timurkota.com

timurkota.com

Terdepan Mengabarkan

Sosok M Nuh Berani 'Prank' pada Lelang Motor Jokowi. Ngaku Miliarder, Ternyata Buruh Lepas

M Nuh pria pemenang lelang motor Joko Widodo (dok)
TIMURKOTA.COM, JAMBI-
Nama M Nuh berkali-kali disebut dalam konser amal lelang  motor listrik Gesits milik Presiden Joko Widodo seharga Rp2,5 miliar.

Perhatian Peserta Konser amal yang dipimpin Ketua MPR RI,  Bambang Soesatyo tertuju pada M Nuh yang dianggap sebagai sosok pengusaha kaya asal Jambi yang berani memberi penawaran tertinggi.

Bukan hanya peserta lelang dari daerah lain. Warga Kelurahan Sungai Asam,  Kecamatan Pasar, Kota Jambi sendiri ikut heboh. Mereka penasaran dengan sosok M Nuh.

Ketua RT 20, Kampung Manggis, Kelurahan Sungai Asam, Ibrahim Hasan mengaku mendapat telepon dari beberapa orang untuk menanyakan sosok pengusaha kaya dari daerahnya.

"Beberapa tadi sudah ada yang tanya saya karena dapat berita itu. Setelah saya cek, fotonya tidak ada, informasi alamat lengkapnya tidak ada, jadi mengambang (tidak jelas) ini siapa. Tapi dia mengatasnamakan orang Kampung Manggis," kata Ibrahim.

Setiap menerima telepon,  Ketua RT hany menjawab bahwa di daerahnya tak ada pengusaha dengan nama M Nuh. Data warga Kampung Manggis terdapat nama M Nuh namun pekerjaannya hanya buruh lepas.

Pada akhirnya semuanya terbongkar,  M Nuh yang dimaksud memenangkan lelang Rp2, 5 Miliar adalah pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh lepas.

Anggota Polres Jambi akhirnya menjemput pelaku lantaran pihak panitia lelang motor listrik bertanda tangan Jokowi tak kunjung menerima transferan. Rupanya M Nuh hanya iseng-iseng mengikuti lelang motor tersebut.

Pihak Kepolisian Daerah setempat mengonfirmasikan bahwa M Nuh tidak ditangkap. Melainkan hanya dipanggil lalu dimintai keterangan terkait dengan dugaan penipuan yang dilakukan.

"Barusan saya sudah cek ke Polresta Jambi. Tidak ada ada penangkapan, tidak ada penahanan. Hanya dimintai keterangan," kata Kepala Bidang Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi

Ketua MPR RI Minta M Nuh Tak Diproses Hukum

Ketua MPR RI,  Bambang Soesatyo meminta kepada penegak hukum agar M Nuh dilepas ketika perkara yang melibatkan murni kasus 'prank' lelang motor.

"Jika benar ada yang ditangkap terkait lelang acara Berbagi Kasih Bersama Bimbo kemarin, agar dilepas," kaya Bamsoet lewat pesan singkat kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Sebelumnya, motor listrik 'Gesits' yang ditandatangani Presiden Joko Widodo laku dilelang Rp2,550 miliar dalam acara konser amal penggalangan dana secara virtual, Minggu (17/5). Duit lelang kemudian akan didonasikan untuk warga yang terdampak pandemi virus corona.

Motor tersebut jatuh ke tangan pengusaha asal Jambi bernama M Nuh setelah tawarannya Rp2,550 miliar menjadi yang tertinggi.

Ketua KADIN Rosan Roeslani mengatakan motor Gesits itu istimewa karena merupakan motor produksi lokal yang pernah dikendarai Jokowi. Ia menuturkan 100 persen hasil lelang itu akan diberikan pada masyarakat yang membutuhkan di tengah masa pandemi Corona ini.

(rill/as)

Berikut Profil Pelaku:

Nama : M Nuh
Tempat&tgl lahir: Jambi 19 Maret 1974
Pekerjaan: Buruh Lepas
Tinggal di Kelurahan Sungai Asam sejak tahun 1986.

Berita Populer

close