Iklan

Oknum Kades di Bone Diduga Ajak Tukang Main Mata Demi Dapatkan Fee Proyek

tim redaksi timurkotacom
Jumat, Juni 07, 2024 | 5:56 AM WIB Last Updated 2024-06-07T03:07:09Z

Pembangunan proyek jalan tani di Desa Pasaka, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Pembangunan proyek jalan tani di Dusun Polewali, Desa Pasaka, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone menuai sorotan.

Selain kualitas bangunan yang buruk, proyek yang menelan anggaran negara Rp111.891.700 itu diduga sarat permainan. 

Sesuai dengan papan proyek volume pekerjaan jalan tani tersebut 150 Meter sementara sumber anggaran yakni Dana Desa (APBN) T.A. 2023.

Salah seorang warga berinisial, L kepada media timurkotacom mengungkapkan, pembangunan jalan tani tersebut awalnya tak ada warga setempat yang terlibat. 

Pasalnya, dalam Rincian Anggaran Biaya (RAB) tertulis Rp27.780.000 sementara kepala desa mengajak pihak yang ingin mengerjakan pembangunan untuk bekerja sama dengan modus upah tenaga kerja diturunkan menjadi Rp17.000.000.

"Warga di sini tidak ada yang berani melakukan permainan seperti itu. Apalagi uang negara, bisa saja nanti warga yang hanya pekerja biasa ikut diperiksa," ungkap, L.

Menurut warga, setelah banyak yang menolak pengerjaan jalan tersebut. Kepala desa bekerja sama dengan tukang yang berasal dari luar desa. 

"Ada yang kerjakan orang dari luar desa. Cuman kualitasnya dipertanyakan, karena di RAB dengan kenyataan di lapangan berbeda. Bahkan semen yang diduganakan juga beda," lanjutnya. 

L bersama warga lain meminta kepada Aparat Penegak Hukum untuk melakukan pemeriksaan terhadap proyek yang diduga bermasalah tersebut. 

"Bukan hanya satu proyek, kalau perlu semua yang berkaitan dengan uang negara di audit. Kasihan warga, sudah ada anggaran masuk malah disalah gunakan," tutupnya.

Hingga berita diturunkan belum ada konfirmasi dari Kepala Desa Pasaka, Sulaeman. Saat hendak dikonfirmasi timurkotacom, Sulaeman tak merespon. timurkota.com, akan terus berupaya untuk mendapat konfirmasi dari kepala desa. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Oknum Kades di Bone Diduga Ajak Tukang Main Mata Demi Dapatkan Fee Proyek

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }