Iklan

Dipimpin Langsung Rektor, Uncapi Bone Serahkan Bantuan Palestina

timurkota.com_official
Jumat, Desember 29, 2023 | 2:48 PM WIB Last Updated 2023-12-29T07:48:06Z

Rektor Uncapi Bone didampingi Dosen, Staf dan perwakilan mahasiswa serahkan bantuan Palestina (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Universitas Cahaya Prima (Uncapi) Bone menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. 

Penyerahan bantuan tersebut dipimpin, Rektor Uncapi Bone, Prof DR Dra Hj A. Cahaya M.Si didampingi beberapa perwakilan dosen dan staf. 

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di kantor Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ). 

Bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil donasi seluruh mahasiswa, dosen dan Civitas Akademika Uncapi Bone.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi sesama muslim di Palestina," ungkap, Prof Dr Dra Hj A. Cahaya M.Si.

Ia berharap konflik segera berakhir agar tidak menimbulkan korban jiwa dari warga sipil.

"Kita juga berdoa, agar segera berakhir. Dan tidak ada lagi korban jiwa," tutupnya.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan bukti kepedulian Universitas Cahaya Prima Bone terhadap sesama manusia yang jadi korban perang.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina berupa perlengkapan rumah sakit dan obat-obatan senilai Rp 31,9 milyar. 

Pelepasan bantuan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (20/11).

“Alhamdulillah kembali lagi pada hari ini, kita akan mengirimkan bantuan untuk saudara-saudara kita di Gaza sebanyak 2 pesawat dan mengangkut sebesar 21 ton, berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit dan barang keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza,” kata Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo menyebut bahwa bantuan kemanusiaan tersebut tidak hanya bersumber dari pemerintah.

Namun juga dunia usaha dan masyarakat yang disalurkan melalui PT Paragon Technology dan Inovasi, Indonesian Humanitarian Alliance, Kita Bisa, Badan Amil Zakat Nasional, WeCare dan lain-lain.

Pengiriman bantuan akan dikirim dalam 2 kolter. Kloter pertama, bantuan dari masyarakat dan dunia usaha dibawa dengan pesawat kargo Bluebird, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Senin, 20 November 2023.

Kloter kedua bantuan, yang bersumber dari pemerintah akan dikirim menggunakan pesawat Lion Air tipe Airbus A 3330 Neo dari Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 21 November 2023 menuju Bandara El Erish, Mesir dan diteruskan ke Gaza.

“Semoga bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza. Saya tegaskan Bangsa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan Palestina,” tutur Presiden Joko Widodo.

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin yang turut mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara pelepasan menyebutkan bahwa dari total Rp 31,9 miliar bantuan kemanusiaan yang dikirimkan hari ini, sekitar Rp 18 miliar diantaranya dikelola oleh Kementerian Kesehatan.

Menkes mengungkapkan bahwa bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan oleh Kemenkes pada awalnya adalah alat-alat kesehatan rumah sakit berukuran besar untuk menunjang perawatan yang dibutuhkan disana.

Namun, mempertimbangkan situasi dan kondisi disana yang mengalami keterbatasan listrik sekaligus sekaligus hasil verifikasi barang permintaan yang dilakukan oleh tim UNRWA.

Bantuan logistik kesehatan adalah sebanyak 18 jenis obat-obatan dan 11 jenis alat kesehatan untuk kelengkapan di rumah sakit seperti stetoskop, tensimeter, jarum suntik, plaster, dan Barang Medis Habis Pakai dengan berat total bantuan + 3,3 ton (2.400 box).

“Bantuan yang dikelola (Kementerian Kesehatan) Rp 18 miliar, tadinya memang disiapkan untuk alat-alat Kesehatan di rumah sakit yang besar-besar, tetapi karena ada masalah listrik diganti jadi obat-obatan dan barang habis pakai seperti jarum suntik, kapas, alkohol, pembersih dan banyak obat-obatan, karena listriknya sudah susah disana,” kata Menkes Budi.

Pengiriman bantuan kemanusiaan hari ini merupakan bantuan tahap kedua yang dikirimkan pemerintah Indonesia kepada Palestina. 

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Gaza, Palestina pada Sabtu, 4 November 2023.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dipimpin Langsung Rektor, Uncapi Bone Serahkan Bantuan Palestina

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan