Iklan

Soal Dugaan Pembayaran Pengurusan STNK Ditilep, Kanit Regident: Telah Diselesaikan

timurkota.com_official
Kamis, Maret 21, 2024 | 2:36 PM WIB Last Updated 2024-03-21T07:36:25Z

Penulis: Muis
Editor: Herman Kurniawan

Kanit Regident Sat Lantas Polres Bone, Iptu Andi Aswan (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Kanit Regident Sat Lantas Polres Bone, Iptu Andi Aswan menanggapi setelah anggotanya dituding menilep pembayaran pengurusan STNK warga di Desa Mallinrung, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone.

Ia membeberkan bahwa semua STNK yang diurus telah diselesaikan pada Rabu (20/03/2024) kemarin. Ia membenarkan bahwa anggotanya berinisial, AB membantu warga dalam pengurusan STNK dan juga ganti plat.

"Dibantu karena STNK dan plat tersebut bukan alamat Kabupaten Bone. Jumlahnya Delapan STNK" Ungkapnya pada Kamis (21/03/2024)).

Selanjutnya, dirinya menyampaikan bahwa alasan keterlambatan pengurusan karena terkendala waktu dan kesibukan.

"Bahwa ke-8 (delapan) STNK yang diuruskan semuanya telah selesai dan pemiliknya telah di sampaikan bahwa STNK dan plat telah selesai namun belum ada waktu untuk menyerahkan" Tutupnya.

Informasi dari warga, AB telah mengantarkan sebagian STNK dan Plat sekaligus meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi pada Kamis (21/03/24) pagi.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah warga di Desa Mallinrung, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone mengeluhkan pelayanan program Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel khususnya pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling.

Pasalnya, mereka telah membayar Rp600 ribu untuk kepengurusan ganti Plat motor, kemudian mobil mencapai Rp2 juta namun hingga saat ini tak kunjung selesai.

Salah satu warga berinisial, Y mengatakan dirinya telah menyetor uang sebesar Rp600 ribu dan diterima langsung petugas yang berstatus oknum anggota kepolisian berinisial, AB.

"Memang pak AB ini petugas yang saat itu menerima uang pembayaran Rp600 ribu lebih. Semua yang mengurus waktu itu tidak ada selesai sampai sekarang," ungkapnya.

Para warga merasa was-was pasalnya, saat ini AB tak dapat lagi dihubungi. Padahal warga ingin menanyakan proses pergantian plat kendaraan itu.

"Kalau target waktu selesai pengurusan tidak ada nabilang. Namun setelah dua minggu itu STNK, saya bertanya bilang pak, belum jadi, bilang saja iye belum," terangnya.

Memasuki minggu ketiga, dirinya kembali bertanya. Saat itu masih direspon oleh oknum anggota polisi tersebut.

"Jadi setelah sudah memasuki minggu ke tiga bertanya maka lagi, bilang pak apa belum jadi kareja sudah mau ambil, bilangnya pak AB, belum bu karena belum dicetak, habis katanya plat," terangnya.

Karena penasaran, warga kemudian mendatangi petugas Samsat keliling saat berada di Kecamatan Libureng. 

Mereka dibuat kaget karena petugas baru mengatakan, saat dicek rupanya uang pembayaran tidak sampai ke Bapenda.

"Iye hari senin kemarin, saya tanyakan ke petugas samsat baru yang penggantinya pak AK, namun katanya pembayaran kami belum sampai ke Makassar," lanjutnya.

Setelah menerima informasi bahwa uang hasil pembayaran mereka belum sampai ke Bapenda Sulsel. Warga kemudian mencoba menghubungi, AB namun tak direspon.

"Sempat saya hubungi tapi tak direspon. Bahkan sampai sekarang kalau di chat hanya ceklis dua tapi tidak dibalas," tukasnya.

Kasi Humas Polres Bone, Iptu Rayendra Muhtar SH yang dikonfirmasi timurkota.com terkait dugaan permainan diduga dilakukan oknum anggotanya, dia mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak Samsat.

"Makasih infonya, tentu informasi ini akan kita sampaikan langsung dan segera ditindaklanjuti," imbuhnya. 

Sementara itu informasi yang diperoleh tim timurkota.com, Oknum anggota Polri, AB saat ini tak lagi bertugas di Samsat. Beberapa waktu lalu dirinya dipindah tugaskan ke Polsek Lamuru.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Soal Dugaan Pembayaran Pengurusan STNK Ditilep, Kanit Regident: Telah Diselesaikan

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan