Iklan

Gandeng IAIN Bone, Baznas Gelar Sosialisasi Zakat

timurkota.com_official
Sabtu, Oktober 28, 2023 | 12:11 PM WIB Last Updated 2023-10-28T05:11:55Z

Pimpinan Baznas Bone bersama petinggi IAIN Bone menggelar sosialisasi pentingnya zakat (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone kembali menggelar sosialisasi terkait kewajiban menunaikan zakat dengan menggandeng Kampus IAIN Bone. 

Dalam sosialisasi tersebut, Baznas memaparkan terkait dengan pentingnya zakat yang termasuk salah satu komponen dalam Rukun Islam, Sosialisasi tersebut digelar di Aula Utama Kampus IAIN Bone.

Zakat memiliki arti sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya, dan sebagian harta yang dikeluarkan tersebut berguna untuk mensucikan harta lainnya.

Sosialisasi zakat tersebut bertujuan untuk untuk meningkatkan kesadaran ber-zakat, Infaq, dan Sedekah serta membawa keberkahan dan kesejahteraan untuk masyarakat kaum Dhuafa yang ada di wilayah Kabupaten Bone.

Pemaparan dimulai dengan menjelaskan serba-serbi yang berhubungan dengan zakat seperti pengertian zakat itu sendiri, delapan golongan yang berhak menerima zakat, macam-macam zakat serta menjelaskan beberap program Baznas Kabupaten Bone.

Ketua Baznas Kabupaten Bone, Drs. H. Zainal Abidin juga mengucapkan terima kasih kepada IAIN Bone atas ruang untuk menyampaikan sosialisasi tentang pentingnya Zakat, 

"Serta kepada seluruh pihak-pihak yang selama ini telah membantu Baznas untuk mengentaskan dan menanggulangi permasalahan sosial," ujarnya.

Selain itu, juga berharap kepada semua pihak untuk mendukung Baznas dan memperkuat Zakat, Infak, dan Sedekah agar semakin banyak yang dapat disalurkan ke masyarakat.

"Kami berharap semoga IAIN Bone bisa mengumpulkan zakat melalu UPZ yang nantinya akan di SK-kan oleh BAZNAS Kabupaten Bone," terangnya.

Pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah melalui Baznas Kabupaten Bone bertanggung jawab secara resmi dan teraudit secara syariah maupun professional.

Sehingga Baznas Kabupaten Bone terus mendorong penguatan ZIS di wilayah Kabupaten Bone dengan tetap menekankan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI.

Melalui sosialisasi ini, Baznas Kabupaten Bone berharap dapat menjalin hubungan yang semakin dinamis dan positif bersama IAIN Bone agar pengelolaan zakat, infak, dan sedekah dapat semakin optimal.

Di hadiri oleh Rektor IAIN Bone, Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag serta Civitas Akademika, kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (28/10/2023). 

Acara sosialisasi tersebut dipimpin Ketua Baznas Kabupaten Bone, Drs. H. Zainal Abidin dan juga dihadiri para Komisioner Baznas Kabupaten Bone. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gandeng IAIN Bone, Baznas Gelar Sosialisasi Zakat

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan