timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

BLT Untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp5 Juta Mulai Disalurkan September

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan langsung tunai (BLT) ke pekerja bergaji di bawah Rp5 juta akan dibayarkan selama empat bulan
TIMURKOTA.COM, JAKARTA-


Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan langsung tunai (BLT) ke pekerja bergaji di bawah Rp5 juta akan dibayarkan selama empat bulan dengan besaran Rp600 ribu per bulan.

Pencairan akan dilakukan dalam 2 tahap. Artinya, dalam sekali pencairan pekerja golongan tersebut akan mendapatkan BLT Rp1,2 juta

"Pemerintah akan membayarkan dua kali karena kita ingin memastikan daya beli dan konsumsi tetap terjaga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga dan keempat," kata Ida seperti dikutip dari keterangannya, Jumat (7/8).

Ida menargetkan bantuan bisa segera disalurkan Mulai September nanti. Agar bisa segera dilaksanakan pemerintah terus mematangkan rencana tersebut.

"Bantuan ini merupakan program stimulus yang digodok bersama Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kemnaker, Kemenkeu, dan BPJS Ketenagakerjaan. Kami targetkan program ini dapat berjalan bulan September," katanya.

Sebagai informasi pemerintah berencana menggelontorkan dana Rp31 triliun untuk program BLT pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. BLT akan diberikan kepada 13 juta pekerja yang terdaftar menjadi peserta Program BPJS Ketenagakerjaan.

Ida mengatakan BLT ini nantinya hanya diberikan ekpada pekerja swasta di luar PNS dan pegawai BUMN. Sementara itu, data BPJS Ketenagakerjaan digunakan dalam penyaluran bantuan demi menghindari terjadinya penerima BLT ganda.

"BPJS Ketenagakerjaan yang akan terus divalidasi untuk memastikan tepat sasaran dan meminimalkan terjadinya duplikasi. Pemerintah berharap subsidi ini dapat menjaga daya beli dan kesejahateraan pekerja yang terdampak Covid-19," katanya


(*/timurkota)



Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close