Iklan

Apes, Pencuri Kotak Amal Ditangkap dan Nyaris Babak Belur Diamuk Massa di Bone

timurkota.com_official
Kamis, Desember 07, 2023 | 10:59 AM WIB Last Updated 2023-12-07T04:04:00Z

Pelaku pencurian kotak amal diamankan polisi dari amukan massa (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Warga di Dusun Paroto, Desa Samaelo, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menangkap seorang pelaku pencuri kotak amal di salah satu masjid, Rabu (06/12/23)

Pelaku berinisial MA (18), ditemukan warga Saat tengah berupaya mencongkel kotak amal di dalam masjid. 

Melihat aktivitas mencurigakan tersebut warga kemudian berkumpul lalu mengamankan pelaku. Saat diamankan, MA sempat jadi bulan-bulanan warga yang kesal dengan aksinya.

Saksi mata bernama, Suryadi mengatakan, sebelum diamankan warga di sekitar lokasi telah curiga dengan gerak-gerik pelaku yang keluar masuk di halaman masjid. 

"Warga memang telah berjaga di sekitar masjid karena pelaku ini terlihat menunjukkan gerak-gerik mencurigakan. Apalagi selama ini kasus pencurian kotak amal marak terjadi," terangnya.

Suryadi melanjutkan, setelah diamankan pelaku mengakui perbuatannya dan warga juga menyita Barang bukti yang digunakan untuk mencongkel kotak amal yang tersimpan di dalam masjid.

"Pelaku ini kemungkinan profesional karena dia membawa alat khusus untuk mencongkel dan merusak kotak amal. Kami curiga dia sudah sering melakukan tindakan yang sama di tempat lain," tambahnya.

Warga lain bernama, Muhammad Ridwan membeberkan aksi pencurian akhir-akhir ini memang marak terjadi termasuk di poros Bone-Sinjai.

"Di kecamatan Cina juga ada saya dengar kasus yang sama cuman di sana pelakunya belum ditangkap. Pencurian kotak amal ini menjadi perhatian karena biasanya hampir sebagian kotak amal disimpan di dalam masjid sehingga memudahkan para pelaku beraksi," tukasnya.

Dirinya berharap, pelaku ditindak tegas dan diberi efek Jera agar tidak mengulangi lagi perbuatannya di kemudian hari.

"Jangan sampai mereka mencuri untuk membeli barang haram seperti sabu dan minuman keras," terangnya.

Kapolsek Barebbo, Ipda Dodie Ramaputra kepada awak media mengatakan, bahwa pihaknya telah mengamankan pelaku setelah di jadi bulan-bulanan masa.

"Ya betul, waktu kami dari bersilaturahmi di rumah warga Kanit SPK menerima informasi dari masyarakat bahwa ada terduga pencuri mereka amankan,"tukasnya.

Mantan Kanit ekonomi Polres Bone itu menambahkan, setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat ia langsung bergegas ke lokasi mengamankan pelaku.

"Dari hasil interogasi yang kami lakukan pelaku mengakui perbuatannya. Adapun barang bukti yang diamankan diantaranya, alat untuk mencongkel kotak amal sejumlah uang tunai dan juga kotak amal yang telah dirusak,"terangnya.

Pasca kejadian pelaku bersama barang bukti langsung diamalkan di Mapolsek Barebbo guna proses hukum lebih lanjut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apes, Pencuri Kotak Amal Ditangkap dan Nyaris Babak Belur Diamuk Massa di Bone

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan