Iklan

Truk Terjun ke Jurang di Salo Merungnge, Dua Jam Tim Sar Brimob Bone Berjuang Evakuasi Mayat Korban

timurkota.com_official
Selasa, Juli 27, 2021 | 7:18 AM WIB Last Updated 2021-07-27T00:18:18Z


Editor: Sandy/timurkota

TIMURKOTA.COM, BONE-
Truk roda enam warna merah bernomor polisi DD 8403 ST mengalami kecelakaan di Sungai Salo Merungnge, Desa Ureng, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (26/7/2021) malam.


Truk yang memuat pakan ternak milik perusahaan BSB Kawasan Kima Makassar seberat 7 ton itu melaju menuju ke Desa Pasempe, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone. Nahas sebelum tiba di tujuan tepatnya di tanjakan kawasan Sungai Salo Merungnge, truk yang dikemudikan Sarring (40) tersebut tidak kuat menanjak sehingga mobil tersebut berjalan mundur. 


Sesaat setelah truk berjalan mundur akibat beratnya muatan yang dibawa, sontak kernet truk, Kamaruddin (31) melompat keluar truk berusaha mengganjal ban truk untuk menghentikan kendaraan tersebut. Sayangnya, usaha tersebut gagal dan truk tetap tidak bisa dihentikan sehingga mobil roda enam itu bersama sopirnya jatuh ke jurang hingga dasar sungai Salo Merungnge dengan kedalaman kurang lebih 100 meter dari jalan raya.


Mendapat informasi tentang kejadian nahas tersebut, Tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel langsung berkumpul dan mempersiapkan alat lalu bergegas menuju lokasi kejadian. Sekitar pukul 22.15 Wita, SAR Brimob Batalyon C Pelopor bersama Basarnas Bone tiba di lokasi peristiwa.


Pada pukul 22.30 Wita, personel SAR gabungan langsung melakukan proses evakuasi korban yang jatuh dengan tehnik refling untuk mencapai dasar jurang selanjutnya mengevakuasi tubuh  korban Sarring (40 ) yang jatuh bersama truk.


Setelah 1 jam melakukan upaya evakuasi, akhirnya pada pukul 23.40 Wita, jasad korban dapat dievakuasi dengan keadaan sudah meninggal dunia. Setelah berhasil dievakuasi jenazah korban langsung dibawa ke RSUD Tenriawaru Watampone dengan menggunakan kendaraan roda empat milik BPBD Bone untuk dilakukan visum.


Dalam kejadian ini diketahui terdapat korban  korban meninggal dunia yaitu sopir truk bernama Sarring (40) warga Desa Lassang Kecamatan Pollombangkeng Kabupaten Takalar, sementara kernet truk bernama Kamaruddin (31) warga Desa Palalakang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar selamat dalam kejadian ini.


Usai kegiatan evakuasi, SAR gabungan melaksanakan apel konsolidasi yang dipimpin langsung Kepala BPBD Kabupaten Bone, Dray Vibrianto.


Sementara itu, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan mengungkapkan, setelah dirinya mendapat informasi tentang kejadian tersebut, komandan berpangkat satu bunga ini langsung menginstruksikan tim siaga SAR Brimob untuk terjun ke lokasi.


"Saya juga berkoordinasi dengan Kapos Basarnas Bone untuk  berangkat bersama menuju TKP sebagai wujud sinergitas kami dengan Basarnas Bone," tutur Danyon Ichsan.


“ Sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, ketika menerima laporan tentang adanya musibah dalam hal ini truk masuk jurang, kami langsung bergegas menuju lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi bersama tim SAR Gabungan,” tambah Kompol Nur Ichsan.


Sementara itu di lokasi berbeda, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis berujar, Satbrimob Polda Sulsel telah memiliki tim SAR yang berkompeten untuk melakukan penyelamatan baik itu kecelakaan di air maupun di darat.


“Demi memenuhi permintaan bantuan masyarakat terkait musibah yang terjadi di darat dan di air sebagai wujud implementasi dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia, kami selalu menyiapkan / menyiagakan tim SAR Brimob yang berkompeten di bidangnya. Tim SAR ini juga kami siaga selama 1 x 24 jam setiap harinya, jadi kami selalu siap melakukan pertolongan kapan saja,” tandas Muhammad Anis.


Diketahui, personel yang terlibat evakuasi, terdiri dari 10 Personel SAR Brimob Batalyon C Pelopor dipimpin Bripka Muh. Ilyas, 4 personel Basarnas Bone dipimpin langsung Ka Pos BASARNAS Bone, 10 personel BPBD Bone dipimpin langsung Kepala BPBD Dray Vibrianto, 4 personel potensi SAR, 6 personel Damkar Bone, 9 personel Satpol PP Bone, 2 personel Polsek Palakka, 2 personel Koramil Palakka, 4 orang pencinta alam Kopa Bone, dan dibantu masyarakat setempat.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Truk Terjun ke Jurang di Salo Merungnge, Dua Jam Tim Sar Brimob Bone Berjuang Evakuasi Mayat Korban

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan