Iklan

Gandeng Polres Bone, Dinkes dan Forbes, Rekan KPD Bone Bahas Bahaya Narkoba Terhadap Perkembangan HIV/AIDS

timurkota.com_official
Kamis, April 18, 2024 | 3:05 PM WIB Last Updated 2024-04-18T08:13:52Z

Penulis: Muis
Editor: Herman Kurniawan

Dialog yang digelar Rekan KPD Bone dihadiri perwakilan komunitas (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Relawan Kesehatan (Rekan) KPD Bone bersama dengan puluhan perwakilan relawan dan komunitas di Kabupaten Bone menggelar dialog dengan mengangkat tema Bahaya Narkoba Terhadap Perkembangan HIV/AIDS di salah satu cafe di Kota Watampone pada Kamis (18/04/24) Pukul 13.00 Wita.

Dalam dialog ini, Rekan menghadirkan beberapa pemateri diantaranya perwakilan Satuan Narkoba Polres Bone, Ketua Forum Bersama (Forbes) Anti Narkoba dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone.

Pemateri menekankan pentingnya pemahaman tentang risiko ini dan bagaimana cara mencegahnya.
 
Pemateri dari Polres Bone menjelaskan terkait banyaknya pelaku narkoba yang telah diamankan oleh pihaknya dan sementara menjalani diproses hukum. Pemberantasan narkoba di Kabupaten Bone memang sudah menjadi atensi bagaimana masyarakat bisa saling bekerjasama untuk memerangi narkoba ini. 
 
Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Drg. Yusuf Tolo memberikan pemahaman tentang HIV/AIDS, termasuk cara penularan, gejala, dan cara pencegahan. Mereka juga menekankan pentingnya melakukan tes HIV secara teratur, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi, seperti pengguna narkoba.

"Inilah peran penting kita semua dalam rangkan melakukan berbagai uapaya mulai dari pencegahan hingga penindakan, karena narkoba ini tidak mengenal usia, dan memang ini harus menjadi kesadaran kolektif kita untuk sama sama memerangi narkoba ini, " Ucapnya
 
Pemateri saat memaparkan materinya dalam dialog yang digelar Rekan Bone (Foto: Dok. Istimewa)

Ketua Forbes Bone, Dr H Andi Singkeru Rukka, MH membeberkan upaya mereka dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dan penyebaran HIV/AIDS. Penekanan pentingnya edukasi dan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba. 

"Narkoba ini memang menjadi musuh kita bersama,  karena terlalu banyak merusak tatanan di masyarakat, banyak sekali kasus yang rela melakukan kejahatan untuk mendapatkan uang kemudian membeli narkoba, disinilah peran kita semua untuk mengedukasi masyarakat untuk menghindari hal hal tersebut, "kata Andi Singkeru Rukka
 
Dialog ini menjadi platform penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba dan dampaknya terhadap penyebaran HIV/AIDS. 

Dengan pengetahuan yang tepat dan tindakan pencegahan yang efektif, semua unsur dapat berkontribusi dalam memerangi penyebaran HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gandeng Polres Bone, Dinkes dan Forbes, Rekan KPD Bone Bahas Bahaya Narkoba Terhadap Perkembangan HIV/AIDS

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan