Iklan

Atraksi Seni dan Senjata Tajam Meriahkan HUT ke Empat Latoa Production Family

tim redaksi timurkotacom
Rabu, Juli 10, 2024 | 8:36 PM WIB Last Updated 2024-07-10T13:36:46Z

Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin melantik pengurus Latoa production Family periode 2024-2026 di Aula SMK 7 Bone pada Senin (08/07/2024).

TIMURKOTA.COM, BONE- Latoa production Family menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 dirangkaikan Pelantikan pengurus organisasi periode 2024-2026 di Aula SMK 7 Bone pada Senin (08/07/2024).

Latoa Production Family Adalah organisasi Seni berbasis budaya Bugis dengan keanggotaan hingga ke berbagai Negara di Benua Asia dan Eropa.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Bone, Drs Andi Islamuddin, mengatakan, ia bangga dengan anak muda yang memiliki kepedulian terhadap nilai-nilai budaya lokal.

"Di zaman yang serba canggih ini, masih ada anak muda yang ikhlas meluangkan waktunya untuk mempertahankan nilai-nilai budaya daerahnya", ungkapnya.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah, ‘Tulu Parajang Assitellirenna Uluada Latoa’, yang artinya: Tali ikatan erat yang menguatkan perjanjian Latoa.

Lebih lanjut Imran menjelaskan dalam bahasa bugis, “Ade Mallaiseng Temmassarang Pada Idi Salaseddi Sibawa Laingnge. Naekkiya Sakke Rupanna Ade’e Natiwi Awatangenna ri Sininna Papajeppuna Rupa Taue”. Artinya Perbedaan budaya seharusnya tidak memisahkan kita satu sama lain, melainkan keragaman budaya membawa kekuatan kolektif yang dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Imran Daeng Parani pendiri sekaligus pembina organisasi ini menerangkan, bahwa tujuan organisasi adalah sebagai upaya merawat nilai nilai kebudayaan daerah

"Tujuan didirikannya komunitas ini adalah merawat, menjaga, melestarikan Adat dan Budaya sehingga berdaya guna untuk mendidik anggota, berbudi pekerti luhur, bersopan santun, berkasih sayang dan berbuat baik sesama anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta tetap menjalin silaturahmi antar sesama anggota baik didunia nyata maupun di media social," terangnya.

Beberapa pengurus Latoa Production utamanya yang domisili di luar negeri mengikuti acara pelantikan dan pengukuhan ini dengan media aplikasi zoom.

“Dengan silaturahmi itu akan semakin mempererat hubungan kekeluargaan dan akan menguatkan, kebersamaan dalam menjaga, merawat, melestarikan Adat dan Budaya Bugis Sedunia." Lanjut Imran dalam Sambutannya.

Pengurus Latoa Production terpilih yang di lantik dan dikukuhkan  oleh Pj. Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddi. MH,. sbb;
Ketua umum Andi Sul Jalalil Waliqram. 

Bahrun sebagai wakil ketua. Hamdi Abadi sebagai sekretaris. Nahar wakil sekretaris. Tuti Aryanti sebagai bendahara. Rukiawati, wakil bendahara dan Koordinator Harian, Ismail.

Kegiatan pelantikan pengurus dan perayaan hari ulang tahun ke-4 Latoa Production ini di meriahkan dengan pementasan seni lokal Bugis seperti 'Sigajang laleng lipa" (saling tikam dalam ikatan satu sarung) 'osong' (Sajak bugis), tari daerah dan atraksi 'Maggiri' (menikam diri dengan senjata tajam) dan aktraksi seni lokal lainnya. 

Berbagai organisasi pemerhati kebudayaan dari beberapa kabupaten tetangga. Sepeti kabupaten Wajo, Sidenreng Rappang, Pinrang turut hadir pada kegiatan tersebut.

Organisasi Masyarakat Assitobonengeng, Forbes Anti Narkoba, Badan Pemuda Prestasi Olah Raga dan Seni pemuda Pancasila Bone. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Atraksi Seni dan Senjata Tajam Meriahkan HUT ke Empat Latoa Production Family

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }