timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

5 Modal PSM Makassar untuk Menjuarai AFC Zona ASEAN. Simak Penjelasannya...

Baca Juga

Wiwink-Bola, Senin 22 Agustus 2022 06:09 WIB


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pasukan Ramang julukan PSM Makassar akan berhadapan dengan Kuala Lumpur City pada Partai Final AFC Cup Zona ASEAN di Stadion KLFA Rabu (24/08/22) Pukul 21.00 Wita.

Pada partai final ini, PSM Makassar tak menyertakan dua bek andalannya, Yuran Fernandes bersama dengan Agung Mannan. Keduanya tak dapat bermain lantaran mendapat akumulasi kartu.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan, salah satu tantangan terberat timnya adalah faktor jadwal pertandingan yang dilalui cukup padat.

"Kami harus bermain dengan waktu yang sangat padat. Jadi hal paling utama dilakukan adalah recovery bagi pemain. Apalagi telah melalui perjalanan cukup melelahkan hingga sampai ke Kuala Lumpur," kata Bernardo.

Terkait dengan lawan yang akan dihadapi. Bernardo menyebutkan kedua tim sudah pernah bertemu sebelumnya. Sehingga secara otomatis mereka sudah saling mengetahui.

"Kita telah mengetahui mereka ( Kuala Lumpur City) begitu juga dengan mereka telah mempelajari kekuatan tim ini," imbuhnya.

Berikut 5 Modal PSM Makassar untuk menjuarai AFC Zona ASEAN:


1. Tak Pernah Kalah di Semua Kompetisi


Pasukan Ramang menjadi salah satu dari dua tim di Liga 1 2022 hingga memasuki pekan ke enam belum tersentuh kekalahan.

Mereka memulai kompetisi dengan mengalahkan PSS Sleman di kandangnya dengan skor 2-1.  

Selanjutnya Wiljan Pluim dkk mengalahkan Bali United dengan Skor 2-0 di Stadion BJ Habibie, Kota Parepare.

PSM Makassar kemudian bermain seri dengan Persija Jakarta pada pekan ke tiga Liga 1 2022. 

Anak asuhan Bernardo Tavares juga mampu memetik kemenangan secara dramatis ketika bertandang ke kandang RANS Nusantara di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Terakhir, PSM Makassar membenamkan Arema FC di Stadion BJ Habibie dengan skor tipis 1-0 berkat gol yang dicetak Yuran Fernandes.

Sementara untuk kompetisi lain yakni, Semifinal AFC Zona ASEAN, PSM Makassar mampu mengalahkan Kedah FC dengan skor tipis 2-1.


2. Peningkatakan Permainan Usai Liga 1 Bergulir


Bojan Hodak mewaspadai peningkatan permainan PSM Makassar yang saat ini telah aktif bermain di kompetisi domestik.

“Pertandingan nanti akan lebih sulit, karena Makassar akan lebih baik, mengingat mereka sudah memulai liga. Saat mereka di sini (Kuala Lumpur), mereka sedang berada di pramusim, jadi tidak dalam kondisi terbaik. Kini mereka akan jauh lebih baik. Tapi kami juga lebih baik, dan itu sangat penting.”tukasnya.

PSM melangkah ke final Piala AFC zona ASEAN setelah mengalahkan Kedah Darul Aman dengan skor 2-1. 

PSM mengakhiri laga tersebut dengan sembilan pemain, karena kartu merah yang diterima Yunan Fernandes di menit ke-62 dan Agung Mannan saat injury time.


3. Fahami Karakter Permainan Kuala Lumpur City


Duel PSM Makassar melawan Kuala Lumpur City merupakan pertai ulangan. Pasalnya, di babak penyisihan lalu kedua tim telah bertemu di tempat sama.

Dalam pertandingan itu kedua tim harus berbagi angka setelah permainan berakhir dengan skor imbang 0-0. 

PSM Makassar yang pada saat itu baru beberapa pekan latihan dan Liga 1 2022 belum bergulir. Sementara Kuala Lumpur City telah bermain di liga domestik mereka. 

Dari pertemuan tersebut kedua pelatih telah saling mengenali permainan. "Melawan Kuala Lumpur City tentunya kita telah tahu mereka. Begitupun sebaliknya." Ungkap Bernardo Tavares Pelatih PSM Makassar.


4. Didukung Suporter dan WNI di Malaysia


Dimana pun PSM Makassar main tak pernah sendirian begitulah lagu-lagu para suporter ketika mendukung timnya. 

Antusias suporter PSM Makassar bahkan mengalahkan tuan rumah. Termasuk pada babak penyisihan AFC Zona ASEAN lalu. 

Jumlah penonton PSM Makassar yang hadir di stadion lebih banyak ketimbang tuan rumah.

Manajemen PSM Makassar selalu berharap agar WNI di Malaysia datang langsung menyaksikan pertandingan PSM Makassar melawan Kuala Lumpur City.

"Meski bertindak sebagai tim tamu. Kami berharap agar para suporter kita memadati stadion untuk memberikan dukungan langsung kepada PSM Makassar," tukasnya.


5. PSM Kembali Diperkuat Pluim


Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengistirahatkan Wiljan Pluim pada laga melawan Arema FC dalam lanjutan BRI Liga 1 2022 pekan ke-5.

Alasannya, sang pemain kelelahan setelah bermain melawan RANS Nusantara. 

Pluim juga sempat diminta untuk fokus pemulihan kondisi dengan latihan terpisah dari tim.

Ia terlihat menyaksikan rekan-rekannya bermain dari tribun utama Stadion Bj Habibie.

Diistirahatkannya sang kapten serta beberapa pemain inti dicadangkan menjadi indikasi bahwa pelatih PSM Makassar tengah menyimpan kekuatan untuk pertandingan final AFC Zona ASEAN.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close