timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Berjumlah 600 Orang: Kontingen Proprov Bone Dinilai Terlalu Gemuk, Pendamping Hampir Samai Jumlah Atlet, Lampaui Soppeng dan Wajo

Baca Juga

Wiwink-Daerah, Kamis 20 Oktober 2022 12:20 WIB

Bupati Bone mengikuhkan kontingen Proprov yang akan berlaga di Sinjai-Bulukumba


TIMURKOTA.COM, BONE- Kontingen Kabupaten Bone yang diterjunkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) XVII di Kabupaten Sinjai-Bulukumba mulai 22-30 Oktober 2022 berjumlah 600 orang.


Dari sekian banyak orang tersebut hanya 360 atlet. Selebihnya ada official atau pendamping yang jumlahnya 138 orang. Kemudian pengurus KONI 54 orang, serta tim media center 10 orang.

Selebihnya merupakan tenaga teknis di lapangan seperti tim medis 24 orang, mekanik empat orang. Sejumlah kalangan mempertanyakan fungsi dari pendamping atlet tersebut.

"Yang menjadi pertanyaan kenapa begitu banyak pendamping atlet. Mereka ini diberangkatkan dengan uang negara. Harus jelas tupoksi ke sana. Kalau hanya datang untuk gagah gagahan mending tidak perlu," kata seorang aktivis Pemuda, Muis.

Kedua menurutnya, ada beberapa cabor memberangkatkan pendamping bukan mantan atlet di cabor tersebut. Sehingga peran dalam meningkatkan prestasi tidak jelas.

"Kalau yang diberangkatkan merupakan alumni Atlet Porda atau sekarang istilah Proprov tidak masalah. Karena memang pengalaman dan arahannya untuk semangati atlet dibutuhkan. Tapi kalau yang dibawa orang yang bukan ahli di bidang olahraga itu, lagi-lagi saya tanyakan dasarnya apa?," tanya dia.

Ia mengatakan, masyarakat umum pasti mengetahui bahwa dalam cabang olahraga tentu paling berperan selain atlet adalah tim pelatih. Selebihnya official paling satu atau dua orang.

"Kalau sudah lebih dari itu patut kita pertanyakan. Saran saya APH nanti tangani ini penggunaan anggaran KONI Bone khusus untuk Proprov. Supaya tak ada kecurigaan masyarakat," tutup dia.

Seperti diketahui Pemerintah Daerah Kabupaten Bone telah menganggarkan Rp 5,8 miliar yang bersumber dari APBD khusus untuk Proprov 2022.

Bagi atlet peraih medali emas akan diganjar bonus Rp 15 juta, medali perak Rp 10 juta dan untuk perunggu berhak atas uang Rp 5 juta

Bupati Bone, Dr HA Fahsar M Padjalangi MSI secara resmi mengukuhkan kontingen Kabupaten Bone yang akan berangkat bertarung pada ajang Proprov XVII yang bakal berlangsung mulai 22-30 Oktober 2022.

Pengukuhan yang dipimpin orang nomor satu di Kabupaten Bone ini digelar di pelataran parkir halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Kota Watampone, Selasa 18 Oktober 2022 malam.

Sebanyak 600 orang tergabung dalam kontingen yang dikukuhkan. Atlet sebanyak 360 orang, pelatih, manajer, dan official 138 orang, pengurus KONI 54 orang, tim medis 24 orang, mekanik 4 orang dan tim media center 10 orang.

Kontingen Bone akan bertarung pada 28 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan. Mereka akan bertanding pada 17 cabor dengan venue di Kabupaten Sinjai, serta 11 cabor lainnya akan dipertandingkan di venue Kabupaten Bulukumba. 

Kontingen Kabupaten Bone membidik 48 medali emas, alias menargetkan juara umum atau minimal runner up. Harapan untuk berjaya cukup besar, pasalnya tahun ini cabor yang menjadi andalan Bone kembali dipertandingkan setelah pada Porprov Pinrang lalu ditiadakan.

Dalam sambutannya, Fahsar meminta kepada kontingen untuk saling support agar target yang telah diusung dapat dicapai sesuai dengan harapan seluruh masyarakat Kabupaten Bone.

"Untuk mewujudkan targer diperlukan semangat yang harus dipupuk terus di dalam arena pertandingan. Serta yang paling utama yakni dibutuhkan kebersamaan dan persatuan serta saling support kepada sesama atlit,”tukasnya

Kontingen Proprov Wajo Berkekuatan 250 Orang

Sementara itu Kabupaten Wajo meski secara hitung-hitungan lebih sedikit cabang olahraga yang diikuti yakni 20 Cabor. Atlet dan pelatih yang mereka terjunkan  204 orang.

Sementara pendamping yang diberangkatkan hanya berjumlah 46 orang, termasuk di dalamnya tenag medis, dan mekanik.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, secara resmi melepas kontingen Kabupaten Wajo untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulawesi Selatan di Sinjai-Bulukumba, 22-30 Oktober 2022 mendatang. 

Amran Mahmud ingin Wajo paling tidak masuk 10 besar umum. Peringkat ini jauh lebih baik ketimbang pada edisi sebelumnya di Kabupaten Pinrang. 

Di Pinrang pada 2018 lalu--yang kala itu masih bernama Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI--Wajo hanya bisa bertengger di urutan 17 dari seluruh kabupaten/kota peserta dengan total koleksi 29 medali (6 emas, 6 perak, dan 17 perunggu).

"Kita harapkan dengan semangat yang bulat dan kebersamaan serta kekompakan, insyaallah membawa Kabupaten Wajo 10 besar," kata Amran Mahmud saat pelepasan kontingen di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Kamis (13/10/2022).

Amran Mahmud optimistis akan harapan ini karena Wajo telah meloloskan 20 cabang olahraga (cabor) pada Pra-Porprov untuk turut bertanding nantinya. Termasuk, kemampuan dan potensi atlet yang menurutnya makin baik.

"Sebagai penyemangat, kita (Pemerintah Kabupaten Wajo) akan menyiapkan bonus bagi atlet yang mampu mempersembahkan medali emas, perak, maupun perunggu. Itu nanti kita upayakan di anggaran tahun 2023," ucap Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini. 

Sementara itu, Ketua KONI Wajo, Sayuti Mahmud, membenarkan untuk pemondokan atliet, baik di Sinjai maupun Bulukumba, dibantu masyarakat Wajo yang sukses di kedua kabupaten itu sehingga tempat tinggal atlet dekat dengan venue.

Sayuti Mahmud melaporkan jumlah kontingen Wajo sebanyak 250 orang, yang akan dimaksimalkan pada upacara pembukaan nanti menjadi sekitar 300 orang. 

"Atlet dan pelatih sebanyak 204 orang sementara panitia 46 orang. Adapun jumlah cabor yang diikuti sejumlah 20 cabor, masing-masing 10 cabor di Sinjai dan Bulukumba," terangnya.

Kontingen Soppeng Berkekuatan 205 Orang

Kontingen Kabupaten Soppeng hanya mengikut sertakan 58 orang pendamping termasuk di dalamnya pelatih dan official. Sementara untuk atlet mereka menurunkan, 147 orang. Kontingen Kabupaten Soppeng mengikuti 18 Cabang Olahraga.

Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP melepas kontingen Kabupaten Soppeng yang akan bertarung di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV)Sulawesi Selatan XVII Tahun 2022 di aula Kantor Gadis , Senin 17 Oktober 2022 .

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( Parpora)Kabupaten Soppeng Dra Hj A Nurlina MM melaporkan, dari 34 Cabor yang dipertandingkan pada PORPROV XVII yang berlangsung dari tanggal 22 Oktober sampai 30 Oktober 2022 di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengharapkan kesiapancharus ditanamkan dalam diri kontingen sebagai wujud realisasi pembinaan prestasi olahraga yang mampu mengangkat citra dan prestasi serta nama baik Kabupaten Soppeng. 

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close