timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Tancap Gas Di Awal Musim, PSM Dikhawatirkan Kehabisan 'Bensin' di Tengah Kompetisi BRI Liga 1. Ini Jawaban Bernardo

Baca Juga

Wiwink-Bola, Kamis 01 September 2022 20:05 WIB



TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pasukan Ramang menjadi tim paling menyita perhatian di awal kompetisi BRI Liga 1 2022. Setidaknya, hingga pekan ke-8, PSM Makassar menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan.


Tak salah jika sejumlah pengamat sepakbola menganggap bahwa PSM Makassar langsung tancap gas sejak awal Liga 1 dimulai. Tim juku eja, mampu meraih 16 poin dari enam pertandingan dilalui.

Skuad besutan pelatih kepala, Bernardo Tavares ini berada di posisi tiga klasemen sementara dengan menyisahkan modal satu pertandingan tunda melawan Barito Putera.

Di awal kompetisi, PSM Makassar merupakan salah satu tim yang tak diunggulkan dapat bersaing di Liga 1 2022. Alasannya, mereka hanya mendatangkan pemain dari akademi dan jebolan Liga 2. 

Meski pihak manajemen telah menjelaskan bahwa mereka melakukan perekrutan pemain dengan menerapkan sistem seleksi ketat. Namun alasan itu awalnya tak mampu mengobati rasa was-was dari suporter fanatik mereka.

Pecinta sepakbola tanah air baru menyadari perubahan dialami PSM Makassar setelah klub tertua di Indonesia itu melalui laga perdana BRI Liga 1 dengan mengalahkan tuan rumah PSS Sleman dengan skor 2-1.

Kemenangan Wiljan Pluim dkk berlanjut saat mereka mengandaskan perlawanan Bali United dengan skor 2-0 dalam laga perdana mereka di markas barunya Stadion BJ Habibie.

Kemudian PSM Makassar juga bermain imbang melawan Persija Jakarta dengan skor 1-1. Hingga saat ini, hasil Persija Jakarta menjadi satu-satunya laga PSM Makassar yang berakhir imbang.

Selanjutnya, Pasukan Ramang mengalahkan RANS Nusantara dengan skor 2-1. Meski sempat tertinggal, Juku Eja mampu keluar sebagai pemenang berkat dua gol dari Everton Nascimento.

PSM Makassar kemudian mengalahkan Arema FC dengan skor 1-0 di Stadion BJ Habibie melalui gol yang dilesakkan Yuran Fernandes dari titik penalti.

Terbaru PSM Makassar mengalahkan Persib Bandung dengan skor telak 5-1. Kemenangan ini merupakan skor terbanyak yang diraih PSM Makassar sepanjang gelaran Liga 1 2022.


Dirut PSM Makassar Minta Pemain Muda Tak Besar Kepala


Empat pemain muda PSM Makassar, Ananda Raehan Alif, Muhammad Dzaky, Ramadhan Sananta dan Victor Jonson tampil menjanjikan saat timnya melawan Persib Bandung di Stadion Bj Habibie.

Ke empat pemain yang diturunkan Bernardo Tavares banjir pujian. Terkhusus Ramadhan Sananta yang mampu menciptakan dua gol, langsung jadi buah bibir.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengatakan, pemain muda tak boleh berbesar kepala atas capaian yang didapatkan.

"Ini merupakan proses, bukan tujuan. Jadi jangan bebesar kepala. Silahkan kembali berlatih dengan keras," imbuh Appi.

Terkait dengan akademi PSM, Appi menekankan bakal melakukan penambahan fasilitas untuk tetap dapat memproduksi pemain-pemain muda.

"Tentu akan ada pembenahan dan penambahan fasilitas penunjang di akademi PSM Makassar," tukasnya


Pelatih PSM Yakin Tak Kehabisan 'BBM' di Tengah Kompetisi


Dengan menerapkan sistem evaluasi pemain, Bernado Tavares telah melakukan antisipasi dini terkait dengan kehabisan stok pemain di tengah kompetisi.

Salah cara yang ditempuh adalah memainkan hampir semua skuad kecuali yang mengalami cedera. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi jika ada inti pemain absen.

"Kami tak pernah melihat usia, dalam menurunkan pemain. Mereka berusia 19 tahun atau 35 tetap akan mendapat peluang jika memang saya anggap siap diturunkan," imbuh pelatih berusia 42 tahun itu.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close