Iklan

Diancam Hukuman Degradasi ke Liga 2. Ini Langkah Cepat PSM Lunasi Tunggakan Rp1 Miliar Gaji Pemain

timurkota.com_official
Minggu, Juli 17, 2022 | 6:49 AM WIB Last Updated 2022-07-16T23:49:11Z

Wiwink-Bola, Minggu 17 Juli 2022 06: 36 WIB


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengapresiasi respon cepat manajemen PSM Makassar untuk melunasi tunggakan gaji mantan pemain yang diperkirakan mencapai Rp1 Miliar lebih.


Manajemen PSM Makassar telah membalas surat resmi dari APPI terkait dengan tunggakan gaji tersebut. 

Pihak APPI membeberkan isi surat dari manajemen PSM Makassar merupakan komitmen untuk melunasi tunggakan sebelum kick off Liga 1 2022 pada 23 Juli mendatang.

APPI membantah bahwa pemain yang melayangkan protes berjumlah 13 orang. Menurutnya, identitas mantan pemain PSM Makassar itu akan dirahasiakan.

"Pihak PSM Makassar telah merespon dengan baik. Namun demikian kami akan sampaikan ke pemain bersangkutan terkait dengan gaji tersebut," ucap CEO APPI, Hardika Aji.

Kabarnya Manajemen PSM Makassar dalam waktu dekat akan mentransfer semua tunggakan gaji ke masing-masing pemain.

"Namun meminta agar diberi kesempatan hingga batas yang telah ditentukan. Namun kalau soal bayar pasti dibayarkan," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya.

Diberitakan sebelumnya, meski telah melunasi tunggakan tiga gaji mantan pemain asing, Anco Jansen, Bektrur Talgat, dan Serif Hasic.

Rupanya Manajemen PSM Makassar masih memiliki tunggakan gaji mantan pemainnya yang nilainya cukup fantastis.

Gaji mantan pemain lokal yang mencapai angka Rp1 Miliar lebih belum terbayarkan. Para mantan pemain tersebut telah melayangkan laporan secara resmi ke Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

Lebih 10 pemain telah melaporkan tunggakan gaji tersebut. Bahkan bisa dikata hampir semua pemain yang didepak PSM Makassar memiliki tunggakan gaji.

CEO Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), Hardika Aji mengatakan, ada pemain bahkan memiliki empat bulan tunggakan gaji yang belum dibayarkan.

"Ada 3 sampai 4 bulan. Beda-beda tiap pemain," imbuhnya.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan, jika PSM Makassar tak melunasi tunggakan gaji pemain hingga kick off Liga 1 23 Juli mendatang.

Maka secara otomatis, Pasukan Ramang dinggap tak memenuhi syarat ikut berkompetisi di Liga 1 dan dinyatakan degradasi ke Liga 2.

National Dispute Resolution Chamber (NDRC) yang mengatur dan memberikan solusi bagi pemain yang mangadu. Jika dianggap ada masalah maka tim tak dibiarkan berkompetisi.

"Konsekuensinya adalah PSM terancam tidak bisa bermain di Liga 1. Dalam regulasi mengatur klub yang tidak bermain di Liga 1 maka secara otomatis akan terdegradasi," tegas dia.


Anco Jansen Ancam Laporkan ke FIFA


Mantan Pemain PSM Makassar, Anco Jansen mengancam akan melaporkan PSM Makassar ke FIFA dengan alasan gajinya tak dibayarkan.

Melalui unggahan di akun instagram miliknya, pemain asal Belanda itu menuliskan pengakuannya bahwa gajinya tak dibayarkan manajemen PSM Makassar.

"Dengan berat hati saya harus menulis ini. Sejak tiba di PSM Makassar saya selalu mengalami hampir setiap pembayaran gaji selalu terlambat. " ungkapnya.

Pemain yang tak diperpanjang kontraknya karena mandul di Liga 1 ini kemudian membeberkan, bahwa dirinya merasa dibohongi.

"Saya telah dibohongi dari waktu ke waktu, tentang tanggal gaji yang akan dibayarkan. Dan saya tidak akan terima ini lagi," katanya lagi.

Anco bahkan sempat menyinggung mengenai ke ikut sertaan PSM Makassar pada AFC Cup 2022.

"Ini adalah tim yang akan mewakili negara dalam kompetisi AFC. Ini adalah tim merekrut pemain baru ketika pemain lama bahkan tak dibayar. Pendukung PSM anda layak mendapatkan hal lebih baik," tutupnya.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin langsung menanggapi hal itu. Menurutnya permasalahan gaji yang tuntut Anco Jansen telah dibayarkan.

"Sudah, sudah dibayarkan, amanmi," tukasnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diancam Hukuman Degradasi ke Liga 2. Ini Langkah Cepat PSM Lunasi Tunggakan Rp1 Miliar Gaji Pemain

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan