timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Tiga Sosok Pembawa Pengaruh Positif di Liga 1 2022. Satu Diantaranya Milik PSM Makassar

Baca Juga

Wiwink-Bola, Senin 8 Agustus 2022 06: 21 WIB

Tiga paling berpengaruh di awal musim liga 1


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Jelang memasuki pekan ke-4 Liga 1 2022. Pecinta sepak bola dalam negeri menyoroti sosok yang dianggap punya andil besar dalam melakukan perubahan terhadap timnya.


Secara mengejutkan, tim yang diprediski sulit bersaing lantaran adanya beberapa tim bertabur bintang justru mampu melejit ke papan atas dan memuncaki klasemen sementara.

Tiga sosok pelatih yang dianggap mampu membawa pengaruh positif terhadap timnya diantaranya: 


1. Fabio Lefundes


Pelatih berkebangsaan Brasil ini datang ke Madura United dengan menggantikan posisi pelatih sebelumnya, Rahmad Darmawan.

Mantan asisten manajer untuk klub yang dibela eks Man United, Marouane Fellaini itu sudah mampu memperlihatkan pengaruh besar disisa kompetisi Liga 1 2021 lalu.

Pemilik FIFA Pro License ini kemudian melakukan banyak perubahan hingga mampu mengangkat posisi Madura United dari posisi 14 klasemen hingga ke finish di papan tengah Liga 1 2021.

Ia kemudian disodorkan kontrak untuk musim 2022. Tanpa berpikir panjang, sang pelatih kemudian menerima.

Fabio betul-betul menjadi sosok perubahan di tim Madura United. Setidaknya hingga pekan ke tiga. Mereka mampu menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

Alhasil posisi mereka saat ini kokoh dipuncak klasemen sementara dari hasil tiga pertandingan dan semuanya berakhir dengan kemenangan.

Fabio Araujo Lefundes pu menargetkan bakal membawa tim Jawa Timur Madura United ke tangga juara musim ini.


2. Djajang Nurjaman


Siapa yang tak kenal dengan sosok pemilik tangan dingin ini. Ia merupakan pelatih dengan segudang prestasi dan pengalaman melatih tim-tim besar.

Sebut saja Persib Bandung, Persebaya Surabaya hingga Barito Putera pernah merasakan sentuhan tangan dingin dari pria kelahiran Majalengka ini.

Datang diwaktu yang tepat. Coach Djajang resmi mengarsiteki Persikabo 1973 sejak meninggalkan kursi kepelatihan Barito Putera.

Setelah bergabung dengan Persikabo. Djajang langsung melakukan persiapan dini. 

Bahkan tiga bulan sebelum liga dimulai mereka sudah melakukan persiapan berupa perekrutan pemain dan latihan rutin.

Kerja keras tak mengkhianati hasil. Terbukti kini Persikabo 1973 bertengger di urutan kedua klasemen sementara dengan poin sempurna 9. Mereka hanya kalah selisih gol dari Madura United.


3. Bernardo Tavares


Namanya mungkin masih asing di telinga. Ia adalah sosok pelatih berkebangsaan Portugal yang merupakan mantan talent scouting atau pencari bakat di tim FC Porto pada musim 2007/2008. 

FC Porto adalah tim yang pernah dibawa Jose Mourinho juara Liga Portugal, UEFA Cup, dan Champions League.

Bernardo Tavares yang memiliki lisensi UEFA Pro mengawali kariernya melatih pada 2001 sebagai asisten pelatih di akademi SL Benfica. 

Pelatih asal Portugal itu juga pernah menjadi asisten di Alcobaca (2002), akademi Sporting Lisbon (2008), Carregado (2009), Belenenses (2010), dan Hidd SCC (2013).

Bernardo Tavares mulai jadi pelatih kepala kala menukangi klub asal Portugal Tirsense pada musim 2014.

Kemudian ia melanglang buana ke berbagai negara maupun benua. Mulai dari Asia hingga Afrika.

Dimulai dari menangani klub dari negara Oman, Al-Nahdah musim 2014/2015. Kemudian klub Tanzania, African Lyon musim 2016.

Karir melatih Bernardo Tavares kemudian berlanjut ke negara Maldavies, bersama klub New Radiant SC musim 2017.

Bernardo Tavares melanjutkan safari kepelatihannya ke negara Macau, yakni Benfica Macau musim 2018.

Tak berhenti sampai di situ, Bernardo Tavares juga pernah menjajal liga sepak bola India, bersama Chruchill Brothers musim 2019/2020. 

Hingga sebelum resmi ke PSM, Bernardo Tavares juga pernah mencicipi Liga Finlandia bersama HIFK Helsinki.

Bernardo Tavares hanya melatih selama 4 bulan di sana. Mulai dari 1 Januari 2022 hingga 5 April 2022. 

Tidak berselang lama, pada 10 April 2022, PSM Makassar resmi mengumumkan Bernardo Tavares sebagai pelatih anyar mereka untuk mengarungi Liga 1 2022/2023 dan AFC Cup 2022.

Dari tiga nama yang ada, Bernardo Tavares dianggap sebagai pelatih paling sibuk. Ia harus membawa PSM Makassar ke AFC dan Liga 1 di waktu kompetisi bersamaan berjalan.

Mana lagi musim lalu PSM Makassar hanya finish di papan bawa klasemen Liga 1. Namun hingga saat ini, Bernardo Tavares mampu menjadi sosok berpengaruh dengan melewati tiga laga awal tanpa kekalahan. Mereka meraih poin 7 dan berada di posisi tiga klasemen sementara.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close