Iklan

Termasuk Bernardo Tavares, Inilah Empat Pelatih Liga 1 yang 'Keroyok' Shin Tae-yong Terkait Kebijakan Pemanggilan Pemain Timnas U-20

timurkota.com_official
Kamis, Februari 09, 2023 | 12:56 PM WIB Last Updated 2023-02-09T05:56:16Z

Wiwink-Bola, Kamis 9 Februari 04:40 WIB

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares melayangkan kritik kebijakan Shin Tae-yong di Timnas U-20

TIMURKOTA.COM, JAKARTA- Kebijakan Shin Tae-yong akan menggelar pemusatan latihan selama satu bulan dalam rangka persiapan menghadapi Piala Asia mendapat kritikan dari sejumlah pelatih klub Liga 1 2022/2023.


Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan, ada pengalaman yang pernah dialami pemainnya saat mengikuti pemusatan latihan bersama timnas.

Bukannya meningkatkan performa, malah pemain seakan hilang sentuhan ketika diberi kepercayaan tampil.

"Pemain kami mengikuti pemusatan latihan, mereka tak mendapatkan menit bermain. Setelah kembali ke klub, pemain akan kehilangan sentuhan dan tertinggal dengan pemain lain," ungkapnya.

Bernardo Tavares melajutkan, pihaknya mengaku baru menemukan pemain diminta untuk bergabung dalam pemusatan latihan dengan jangka waktu yang lama.

"Sesuatu hal yang baru saya lihat sepanjang hidup saya. Pemain dipanggil berbulan-bulan, untuk mengikuti agenda training camp atau apa. Sepak bola manapun, di tempat saya sebelumnya tidak ada seperti ini," tutup dia.

Hal yang sama juga diungkapkan, Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. Ia menyebut pihaknya tak mendapat komunikasi dengan pelatih timnas terkait dengan pemanggilan pemain.

"Saya mengirim banyak pemain muda, akan tetapi tak pernah dihubungi. Tak ada yang mengatakan apapun. Ini tidak bagus, saya bekerja dibanyak negara di eropa, di Jerman. Namun ada komunikasi antara pelatih klub dan timnas," katanya.

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, juga mengeluhkan pemanggilan pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Menurut Luis Milla, seharusnya pemusatan latihan tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama.

"Memang menurut saya, ini agak terlalu lama. Akan tetapi, pelatih tim nasional membutuhkannya dan saya bisa memahami itu," ucap Luis Milla.

Tak hanya pelatih asing, kritikan juga datang dari pelatih lokal, Aji Santoso. Pria yang kini menukangi Persebaya Surabaya itu merasa dirugikan dengan banyaknya agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia di semua level.

Aji Santoso menilai, timnya tidak pernah full saat melakoni BRI Liga 1. Penyebabnya adalah keluar masuknya pemain yang mengikuti ageenda pemusatan latihan dari Shin Tae-yong.

"Tim saya ini mulai awal sampai pekan ke-12, baru sekali full team, yaitu saat melawan Arema. Sebelumnya, sama sekali tidak pernah full team," kata Aji Santoso pada medio Desember 2022.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Termasuk Bernardo Tavares, Inilah Empat Pelatih Liga 1 yang 'Keroyok' Shin Tae-yong Terkait Kebijakan Pemanggilan Pemain Timnas U-20

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan