timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Tiga Mantan Resmi Bergabung, Ini 7 Pemain Rekrutan Baru PSM Makassar

Baca Juga


Editor: hamzah/timurkota

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR-
Manajemen PSM Makassar secara resmi mendatangkan sejumlah pemain baru untuk mengarungi putaran ke dua liga 1 2021. Tercatat tujuh pemain lokal yang bergabung hari ini. Tiga diantaranya Aditya Putra Dewa, Julyano Pratama dan Ferdinand Sinaga. Pemain lain adalah Manda Cingi, Abu Rizal, Dalen Doke.

"Pemain telah tiba dan akan mengikuti latihan perdana bersama tim sore ini. Mereka akan diperkenalkan oleh tim pelatih dan manajemen PSM Makassar," kata, sumber timurkota.com

Marinus Wanewar dan Eky Taufik Gabung?

Jajaran Manajemen PSM Makassar dikabarkan bakal memperkenalkan pemain lokal baru pada Selasa (04/01/22) siang ini. Ada delapan pemain kabarnya akan diperkenalkan. 


Tiga diantaranya merupakan, mantan pilar yang berhasil membawa Persis Solo menjuarai Liga 2 2021 belum lama ini. Ketiganya adalah, Marinus Wanewar , Eky Taufik, dan Ferdinan Sinaga.

"Satu paket Ferdinand Sinaga, Marinus dan Kapten Persis Solo Eky Taufik akan diperkenalkan," kata sumber yang diterima timurkota.com.

Manajemen PSM Makassar menegaskan meski kontrak Bektur Talgat Uulu masih tersisa sampai akhir musim. Namun pihak manajemen tak mau ambil resiko dengan memaksakan Bektur Talgat tetap ada dalam tim. 


Pasalnya sang pemain minim konstribusi. Bahkan tercatat hanya tujuh kali tampil. Tiga diantaranya starter selebihnya memulai pertandingan dari bangku cadangan. Tak ada gol, Bektur hanya mampu menciptakan satu assist melalui tendangan bebas.

Sebagai solusi, manajemen akan mencarikan sang pemain klub baru dengan opsi pinjaman maupun kontrak permanen.

"Kalau dilepas tentu akan diupayakan dibantu dengan mencarikan klub baru. Jadi bukan langsung dilepas begitu saja. Apalagi kontrak Bektur masih tersisa hingga akhir musim," kata, Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim.

Dua Striker Haus Gol Asia Siap Jadi Pengganti

Kazuki Takahashi


Melalui akun resmi instagram pribadinya, @kt10_official, Kazuki Takahashi memberikan penyataan yang menjadi indikasi bahwa dirinya saat ini tengah didekati Pasukan Ramang. 

Ia memasang pada historynya bertuliskan pertanyaan soal kata Ewako yang selama ini diidentikkan dengan PSM Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya. 

What ewako does mean? (Apa yang dimaksud dengan ewako? red).

Striker Asal Jepang, Kazyki Takahashi dikabarkan dalam waktu dekat akan merapat di PSM Makassar. Pemain yang pernah dibidik Persib Bandung itu dipersiapkan mengisi slot pemain asing Asia menggantikan Bektur Talgat Uulu.

"Ini striker segera bergabung PSM Makassar," tulis akun info bola.

Dikutip dari laman Transfermarkt, Kazuki Takahashi merupakan pemain binaan klub J-League, Kashiwa Reysol. Dia lahir di Kota Chiba, Jepang pada 6 Oktober 1996.

Melihat perjalanan kariernya, Kazuki Takahashi seperti 'kutu loncat' karena kerap berpindah klub. Total sudah tujuh klub dia bela sejak memutuskan berkarier di Eropa pada 2014.

Ketika usianya masih terbilang remaja, 18 tahun, Kazuki Takahashi memutuskan berpetualang ke Eropa mengadu nasib di Spanyol dengan gabung ke Leganes dan pada 2015 hijrah ke Aranjuez hingga 2017.

Tiga tahun di Spanyol, Kazuki Takahashi mulain mencoba tantangan di belahan timur Eropa dengan gabung ke Montenegro, OSK Igalo. Lalu menuju Finlandia dengan FF Jaro.

Pada 22 Februari 2019, dia berlabuh di klub divisi 2 Liga Rumania, FC Craiova.

Lalu kurang dari setahun, dia kembali pindah klub ke Pandurii Targu Jiu yang juga berkompetisi di divisi 2 Liga Rumania, tepatnya pada 4 September 2019.

Tahun lalu, Kazuki Takahashi meninggalkan Pandurii dan Rumania untuk kembali mencoba peruntungan di kawasan Skandinavia, tapi negara tujuannya bukan lagi Finlandia, melainkan Swedia.

Dia resmi bergabung dengan klub divisi 2 Liga Swedia AFC Eskilstuna terhitung sejak 25 Agustus 2020 dan berdasarkan informasi di Transfermarkt, Kazuki Takahashi terikat kontrak sampai Desember 2021.

Secara statistik, Kazuki Takahashi terbilang tak cukup mendapatkan kesempatan bermain selama sekitar 6 bulan bermain di Swedia dengan Eskilstuna.

Catatan Transfermarkt, dia hanya lima kali dimainkan di kompetisi Divisi 2 Liga Swedia atau Superrettan plus sekali di Piala Swedia, yang mayoritas dilakoninya sebagai pemain pengganti.

Tapi kondisi berbeda dialami Takahashi saat berkarier di Montenegro, Finlandia dan Rumania yang terbilang cukup sering mendapatkan kepercayaan bermain.

Nilai pasar Takahashi saat ini diestimasi mencapai USD 55 ribu atau sekira Rp793,5 juta, lebih rendah dibandingkan nilai pasar pada bursa transfer Juni 2020 yang mencapai USD 110 ribu atau sekira Rp 1,58 miliar. 

Harrison Sawyer



PSM Makassar tak henti-hentinya dikaitkan dengan striker handal dari berbagai negara di Asia. Usai Takahasi dari Jepang, kini pemain berusia 24 tahun asal Australia, Harrison Sawyer dikabarkan tengah didekati manajemen PSM Makassar.

Namun isu ini lagi-lagi hanya bergulir di dunia maya. Pasalnya, Manajemen Pasukan Ramang masih menutupi dan enggan membeberkan siapa pemain yang akan datang serta yang dilepas pada burza transfer pertengahan musim.

Karateker PSM Makassar, Syamsuddin Batola mengatakan, terkait pemain baru pihaknya belum menyampaikan kepada media.

"Yang pastinya akan ada pemain datang. Namun masih butuh proses sebelum diperkenalkan. Saya berharap pemain nantinya memiliki kualitas di atas rata-rata. Sehingga tidak hanya datang menjadi cadangan," katanya.

Sekilas mengenai Harrison Sawyer



Setelah musim debut yang luar biasa di Liga Sepak Bola Filipina tahun lalu bersama Davao Aguilas, Sawyer bersiap untuk memulai kampanye baru di Hong Kong bersama Tai Po. 

Ia memiliki pengalaman singkat dengan tim junior Brisbane Roar dan kemudian Newcastle Jets di mana ia melakukan debut A-League pada tahun 2017. 

Namun kini sang pencetak gol telah mengarahkan pandangannya untuk membantu klub barunya mengejar kejayaan di Liga Premier Hong Kong pada 2018-19. 

“Tim yang saya tempati berada di urutan kedua musim lalu, musim ini mereka memiliki aspirasi untuk menjadi juara liga domestik,” katanya dilansir The World Game. 

"Saya ingin berkontribusi sebanyak yang saya bisa untuk itu, dan secara pribadi saya ingin terus mencetak gol.

 “Tim ini juga lolos ke Piala AFC, jadi saya ingin tim saya benar-benar mengumumkan diri kami di panggung internasional dan benar-benar membuat tanda di sana. Saya hanya ingin terus membangun dan berkembang. 

“Pindah ke luar negeri sebagai pesepakbola muda, terutama di Asia, butuh sedikit kekuatan mental. Itu benar-benar mengembangkan saya dan membuat saya matang di dalam dan di luar lapangan, saya pikir.

"Ada sedikit lebih banyak tekanan bermain sebagai pemain asing di Asia dan itu mengeluarkan yang terbaik dari Anda. Saya suka itu karena saya ingin terus berkembang dan menjadi yang terbaik." Tukas dia.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close