Iklan

Dua Pemain Muda Kandidat Kuat Pengganti Yakob Sayuri di PSM Makassar

timurkota.com_official
Selasa, Februari 06, 2024 | 5:25 AM WIB Last Updated 2024-02-05T22:25:58Z

Penulis: Makmur
Editor: Herman Kurniawan

Pemain PSM Makassar berebut bola dalam sesi latihan internal tim (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Manajemen PSM Makassar tak perlu ragu ke dalaman tim setelah Yakob Sayuri hampir dipastikan akan bermain di klub luar negeri. 

PSM Makassar masih punya sejumlah pemain muda yang punya potensi besar untuk dimainkan pada posisi inti. 

Dua pemain punya peluang besar, Rizky Eka bersama dengan Dzaky Asraf. Keduanya merupakan pemain punya kecepatan dan memampuan mencetak gol.

Khusus Rizky Eka Pratama, saat Yakob bermain bersama timnas, dirinya selalu dipercaya Bernardo Tavares bermain pada posisi winger. 

Sementara untuk Dzaky Asraf, dirinya juga kerap dimainkan pada posisi winger. Punya umpan akurat dan kecepatan jadi keunggulan Dzaky. 

Musim ini Rizky Eka Pratama telah tampil sebanyak 23 kali bersama PSM Makassar di Liga 1 dengan koleksi satu gol. Sementara Dzaky Asraf telah bermain sebanyak 17 kali. 

Meski belum mampu menciptakan gol, namun sang pemain telah menunjukkan kerja keras saat diturunkan.

Sebelumnya, Yakob Sayuri segera abroad. Pemain asal Papua ini akan menyusul beberapa seniornya, seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan dan bintang muda Marcelino Ferdinand. 

Lantas kemana kakak Yakob akan berlabuh? Ada banyak versi berkembang di kalangan suporter dan penggemar sepak bola tanah air. 

Beberapa menyebut bahwa Yakob akan menyusul Asnawi bermain bersama di Liga Thailand. Namun belum ada kepastian terkait dengan informasi tersebut. 

Meski dinilai punya peluang besar, pasalnya Liga Thailand musim 2024 belum dimulai. Sehingga ada kesempatan buat Yakob beradaptasi dengan klub barunya sebelum memulai kompetisi resmi.

Level Liga Thailand memang diakui lebih baik dari Liga di Indonesia. Selain itu fasilitas klub di sana juga sangat baik khususnya bagi pemain yang tengah berjuang mengembangkan karir.

Jika resmi bergabung di Liga Thailand, Yakob Sayuri akan melakukan reuni dengan dua mantan rekannya di PSM Makassar. Kike Linares dan Asnawi Mangkualam keduanya terlebih dahulu diikat kontrak di klub negara gajah putih untuk beberapa musim ke depan.

Isu kedua yakni bermain di Liga Malaysia. Kabarnya, Yakob Sayuri akan bersama dengan Saddil Ramdani yang juga tandemnya di Timnas Indonesia.

Sama dengan Liga Thailand, kompetisi di Malaysia juga belum dimulai. Sehingga disebutkan bahwa Yakob punya peluang bermain di sana. 

Terkhusus Liga Malaysia beberapa waktu lalu Yakob Sayuri telah ditawari. Namun saat itu masih memilih bertahan bersama PSM Makassar. 

Dari dua liga tersebut ada hal mengejutkan lain disampaikan seorang netizen. Melalui unggahan akun dengan nama @saputrayandi12. Ia membeberkan bahwa Yakob Sayuri akan segera resmi bergabung dengan Sao Paulo FC top yang berlaga di Liga Brasil. 

"Terimakasih @saopaulofc welcome @Yassasayuri di @saopaulofc semoga semakin gacor diclub terbaru," ungkapnya. 

Saat ini Sao Paulo FC tengah berjuang di kompetisi Liga Brasil dari klasemen sementara masih tertahan di posisi ke-11 dengan perolehan poin 53. Mereka tertinggal jauh dari pemuncak klasemen Palmeiras dengan koleksi angka 70.

Yakob Sayuri sendiri dikabarkan pertandingan melawan Persita Tangerang merupakan laga terakhir bagi dirinya bersama dengan PSM Makassar.

Ia juga telah memberi kode salam perpisahan dengan memasang foto menunjukkan gestur meminta maaf kepada seluruh suporter PSM Makassar.

Profil Singkat Yakob Sayuri 

Pemain yang merupakan saudara kembar Yance Sayuri ini, saat ini tengah bermain untuk PSM Makasar sebagai Gelandang sayap.

Yakob Sayuri lahir pada 22 September 1997 serta  berasal dari Gugusan Pulau Yapen, Provinsi Papua, terlahir di daerah terpencil membuatnya tidak memiliki pengalaman sekolah sepakbola semasa kecil.

Debut sepakbolanya baru dimulai pada tahun 2017, ketika itu dirinya direkrut oleh Eduard Ivakdalam, mantan pemain timnas, setelah melihat kemampuannya dalam bermain bola di kampung halamannya.

Dirinya kemudian bermain untuk klub kasta ketiga Liga Indonesia Persewar Waropen.

Melihat potensi yang dimiliki oleh Yakob Pelatih Jacksen F.Tiago membawa nya ke Barito Putera untuk bermain selama beberapa musim.

Di  klub asal Kalimantan tersebut Yakob memainkan 25 kali pertandingan dengan menorehkan 2 gol untuk tim papan atas tersebut.

Penampilannya yang baik membuat dirinya dipanggil untuk membela timnas U-23 pada 2019 oleh Shin Tae-yong. 

Pada 2020 Yakob dikontrak oleh PSM Makassar setelah melihat performanya dalam bermain sepakbola.

Biodata Yakob Sayuri

Nama  : Yakob Sayuri
Tempat lahir : Kepulauan Yapen, Papua
Tanggal lahir : 9 September 1997
Tinggi badan : 168 cm 
Kewarganegaraan : Indonesia
Kaki : Kanan
Status aktif : 2017 - sekarang
Klub saat ini : PSM Makassar

Informasi karier : 
Persewar Waropen 2017
Persemi Mimiki 2018
Persewar Waropen 2019
Barito Putera 2019
PSM Makassar 2020

tim nasional
Indonesia U-23 2019
Indonesia 2021 - sekarang

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dua Pemain Muda Kandidat Kuat Pengganti Yakob Sayuri di PSM Makassar

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan