Iklan

Traktor Siluman Karya Pria Tak Lulus SD di Bone. Garap Sawah Tanpa Kena Lumpur

timurkota.com_official
Minggu, Juni 07, 2020 | 10:38 AM WIB Last Updated 2020-06-07T03:38:35Z

Traktor dioperasikan melalui remote control (dok)
TIMURKOTA.COM, BONE-
Berkarya dan menciptakan inovasi menggunakan barang elektronik merupakan impian Udin (34).

Meski pendidikannya hanya sampai kelas tiga Sekolah Dasar, pria asal Dusun Cinnong, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mampu menciptakan inovasi yang membuatnya panen apresiasi.

Dengan menggunakan alat sederhana,  Udin menciptakan remote control yang mampu mengoperasikan traktor tanpa harus turun bermandi lupur di sawah

Hanya dengan berdiri dari jarak 500 meter, traktor akan dikontrol menggarap sawah hingga siap ditanami beni padi.

Udin mengaku, ide menciptakan remote control tersebut bermula saat dirinya hendak menggarap sawah. Namun pada saat itu dia kewalahan lantaran kekurangan SDM.

Hingga akhirnya dia melakukan eksperimen namun pada awalnya belum berhasil dengan sempurna.

"Awalnya tidak begitu sempurna. Namun saya yakin mampu melakukannya. Terus berusaha sampai alatnya dari Makassar datang dan alhamdulillah hasilnya sudah dapat berjalan dengan sempurna," bebernya.

Meski karyanya panen pujian, Udin mengaku masih penasaran. Lantaran mesin traktornya belum dapat dihidupkan secara otomatis melalui remote control.

"Masih ada kurang satu, saya belum bisa menghidupkan mesin melalui remote. Jadi mesti menggunakan manual, padahal sebetulnya bisa saja otomatis cuman terkendala alat," jelasnya.

(rill/as)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Traktor Siluman Karya Pria Tak Lulus SD di Bone. Garap Sawah Tanpa Kena Lumpur

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan