Iklan

Pj Bupati Harap Outbond Forum Jurnalis Bone Lahirkan SDM Tanggap Bencana

tim redaksi timurkotacom
Rabu, September 27, 2023 | 5:49 PM WIB Last Updated 2023-09-27T10:49:31Z

Peserta Outbond berfoto bersama PJ Bupati Bone dan tamu undangan usai pembukaan (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Kegiatan Outbond yang digagas Forum Jurnalis Bone (FJB) mendapat apresiasi dari Penjabat (Pj) Bupati Bone, Drs H Andi Islamuddin MH. 

Mantan Sekda Kabupaten Bone ini berpandangan bahwa, jurnalis merupakan pekerja yang akan selalu bersentuhan dengan bencana. 

Mereka menjadi ujung tombak dalam memperoleh informasi di lokasi jika terjadi bencana alam. 

Olehnya itu kata dia kegiatan yang dilaksanakan FJB bersama BPBD Bone merupakan langkah strategis untuk menciptakan jurnalis yang tangguh dan tanggap bencana. 

Kegiatan yang dipusatkan di depan Kantor BPBD Bone, Rabu 27 September 2023. Dahadiri Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, perwakilan Kodim 1407/Bone, Kasat Intel Polres Bone mewakili Kapolres, perwakilan BPBD Bone.

Sementara itu peserta kurang lebih 30 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa organisasi wartawan yang ada di Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, Drs H Andi Islamuddin MH menekankan pentingnya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di semua bidang, termasuk kalangan jurnalis.

"Kegiatan akan sukses jika ada semangat disitu. Ada persatuan," katanya.

Menurutnya profesi jurnalis terkadang bersentuhan langsung dengan peliputan bencana. Olehnya itu, jurnalis perlu dibekali kemampuan dan skill dalam melakukan peliputan di area bencana.

"Saya dengan juga kegiatan ini menggunakan Anggaran yang bersumber dari APBD, jadi saya berharap ada output dari kegiatan ini sehingga anggaran yang dialokasikan bermanfaat," tukasnya.

Ketua panitia, Justang mengatakan, kegiatan kerjasama BPBD ini, bisa terselenggara berkat dukungan banyak pihak. Tak terkecuali dari kalangan Anggota DPRD Bone, Danyon Brimob, unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat.

"Kita sengaja menggelar kegiatan dalam rangka memberikan pemahaman, ilmu kepada teman-teman jurnalis terkait pentingnya penanganan bencana. Termasuk melatih skill teman-teman ketika nantinya melakukan peliputan di lokasi bencana," tukasnya.

Ketua FJB Bone, Ilham menambahkan,  dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam mempersiapkan para jurnalis lokal untuk menghadapi tantangan dan situasi bencana dengan lebih baik.

Penyematan baju peserta oleh Penjabat Bupati Bone kepada perwakilan jurnalis, Agustapa dan Suriani menandai dimulainya kegiatan outbond jurnalis tersebut.

Juga dilakukan praktek repling dan prusiking oleh para jurnalis sebagai peserta dengan pemateri dari satgas BPBD Bone. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj Bupati Harap Outbond Forum Jurnalis Bone Lahirkan SDM Tanggap Bencana

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }