timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Strategi Jitu Kembangkan Usaha untuk Langsung Menghasilkan Cuan, Sangat Disarankan Buat Pengusaha Pemula

Baca Juga

Wiwink-Bisnis, Selasa 18 Oktober 2022 03:06 WIB



TIMURKOTA.COM, JAKARTA- Dalam dunia kewirausahaan, pelaku wirausaha atau dikenal dengan istilah pengusaha pemula harus memiliki inovasi dalam mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi baru.

Dengan kondisi perekonomian yang makin sulit pasca pandemi Covid-19 melanda Indonesia dalam kurung waktu hampir lima tahun belakangan. Semua warga Indonesia punya peluang sama untuk mendirikan usaha.

Mereka dituntut untuk memiliki jiwa wirusaha yang baik. Dalam artian berdiri di atas kaki sendiri, (punya modal sendiri, tidak bergantung pada orang lain, dan memiliki semangat dan inovasi).

Khusus bagi kalangan millenial atau pengusaha pemula yang baru memulai jenis usahanya. Ada beberapa poin penting mesti jadi perhatian dalam menjalankan keberlangsungan usaha.


Memperkenalkan Produk Baru



Produk yang dimaksud merupakan hasil karya sendiri, maumpun karya orang lain yang telah dikerja samakan. Dengan aktif memperkenalkan produk baru maka peluang untuk mendapatkan pelanggan baru juga tentu terbuka lebar.

Bagi pengusaha yang baru saja merintis usahanya, dia harus mampu meyakinkan pelanggan. Meski sebetulnya produk atau layanan ditawarkan sama dengan milik perusahaan lain, namun dengan konsep yang berbeda maka akan memberi hasil lebih maksimal.

Untuk memperkenalkan produk baeru tentunya ada pula bebeberapa hal menjadi perhatian. Selain kualitas tentunya adalah sistem promosi yang akan dilakukan. 

Produk baru tentu akan lebih sulit untuk dipromosikan ketimbang dengan produk lama. Pelanggan tentu akan berpikir-pikir untuk langsung mencoba jika mereka menemukan hal baru.

Maka yang paling utama harus dilakukan adalah memperkuat promisi serta meningkatkan sistem pemasaran.


Memperkenalkan Metode Produksi Baru


Metode produksi baru yang diperkenalkan sebisa mungkin kita yang menciptakan sendiri. Sehingga tak dianggap menciplak atau meniru metode yang telah disiapkan bagi pengusaha lain.

Metode ini juga tentunya akan menjadi ciri khas kita di pelanggan. Contoh ketika kita menjual makanan khas Kota Bandung Kicimpring. Maka yang paling dibutuhkan adalah produksinya harus beda dengan yang sudah ada. 

Lalu kemudian, upayakan konsep sesuai dengan perkembangan. Sehingga apa yang dihasilkan nantinya dapat menyasar kalangan pengusaha milenial. 


Membuka Pasar yang Baru


Membuka pasar baru artinya anda harus mampu mendapatkan wilayah baru yang belum terjamah oleh pengusaha lain. Kalaupun sulit menemukan pasar yang tak ada saingan. 

Maka, semestinya mampu menguasai pasar agar semua produk-produk yang anda miliki mampu menguasai pasaran. Semakin cepat pergerakan dalam menyasar pasar baru, maka semakin besar pulang peluang anda dalam mengembangkan usaha.

Bagi pengusaha pemula dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi tentu sangat berpeluang untuk menjangkau pasar baru diseluruh wilayah di dari Sabang sampai Merauke.


Memperoleh Sumber Pasokan Baru dari bahan atau komponen baru


Sumber Pasokan Baru yang dimaksud di atas adalah anda harus mendapatkan stok bahan yang melimpah untuk menjangkau semua pelanggan. 

Pasokan baru ini didapatkan dari proses kerjasama yang baik dengan mitra kerja. Dengan melimpahnya sumber pasokan baik bahan maupun penghasilan.

Maka dapat diartikan bahwa usaha anda telah berjalan dengan baik. Serta penghasilan-penghasilan tentunya akan terus mengalir masuk seperti air dalam sungai.


Menjalankan Organisasi Baru pada Suatu Industri


Organisasi yang dimaksud di sini lebih kepada cabang anak perusahaan baru. Seorang pengusaha yang telah mendapatkan banyak cuan atau penghasilan harus mampu menjangkau semua industri.

Bisa saja awalnya, ia merupakan pengusaha kuliner. Namun, seiring dengan berjalannya waktu. Ia melihat ada peluang pada usaha otomotif.

Maka ia kemudian mencari tempat dan karyawan baru untuk mendirikan sebuah bengkel. Begitu juga dengan bagian industri lain.

Dunia Wirwausaha juga dipengaruhi beberapa hal. Termasuk di didalamnya kualitas dari wirausaha itu sendiri. Jika tidak mampu mempertahankan kualitas yang ada maka usahanya akan perlahan disalip oleh pengusaha lain yang lebih siap dengan segala kualitasnya.


  • Kemampuan merencanakan usaha dan karir
  • Mempunyai visi dan misi
  • Menumbukan dan mempertajam kiat sukses
  • Memiliki keahian mencapai kemajuan
  • Mampu memajukan traf hidup diri, keluarga dan pembangunan bangsa


Selanjutnya, wirausaha yang berhasil. Semua orang yang memulai usahanya tentu ingin sukses. Mereka akan mencari cara agar impian dalam menjalankan usaha dapat tercapai.

Nah, untuk menjadi pengusaha pemula yang sukses tentu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya pantang menyerah.

Produk ditawarkan hari ini tidak berhasil, itu bukan sebuah kegagalan. Melainkan sebuah proses yang harus dilalui untuk menghindari kegagalan. 

Kegagalan dalam berusaha adalah ketika anda gagal lalu memutuskan kalah. Namun apabila gagal lalu bangkit, maka itulah ciri-ciri orang sukses di masa yang akan datang.

Ciri-ciri Pengusaha yang berhasil:


  1. Memiliki pendidikan formal dan budaya kreasi 
  2. Semangat yang menyala-menyala dengan berani bertanggungjawab
  3. Berkepribadian dengan kemampuan tinggi
  4. Mampu mengorganisasi diri sendiri, bawahan, dan teman sekerja lainnya.
  5. Mampu bergaul dengan luwes dalam pergaulan masyarakat.
  6. Mengutamakan keberhasilan yang menguntungkan 
  7. Tidak konsumtif, tidak boros dan dapat berhemat.


Seorang pengusaha pemula harus memiliki akar atau dasar yang kuat untuk mampu mengembangkan usahanya dalam persaingan bisnis. 

Sebagai orang baru, yang paling diutamakan adalah bagaimana mampu membuat pondasi yang kuat. Baik dari segi modal maupun kemampuan dalam mengelola keuangan.

Dalam dunia bisnis modal yang banyak bukan jaminan anda akan sukses. Banyak pengusaha kaya raya, namun nyatanya mereka memulai usaha dari titik nol. 

Jika dikuliti, maka mereka menjadi inspirasi. Ada pengusaha proferti sekarang duduk di jajaran orang terkaya di Indonesia. Nyatanya, dulu dia seorang sopir angkot.

Jadi kesimpulannya adalah pengusaha pemula harus memiliki modal dasar atau dalam dunia wirausaha disebut sebagai akar keberhasilan pengusaha:


■ Kemauan yang keras

■ Perjuangan yang tak kenal lelah

■ Kesediaan menghadapi berbagai kemungkinan

■ Dapat menjauhi proses negatif

■ Supel dalam bergaul

■ Yakin akan pekerjaan yang dilakukanya.


Apakah dengan memiliki modal dasar seorang pengusaha pemula sudah dapat dikategorikan sebagai calon orang sukses. Tentu belum cukup.

Selain punya modal dasar, paling terpenting selanjutnya adalah mereka harus memiliki kelebihan yang tak ada pada diri orang lain.

Seorang pengusaha, dia harus mampu bediri dalam keadaan apapun, menolong dirinya sendiri untuk keluar dari kesulitan yang dihadapinya.

Berikut Kelebihan yang wajib dimiliki seorang pengusaha pemula agar mampu menghadi hataman badai dalam menjalankan bisinisnya.

Pertama, Memiliki kedewasaan. Kedua, gigih, tiga harus sabar, ke empat tidak cepat puas dengan hasil yang dicapai. Lima, dapat menyulap kelemahan menjadi kelebihan, kemudian menari hikmah dari kegagalan, pantang menyerah, dan tahan banting.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close