timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

STIA Prima Bone Lakukan Sosialisasi, Pemdes Samaenre Segera Kelola Air Bersih dengan Tenaga Surya

Baca Juga

Wiwink-Daerah, Kamis 22 September 2022 15:13 WIB

Sosialisasi yang dilakukan pihak STIA Prima Bone


TIMURKOTA.COM, BONE- Warga Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone tak lama lagi akan menikmati air bersih yang dikelola dengan menggunakan tenaga surya.


Program tersebut dimulai dengan adanya sosialisasi yang dilakukan pihak kampus 

Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Negara (STIA) Puangrimaggalatung (Prima) Bone   sebagai upaya memperkenalkan kepada masyarakat terkait dengan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) pemanfaatan tenaga surya dalam mengelolah air bersih bagi masyarakat.

Program PKMS ini diprakarsai dan didanai oleh Kemdikbud Ristek Dikti bekerjasama dengan insan dosen perguruan tinggi (yang lolos proposal) dengan mitra yang ada di Masyarakat.

Ketua tim PKMS, Andi Asrijal mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk saling bertukar fikiran terkait permasalahan air bersih di Desa Samaenre.

"Tujuan lainnya ialah memberikan inovasi baru kepada BUMdes Samaenre sebagai pengelolah air bersih sehingga keluhan dan hambatan selama ini dapat dipecahkan dengan pemanfaatan tenaga surya," terang Andi Asrijal, Kamis (22/09/22).

Ia lanjut menjelaskan dengan inovasi ini, masyarakat tidak lagi tergantung dengan tenaga listrik konvensional yang memiliki beban biaya yang cukup tinggi.

"Sudah terpasang, sisa mau diuji coba," ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Samaenre, Syamsuddin menyampaikan bahea pengelolahan aur bersih ini menggunakan tenaga surya ini mempunyai manfaat yang banyak baik dari segi ekonomi dan lainnya.

"Kami menyambut baik program ini. Tidak ada lagi istilah mati lampu, setiap saat air akan terus mengalir saat dibutuhkan," ujarnya.

Dirinya berharap progr tersebut akan dapat dinimakti semua elemen masyarakat di wilayahnya.

"Mudah-mudahan dengan adanya inovasi tenaga surya ini dapat bermanfaat di masyarakat dan dapat mengurangi beban masyarakat untuk pembayaran iuran air bersih," sambungnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close