timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Usai PSM vs Persib Ditunda, PT LIB Keluarkan Surat Arahan: Tim Wajib Bertanding Minta Gunakan Pemain Akademi jika Pemain Utama Covid

Baca Juga

Wiwink-Liga 1, Sabtu 5 Februari 2022 07:3 WIB

PT LIB Indonesia memutuskan tim Liga 1 tetap dapat bertanding meski pemainnya terpapar Covid-19. Klub diminta memanggil pemain tambahan dari akademi.


TIMURKOTA.COM, BALI- Keputusan mengejutkan datang dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Usai menunda dua pertandingan termasuk PSM Makassar melawan Persib Bandung. Kini badan yang membawahi penyelenggaraaan Liga 1 2021 melayangkan surat arahan kepada peserta Liga 1 agar tetap bertanding meski pemainnya terpapar covid-19.


Mereka menawarkan solusi, yakni masing-masing klub diberi kesempatan untuk memanggil pemain tambahan dari pemain muda dan akademi jika pemain tim utama tak mencukupi 14 pemain seperti syarat yang tertuang dalam aturan menyangkut pergelaran Liga 1 di tengah pandemi.

Banyak yang menyayangkan keputusan tersebut. Bahkan ada beberapa tim yang dirugikan atas keputusan yang terkesan terlambat tersebut. Salah satunya PSM Makassar. Mereka sudah siap menjalani pertandingan namun harus ditunda dengan alasan pemain Persib tersisa 13 orang negatif Covid.

Namun diketahui, Persib Bandung memiliki sejumlah pemain muda dan akademi yang bisa ditarik mengisi kekosongan yang ditinggalkan pemain utama.

Surat dari PT LIB telah sampai ke semua tim peserta liga 1. Surat tersebut tertanggal, 2 Februari 2022. Alasannya surat itu keluar dari hasil manajer meeting menyikapi kluster Covid-19 di kompetisi Liga 1.

Salah satu poin utama adalah klub yang pemainnya kurang dari 14 pemain diperbolehkan untuk bertanding dengan menggunakan pemain muda atau akademi.

"Seperti saat Persebaya kemarin main pakai pemain akademi. Nah kita pun misal tapi semoga tidak terjadi bisa tarik dari akademi kalau kurang dari 14 yang siap tanding," Kata MO PSM Makassar Sulaiman Karim.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengaku sampai saat ini pihaknya masih belum ingin menunda pertandingan series keempat Liga 1 2021/2022 yang digelar di Bali.

Sudjarno mengatakan, pihaknya masih ingin melihat kasus Covid-19 dari pertandingan ke pertandingan.

Sejumlah klub Liga 1 2021/2022 sebelumnya sudah mengumumkan adanya kasus Covid-19 yang menyerang ke pemain dan ofisialnya.

Bahkan tercatat sudah lebih dari 50 pemain yang positif Covid-19 selama series keempat Liga 1 2021/2022 digelar di Bali.

Dua pertandingan pun terpaksa ditunda yakni Madura United melawan Persipura Jayapura dan Persib Bandung bersua PSM Makassar.

Penyebabnya karena Madura United dan Persib Bandung jumlah pemainnya kurang dari 14 orang.

Sesuai regulasi terbaru, PT LIB pun memutuskan untuk menunda pertandingan tersebut.

Meski sudah dua laga ditunda, Sudjarno mengatakan PT LIB belum berencana untuk menghentikan sementara waktu series keempat Liga 1 2021/2022 di Pulau Dewata.

"Sampai saat ini kami bicara terkait dengan pertandingan per pertandingan dan kami masih bicara juga terkait kompetisi secara penuh yang sedang berjalan. Oleh karena itu sambil berjalan di setiap pertandingan yang sedang kami laksanakan ini walau ada penundaan di beberapa pertandingan,” katanya lagi.




 

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close