Iklan

Bernardo Indikasikan Kantongi Nama Calon Pengganti Abdul Rahman. Ini Katanya...

timurkota.com_official
Senin, Oktober 10, 2022 | 5:43 AM WIB Last Updated 2022-10-09T22:43:09Z

Wiwink-Bola, Senin 10 Oktober 2022 05:33 WIB

Abdul Rahman Sulaeman


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengaku telah lama tidak mendapatkan kabar terkait dengan perkembangan kondisi cedera yang dialami Abdul Rahman Sulaeman.


Ia mengatakan, dirinya menyadari dengan umur 35 tahun. Akan sangat beresiko jika mantan pemain Timnas Indonesia itu memaksakan diri untuk terus bermain.

Dengan kata lain, Bernardo telah mengantongi nama calon pengganti buat Abdul Rahman Sulaeman. Sang pemain kemungkinan akan diminta untuk fokus pada proses penyembuhan.

"Saya melihat dari faktor umur dan cedera yang dialami. Akan banyak resiko jika ia (Rahman) memaksakan diri untuk bermain. Dengan cedera berkepanjangan begitu sangan riskan," tukasnya.

Sekadar diketahui, sebelum mengalami cedera parah. Abdul Rahman adalah pilar tak tergantikan di lini belakang PSM Makassar. 

Beberapa pergantian pelatih ia selalu menjadi pemain utama. Pernah diduetkan dengan Staven Paule, setelahnya berduet dengan Husain El Dor, serta berduet dengan Setif Hasic. 

Namun cedera posterior cruciate ligament (PCL) dan anterior cruciate ligament (ACL) membuat sang pemain absen kurang lebih tiga tahun.

Meski semangatnya untuk puliha dan kembali bermain tak pernah pudar. Hingga saat ini Abdul Rahman terus melakukan terapi dan berbagai pengobatan untuk pulih dan kembali merumput.

Pada 2021 lalu tepatnya bulan November. Abdul Rahman sudah dinyatakan sembuh total. Ia kemudian dimainkan saat menghadapi Persib Bandung.

Di awal laga penampilannya sangat menjanjikan. Bahkan dominasinya di lini belakang kembali seperti beberapa tahun lalu, tampil lugas dan selalu unggul dalam perebutan bola atas.

Namun pada menit ke-32, Abdul Rahman terlibat duel bola atas dengan striker Persib Bandung, Wander Luiz. Rahman mampu menjauhkan bola dari lini pertahanan, namun saat jatuh, dia salah tumpuan dan langsung tersungkur.

Malam itu menjadi malam terakhir bagi Rahman membela PSM Makassar hingga saat ini. Memang, di awal BRI Liga 1 2022, Abdul Rahman sempat menjani latihan dan menyatakan diri telah pulih.

Namun, Bernardo Tavares tak mau mengambil resiko. Ia bahkan meminta Rahman tak diikutkan ketika latihan game atau menu latihan yang berpotensi terjadi benturan antar pemain.

Belakangan, Rahman kembali menghilang dari latihan PSM Makassar. Kabar dari Media Officer, Sulaeman Abdul Karim bahwa sang pemain sementara menjalani proses terapi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bernardo Indikasikan Kantongi Nama Calon Pengganti Abdul Rahman. Ini Katanya...

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan