!

Baca Juga

Wiwink-Bola, Minggu 13 November 06:48 WIB

Jonathan Cantillana merayakan gol bersama dengan beberapa pemain PSIS Semarang lainnya


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Tim Mahesa Jenar menjadi klub pertama yang melakukan gerakan cepat dalam merekrut pemain baru pada bursa transfer pertengahan musim ini.

Ya, di saat tim lain sibuk menggelar pemusatan latihan sambil menunggu jadwal kelanjutan BRI Liga 1 2022. PSIS Semarang mendatangkan gelandang kreatif asal Kroasia, Duje Javorcic.

Duje bahkan telah hampir dua pekan berlatih bersama tim PSIS Semarang. Meski alasannya trial, namun hampir dipastikan pemain timnas Kroasia kelompok umur ini akan berkostum tim kebanggaan Panser Mania dan Snex dua nama kelompok suporter PSIS.

Lantas siapa nama bakal dicoret, tentu saja Jonathan Cantillana. Pemain asal Cili berkebangsaan Palestina itu harus keluar meski sudah tiga tahun bermain bersama Mahesa Jenar.

Cantillana terpaksa dicoret lantaran gaya permainannya tak disukai pelatih PSIS Semarang. Ini berbeda dengan kasus dialami Taise Marukawa. Meski terbilang minim konstribusi, namun pemain asal Jepang ini tetap dipertahankan.

Banyak bertanya-tanya, ketika resmi keluar dari PSIS Semarang kemana Cantillana akan berlabuh. Nama klub PSM Makassar kembali disebut.

Pasalnya, di awal musim lalu. Cantillana sempat masuk dalam daftar buruan Pasukan Ramang. Namun gagal lantaran manajemen PSIS Semarang enggan melepas sang pemain.

Kendalanya, Duje Javorcic butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan gaya permainan PSIS Semarang.

Ini merupakan kali pertama ia akan  berkarier di Liga 1. Sebelumnya, Duje Javorcic banyak menghabiskan kariernya di Eropa sebelum merapat ke PSIS Semarang.

PSM Makassar sejak putaran pertama lalu dikaitkan dengan pemain asing kelahiran Cili Jonathan Cantillana yang berkewarga negaraan Palestina.

Banyak rumor menyebutkan bahwa, Cantillana akan mengisi posisi kuota AFC di PSM Makassar. Dengan demikian maka posisi Kenzo Nambu  terancam. 

Bagaimana tidak, jika Cantillana resmi bergabung, maka secara otomatis Kenzo harus terdepak, pasalnya berdasar pada regulasi yang ada, klub peserta Liga 1 2022 hanya memakai empat pemain asing satu diantaranya wajib berkewarganegaraan Asia.

Sementara di satu sisi, Cantillana juga bahaya di PSIS Semarang. Kabar dari internal tim Mahesa Jenar, pemegang nomor punggung 10 itu selangkah lagi resmi meninggalkan klub.

Kedatangan, Duje Javorcic rupanya bukan untuk mengganti posisi Taise Marukawa yang berposisi sebagai winger. 

Pemain yang tampil memukau penonton saat ujicoba beberapa waktu lalu justru berpotensi besar menggeser tempat, Jonathan Cantillana. 

Meski berstatus pemain Asia, Cantillana tak bisa mengandalkan status itu. Alasannya Marukawa juga merupakan pemain AFC.

Sementara manajemen PSIS Semarang kabarnya sebentar lagi akan meresmikan Duje yang dianggap punya kemampuan mumpuni hampir menyerupai Wiljan Pluim di PSM Makassar.

Dengan demikian, maka besar kemungkinan Cantillana akan terdepak musim depan. Jika sang pemain meninggalkan PSIS Semarang maka Pasukan Ramang punya peluang besar untuk mendapatkan pemain yang diincar sejak awal musim ini.

Di sisi lain, ketika Cantillana ke PSM Makassar juga mengancam, Kenzo Nambu. Ia bisa saja tersingkir jika pemain asing yang menjadi buruan Pasukan Ramang sejak bursa transfer priode pertama lalu.

Selain sama-sama merupakan pemain AFC, kedua pemain juga memiliki posisi yang hampir sama. Meski sebetulnya Kenzo Nambu merupakan pemain winger namun saat di PSM Makassar, Kenzo lebih dominan dimainkan pada posisi gelandang serang.

Bernardo Tavares sepertinya membutuhkan sosok pemain yang kemampuan melapisi Wiljan Pluim jika sewaktu-waktu mengalami kendala dan harus absen.

Ada beberapa pemain yang pernah dicoba pada posisi Pluim. Terkasuk Kenzo Nambu, M Arfan hingga Rasyid Bakri. Namun para pemain tersebut belum mampu menyalankan peran Pluim sepenuhnya.

Pluim selama ini dikenal sebagai roh dari permainan PSM Makassar. Jika dalam keadaan normal perannya memang sangat sulit direbut pemain lain. Pluim telah lima tahun bersama PSM Makassar.

Pasukan Ramang sempat dirumorkan mendatangkan pemain naturalisasi Asia, Jonathan Cantillana untuk menjadi pelapis bagi Wilajan Pluim dalam mengarungi BRI Liga 1 2022.

Pada Bursa Transfer Gelombang pertama lalu, Manajemen PSM Makassar sempat melakukan pendekatan untuk merekrut gelandang berkewarga kenegaraan Palestina asal Cili Jonathan Cantillana.

Komisaris PSIS Semarang, Junianto mengatakan, peluang PSM Makassar untuk mendapatkan jasa Cantillana tetap terbuka apalagi PSIS telah mendapatkan kuota pemain asing asia yakni Taisei Marukawa. 

"Jonathan Cantillana memang sedang didekati PSM Makassar. Ia merupakan pemain yang berterus terang bahwa memang didekati. Bukan sembunyi-sembunyi seperti pemain kami lainnya," tukas, Junianto.

Saat itu Jonathan Eduardo Cantillana Zorrilla sempat terancam meninggalkan PSIS Semarang namun pada akhirnya batal lantaran dia dipertahankan manajemen.

Kini di putaran ke dua, Cantillana kembali dirumorkan ke PSM Makassar. Namun hasil penelusuran, informasi yang berkembang masih sebatas rumor.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close