timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Terungkap, Ini Alasan David da Silva Tak Tega Bobol Gawang Barito dan Biarkan Persipura Degradasi

Wiwink-Bola, Jumat 1 April 2022 06: 27 WIB

David da Silva menjadi pemain paling disoroti usai pertandingan Persib Bandung melawan Barito Putera berakhir imbang



TIMURKOTA.COM, BALI- Pertandingan Persib Bandung melawan Barito Putera menyisahkan cerita miring. Ada dugaan striker Persib Bandung David da Silva sengaja membuang-buang peluang. 


Salah satunya eksekusi tendangan penaltinya yang berhasil digagalkan M Riandi. Bukan hanya itu tercatat dua kali dirinya one on one dengan penjagawang namun tak berhasil mencetak gol. David kemudian digantikan oleh Bruno Cantanhede.

Hal itu kemudian ditanggapi kalangan suporter Persipura Jayapura. Bahkan salah seorang pengacara asal Papua akan memperkarakan pertandingan tersebut.

Ia akan menggugat pertandingan Persib Bandung melawan Barito Putera dengan dugaan permainan bola gajah. Tak main-main sang pengcara Pieter Ell mencurigai Persib dan Barito Putera melakoni sepak bola gajah alias sengaja 'main mata', dalam arti melakukan kecurangan agar Barito selamat dan membuat Persipura terdegradasi. Maka dari itu, ia ingin menggugat dua tim itu, dan juga David Da Silva.

"Iya, benar. Jadi, dasarnya itu kan kami ajukan gugatan berdasarkan Pasal 1365 KUH Perdata, yaitu perbuatan melawan hukum. Jadi, jika seseorang melakukan perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian bagi pihak lain, maka akan diajukan gugatan. Dasarnya itu," kata Pieter ketika dihubungi kumparan, Kamis (31/3).

Pasal 1365 KUH Perdata menyebutkan bahwa 'tiap perbuatan melawan hukum yang membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian tersebut'. Inilah dasar gugatan Pieter.

Hal lebih menghebohkan lagi adanya klarifikasi dan alasan David da Silva tak cetak gol ketika melawan Barito Putera yang diunggah akun facebook bernama, Bobotoh Persib yang diketahui merupakan kelompok suporter tersebesar Persib Bandung.

Dalam unggahannya ia menyebutkan David da Silva tak cetak gol bukan disebabkan adanya mafia. Namun karena kedekatan David dengan Renan Alves bek tengah Barito Putera. 

Selain berasal dari negara sama, keduanya sangat dekat. Bahkan dalam keluarga mereka juga sangat dekat termasuk istri keduanya. Meski belum dapat dipastikan kebenaran unggahan tersebut. 

"Mohon maaf untuk Persipura karena kami gagal menang melawan Barito Putera, Saya kasih bocoran sedikit David da Silva punya peluang banyak tapi disia-siakan. Apakah karena mafia? Bukan, tapi karena David da Silva adalah Sahabat Renan Alves (Bek Berito Putera)  istri mereka juga sahabat. Di Bali mereka tinggal satu kawasan. Sekali lagi mohon maaf untuk Persipura, semoga bisa kembali ke Liga 1 musim depan," tulis akun bernama, Bobotoh Persib.

Diberitakan sebelumnya, Persipura Jayapura merupakan tim sarat prestasi hingga di tingkat Asia harus turun kasta ke Liga 2 musim 2022 mendatang. Meski berhasil menang telak dengan skor 3-0 atas Persita Tangerang.

Namun dipertandingan lain dua pesaingnya masing-masing Barito Putera dan PSS Sleman juga meraih poin hingga akhirnya dari hitung-hitungan yang ada tim Mutiara Hitam berada di posisi 16 dengan poin 36 alias kalah satu poin dari Barito Putera yang menghuni posisi aman.

Dalam laga melawan Persita Tangerang, tim Persipura Jayapura langsung tancap gas dan berupaya menciptakan gol sejak laga dimulai. Mutiara Hitam sadar hanya kemenangan dan berharap Barito Putera kalah membuat posisi mereka aman.

Alhasil, Persipura mampu unggul cepat atas Persita Tangerang melalui gol Yohanes Pahabol pada menit ke-20. Setelah unggul Mutiara Hitam tetap melancarkan serangan. 

Gol kedua akhirnya datang dari Yevhen Bokhashvili memanfaatkan serangan cepat. Skor 3-0 bahkan bertahan hingga usai setelah di babak kedua Persipura kembali menambah satu gol.

Sementara dipertandingan lain, Barito Putera memberi perlawanan sengit untuk merebut poin dari Persib Bandung. Pasalnya jika mereka mampu bermain imbang maka posisi Barito Putera aman dan dipastikan bertahan di Liga 1 2022.

Skor imbang 0-0 tak berubah hingga turun minum. Beckam Putera membawa Persib Bandung unggul berkat golnya pada menit ke-54. 

Maung Bandung mendapat hadiah penalti setelah David Silva dilanggar Bagas Kaffa. Namun David Silva gagal menjalankan tugasnya skor pun tak berubah. Jelang laga bubar Barito menyamakan kedudukan 1-1.

Dipertandingan lain PSS Sleman mampu unggul 2-0 atas Persija Jakarta berkat gol Dave Mustaine melalui tendangan penalti pada menit ke-4 serta Kim Kurniawan pasa menit ke-82. 


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close