timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Tiga Tikungan Pencabut 'Nyawa' di Poros Makassar-Bone

Baca Juga

Sumpang Labbu

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR-


Jalan poros menghubungkan antara Makassar yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan dengan Kabupaten Bone dikenal cukup ekstrim. 

Selain kondisi jalan yang terbilang sempit. Tikungan tajam juga cukup banyak, hingga beberapa pengguna jalan menyebut tikungan pencabut nyawa.

Berikut daftar tikungan yang hampir setiap tahun menelan korban:


1. Kappang

Kecelakaan di Kappang (foto: Istimewa)

Terletak di Wilayah Kabupaten Maros, Kappang yang belum lama ini dilakukan pembangunan jembatan layang, dinilai merupakan jalan paling ekstrim di trans sulawesi.

Kondisi jalan yang sempit, ditambah dengan jurang dan tebing disempanjang jalan menjadikan jalur ini layak menyandang predikat tikungan pencabut nyawa. Berdasarkan catatan kecelakaan dari Satuan Lalu Lintas Polres Maros hampir setiap tahun ada pengendara merenggang nyawa di wilayah ini.

2. Tompo Ladang

Kondisi tikungan maut di Tompo Ladang (foto: Istimewa)

Masih di wilayah Kabupaten Maros. Tak jauh berbeda dengan Kappang. Tompo Ladang memiliki tikungan patah di tanjakan. Selain dikenal kerap memakan korban jiwa.

Wilayah ini hampir setiap pekan mengalami kemacetan cukup panjang. Ketika mobil truk besar mengalami kerusakan di tikungan, terkadang menimbulkan kemacetan selama dua hari.

Berbeda dengan Kappang yang telah mengalami pembenahan. Tompo Ladang masih tetap dengan kondisi jalan sama.

Bagi pengendara patut berhati-hati jika melintas di wilayah ini.


3. Sumpang Labbu/Batu Goroe

Laka Sumpang Labbu (foto: Istimewa)

Sumpang Labbu atau batu goroe letaknya berada di Kabupaten Bone. Selain tikungan tajam, wilayah ini juga dikenal memiliki cerita mistis. 

Konon dalam setahun, ada saja nyawa melayang di wilayah ini. Sumpang Labbu bisa dikata juga memiliki nilai wisata khususnya batu goroe yang merupakan gunung batu dibuat jadi trowongan oleh warga pada masa penjajahan belanda.

Semua pengendara patut berhati-hati jika melintas di wilayah ini.


***

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close