Iklan

Inilah 9 Pemain Binaan Asli Siap Perkuat PSM Makassar di Liga 1 2022/23

timurkota.com_official
Selasa, Juli 19, 2022 | 8:26 AM WIB Last Updated 2022-07-19T01:29:45Z

Wiwink-Bola, Selasa 19 Juli 2022 08: 21 WIB

Pemain Akademi PSM Makassar


TIMURKOTA.COM, YOGYAKARTA- Pasukan Ramang menjadi tim paling banyak mengorbitkan pemain akademi mereka ke tim senior jelang Liga 1 2022 di mulai.


Latar belakang pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares yang pernah menjadi tim pencari bakat tim Porto dibuktikan dengan mendeteksi bakat-bakat pemain muda asli binaan PSM Makassar.

Bernardo bahkan mengatakan, sebuah kebanggaan apabila tim profesional mempercayakan pemain akademinya tampil di tim senior.

"Keberhasilan pembinaan pemain muda kita bisa ukur ketika pemain dari akademi mampu mengangkat prestasi tim senior. Masa depan sepakbola ada pada mereka," ungkap pelatih berkebangsaan, Portugal ini.

Bernardo mengatakan, potensi yang dimiliki pemain akademi PSM Makassar cukup baik. Tinggal bagaimana memberi mereka peluang untuk menambah jam terbang.

"Kita beri menit bermain, jika ada yang dianggap sulit bersaing maka salah satu jalan adalah meminjamkan mereka ke klub lain untuk mendapatkan pengalaman bertanding," tukas dia.

Sejumlah pemain akademi PSM Makassar yang dipromosikan ke tim senior telah mampu menunjukkan perkembangan cukup baik. Bahkan mampu menembus skuad inti.

Ricky Pratama, Ananda Raehan Alief dan Muhammad Dzaky bahkan telah tampil sebagai starter saat PSM Makassar mengalahkan Tampines Rovers di Piala AFC lalu.

Selain itu ada, Muhammad Rafli Asrul yang juga merupakan pilar Timnas U-19, juga telah mendapat menit bermain sejak Liga 1 2021 lalu.

Sementara itu, Ardiansyah, Victor Jonson, Ibnul Mubarak, dan Mulfi Hidayat menunggu momen untuk merasakan debut pertama bersama PSM Makassar.


Berikit daftar pemain akademi PSM Makassar yang dipromosikan ke tim senior:


1. Ardiansyah

2. Edgar Amping

3. Ricky Pratama

4. Victor Jonson

5. Muhammad Rafli Asrul

6. Ibnul Mubarak

7. Muhammad Dzaky

8. Ananda Raehan Alief

9. Mufli Hidayat


Diberitakan sebelumnya, PSM Makassar mulai meningkatkan intensitas latihan di hari ke empat Traning Center (TC) di Yogyakarta. 

Dalam latihan ini semua pemain telah berkumpul. Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares membagi pemainnya dalam dua tim kemudian menggelar game internal.

Berkali-kali bernardo berteriak keras meminta agar pemain lebih agresif dalam menyalurkan bola.

Beberapa pemain yang salah oper juga tak lupa diteriaki pelatih asal Belanda itu.

Pemain-pemain muda dari akademi juga diberi kesempatan untuk unjuk gigi. Seperti Victor Jonson, Ananda Raehan, Muhammad Dzaki. 

Trio timnas, Edgar Amping, Muhammad Rafli Asrul, dan Ricky Pratama juga sudah terlihat dalam latihan.

Dua pemain senior yang merupakan mantan Timnas Indonesia, Abdul Rahman Sulaeman dan Rivki Mokodompit juga tampak mengikuti latihan reguler.

Bernardo Tavares mengatakan, saat ini timnya fokus pada peningkatan fisik dan kerja sama jelang hadapi PSS Sleman.

"Kita melakukan pemusatan latihan untuk menghadapi laga pembuka. Tim selalu berupaya untuk memenangkan pertandingan," katanya.


Bebaskan Kenzo Pilih Posisi Seperti Marukawa Demi Manjakan Striker


Pulihanya, Kenzo Nambu dari cedera membuat pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares banyak pilihan dalam menentukan skema permainannya.

Winger asal Jepang itu diketahui memiliki posisi pakem sebagai winger, namun naluri cetak golnya cukup tinggi. Bahkan di klub lamanya ia selalu berada dijajaran top skor.

Selama mengikuti turnamen pra musim dan penyisihan grup AFC Cup 2022, PSM Makassar menuai kritikan lantaran dianggap lemah dalam menyuplai bola ke depan.

Akibatnya, Everton Nascimento sebagai ujung tombak tak mampu berbuat banyak. Ia bahkan terkadang harus meninggalkan posnya untuk mencari bola.

Berbekal kecepatan dimiliki, Kenzo Nambu akan diberi peran penting bersama Wiljan Pluim untuk memanjakan striker melalui umpan-umpan manjanya.

Bernardo Tavares telah menegaskan, bahwa dalam menciptakan gol bukan hanya menjadi tugas dari striker. Ia bahkan menginginkan semua pemain punya naluri cetak gol. 

Termasuk geladang serang yang memang memiliki posisi strategis dalam hal menciptakan peluang di pertahanan lawan.

"Dalam urusan mencetak gol semua pemain punya peluang. Namun saya sudah antisipasi agar pemain tidak membuang-buang peluang. Penyelesaian akhir perlu ditingkatkan," kata, Bernardo.

Jelang melawan PSS Sleman, para pemain PSM Makassar mendapat menu latihan bagaimana caranya mampu memaksimalkan peluang sekecil apapun dalam menciptakan gol.

Kemudian pemain juga diminta untuk tetap tenang dan berupaya meloloskan diri ketika berhadapan satu lawan satu dengan lawan.

Semua itu dilakukan sebagai upaya untuk menjadikan PSM Makassar sebagai tim yang mampu memaksimalkan semua peluang menciptakan gol serta memenangkan pertandingan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inilah 9 Pemain Binaan Asli Siap Perkuat PSM Makassar di Liga 1 2022/23

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan