Iklan

Pandemi Covid-19. Pemkot Makassar Berlakukan Kartu Kesehatan Bagi Hewan Kurban

timurkota.com_official
Rabu, Juli 29, 2020 | 4:49 AM WIB Last Updated 2020-07-28T21:49:39Z

Ilustrasi pemeriksaan dan surat keterangan sehat hewan (dok)
TIMURKOTA.COM, MAKASSAR-

Sebagai upaya untuk mencegah adanya penjualan hewan tak sehat pada pelaksanaan Idul Adha di tengah Pandemi Covid-19. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar memperketat pengawasan terhadap hewan yang dipersiapkan untuk disembelih pada Idul Adha.

Kepala DP2 Makassar, Abdul Rahman Bando menjelaskan, hingga saat ini tercatat 3.186 hewan kurban telah diperiksa kelayakan kesehatannya,  namun hanya 2.701 ekor yang dinyatakan layak dan diberi Kartu Kesehatan Hewan.

"Banyak faktor menjadi menilaian sehingga hewan dinyatakan tak memenuhi kriteria. Seperti faktor umur, kemudian apakah ada cacat di badannya. Itu semua diperiksa," ungkapnya menjelaskan.

Adapun hewan yang tak diberi kartu sehat dengan rincian sebagai berikut, 450 ekor tidak cukup umur, 21 cacat mata alias katarak, 5 ekor betina, 3 ekor memiliki cacat kelamin, 2 ekor pincang, 1 ekor sakit, dan 2 ekor sobek telinga.

"Kartu sehat kami keluarkan untuk satu hewan saja. Jika masyarakan mau beli hewan harus ada kartu sehatnya," lanjutnya menjelaskan.

Selain itu ketika pengantaran daging kurban, DP2 Makassar telah memberi imbauan sesuai dengan surat edaran Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian Indonesia dan Pj Wali Kota Makassar 

"Pembungkus daging harus kantong plastik bening. Jangan pakai yang berwarna karena itu berbahaya," katanya kembali menjelaskan.

(rill/as)




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pandemi Covid-19. Pemkot Makassar Berlakukan Kartu Kesehatan Bagi Hewan Kurban

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan