Iklan

Kisah Tujuh Wanita Cantik Berpakaian Merah Penunggu Bendungan Ponre-ponre. Muncul pada Hari Jumat

timurkota.com_official
Kamis, Desember 17, 2020 | 7:03 PM WIB Last Updated 2020-12-17T12:32:19Z

Bendungan Ponre-ponre (foto: Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE-

Belum lama ini dikisahkan oleh salah seorang penjaga bendungan, Bahar. Dirinya menuturkan, ada warga bertemu dengan tujuh wanita cantik berpakaian merah-merah. Wanita yang memiliki kemiripan bahkan bisa dikata kembar ditemukan berjalan kaki menuju bendungan.

"Waktu ditanya sama warga mau kemana? wanita itu menunjuk bendungan. Ada warga yang iseng mengikuti dan setelah sampai di bendungan tujuh orang itu turun ke dalam air dan menghilang. Biasa muncul pada hari Jumat" katanya.

Jadi menurut Bahar, ada tujuh wanita cantik penunggu bendungan tersebut. 

"Penunggunya di sini marah dan tidak suka sama orang yang sombong apalagi kalau memandang enteng ke dalaman bendungan," beber, Bahar lagi.

Keberadaan Masjid di Dasar Bendungan

Masjid yang dibangun warga Dusun Bakkanie kabarnya tak dirubuhkan sebelum wilayah tersebut tenggelam.

"Kedalamannya di sini tidak bisa saya prediksi. Jangankan pendatang, kami saja penduduk setempat tidak berani menyelam ke dasar bendungan. Di bawah sana ada masjid yang masih berdiri, dulu warga tidak robohkan sebelum bendungan penuh air," kata seorang warga lain, Andri.

Menurutnya, bukti ke dalaman bendungan lain adalah gunung yang dulunya sempat berbentuk pulau sekarang telah ditutupi air.

"Padahal gunung itu tinggi sekali, ratusan meter. Namun sekarang sudah tidak terlihat lagi," ungkapnya.

Kronologi tiga korban yang meninggal dunia tenggelam di Bendungan Ponre-ponre


1. Kepala Sekolah Bernama, M Alwi 


M Alwi merupakan Kepsek Sekolah Dasar (SD) Negeri 156 Mattampawalie, Desa Bulu Tanah, Kecamatan Lappariaja. Bermula pada Rabu (07/08/2013) saat korban bersama tiga rekannya tengah memancing di atas perahu di bendungan Ponre-ponre, Desa Ponre-ponre, Kecamatan Libureng.

Korban yang hobi memancing tetapi tidak bisa berenang akhirnya tenggelam, sementara ketiga rekannya selamat setelah berenang ke tepi bndungan.

"Rekan korban sudah berusaha menolong tapi karena kondisi yang tidak memungkinkan akhirnya mereka menyelamatkan diri masing-masing," terang AKP Kaharuddin, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Libureng.

Pencarian yang dilakukan tim Basarnas baru membuahkan hasil pada Sabtu pagi. Jenazah Alwi ditemukan terapung di tengah danau.

"Keluarga korban bahkan mendirikan tenda di pinggir bendungan untuk bantu kami lakukan pencarian dan baru bisa ditemukan setelah tiga hari karena airnya cukup dalam," kata Andi Sultan, anggota Basarnas Bone.

2. Pelajar Asal Maros bernama, Sulvikram (15)

Pelajar asal Kabupaten Maros, Sulvikram (15) itu ditemukan tewas tenggelam di Bendungan Ponre-ponre, Kabupaten Bone, Kamis (26/12/2019) pagi. Korban pamit ke keluarga untuk pergi memancing guna mengisi liburan sekolah. Namun dirinya tenggelam saat perahu terbalik.

Butuh tiga hari hingga akhirnya Tim SAR Gabungan menemukan jasad Sulvikram. Korban dilaporkan tenggelam sejak Senin (23/12/2019) malam.

"Sudah ditemukan dan dievakuasi oleh tim Kamis pagi tadi," kata Kepala Basarnas Bone, Andi Sultan, di kawasan bendungan yang merupakan objek wisata tersebut

Menurut Sultan, korban ditemukan tidak jauh dari tempatnya tenggelam, sekitar 10 meter. Setelah dievakuasi, jenazah remaja sekolah tingkat SMA itu dibawa ke rumah duka di Kabupaten Maros.

"Ambulans dari Maros memang sudah stand by dari semalam (Rabu malam)," ujar dia.

Sulvikram merupakan warga Kecamatan Camba, Kabupaten Maros. Dia pamit kepada keluarga untuk pergi ke bendungan tersebut mengisi liburan sekolah bersama empat orang temannya.

3. Pemuda asal Lappa Talejje bernama, Akmal Bin Jamal (18)

Akmal merupakan warga asal Dusun Lappa Talejje, Desa Tompobulu, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone.

Berangkat dari rumahnya bersama empat rekannya untuk memancing. Akmal nekat berenang untuk menyebrangi anak sungai bendungan Ponre-ponre.

Rekannya sempat mengingatkan untuk tidak berenang. Namun, korban mengatakan dirinya mampu menyebrangi sungai bahkan lebih luas dari bendungan.

"Sempat diingatkan bahwa tempat itu angker. Cuman korban masih saja nekat, dan akhirnya kelelahan di tengah sungai dan kelihatan seperti ada yang tarik kakinya," kata warga, Bur.

Kapolsek Libureng AKP Hajriadi mengatakan korban ditemukan beberapa jam pasca tenggelam.

"Korban ditemukan oleh warga dalam keadaan meninggal dunia dan telah diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan," kata mantan Kapolsek Mallawa ini.


***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kisah Tujuh Wanita Cantik Berpakaian Merah Penunggu Bendungan Ponre-ponre. Muncul pada Hari Jumat

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan