timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Tiga Pemain Pengganti Yakob Sayuri Disiapkan Pelatih PSM di Tengah Isu Pindah ke Malaysia, PT LIB Bahas Jadwal Ulang Liga 1

Baca Juga

Wiwink-Daerah, Kamis 01 Desember 05:05 WIB

Bernardo Tavares memberi instruksi pemain dalam latihan rutin (foto instagram: @psm_makassar)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- PSSI bersama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus berkoordinasi dengan Polri, Kementerian PUPR untuk mempercepat proses verifikasi dua stadion yang menjadi kendala sehingga BRI Liga 1 2022 urung dilanjutkan.


Berdasarkan data yang diperoleh ada beberapa syarat harus terpenuhi dalam waktu dekat jika pihak PT LIB ingin betul-betul melanjutkan liga pada Desember 2022. 

Selain faktor stadion, ada beberapa hal lain yang berkaitan dengan Perpol khusus dari Kapolri terkait dengan mekanisme dan standar pengamanan baru pada pertandingan sepakbola.

Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 ini juga butuh sosialisasi baik kepada pemain, terhusus bagi kalangan suporter. Karena nantinya Perpol ini akan menerapkan sistem pengamanan sesuai dengan standar FIFA.

Pada Selasa 29 November 2022 pihak PSSI bersama dengan PT LIB dan Polri menggelar rapat terkait dengan wacana Liga 1 akan kembali digelar pada 2 Desember 2022. 

Namun dalam rapat tersebut diputuskan, bahwa liga belum dapat dilanjutkan dengan alasan masih ada dua stadion belum dilakukan verfikasi oleh lihak PUPR.

Dua stadion tersebut yakni Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion Moch Soebroto (Magelang) untuk diverifikasi.

“Banyak hal yang kami bicarakan, termasuk LIB sudah merancang jadwal awal sesuai dengan jadwal yang lalu yang pernah kami sampaikan kepada teman-teman semua. Namun harus ada pengujian kembali kaitannya dengan survei,” ujar Ferry Paulus kepada awak media di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Lebih lanjut, Ferry Paulus tetap optimistis kompetisi bisa bergulir tetap pada Desember 2022 ini meski tak bisa mulai 2 Desember mendatang.

“Kemudian kami juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat (Jawa Tengah dan Yogyakarta), itu yang harus kami lalui. Jika itu sudah maka baru akan ada kepastian kapan kick-off,” ucapnya.

Meski masih mengejar banyak kekurangan, Ferry Paulus tetap menargetkan putaran babak pertama bisa kelar pada Desember 2022.

Hingga kompetisi terhenti, Liga 1 baru hanya menyelesaikan 11 pekan dan masih menyisakan enam pekan untuk putaran pertama.

Ferry Paulus optimistis karena Polri menyambut baik rencana ini dan PT LIB juga menyepakati bakal mematuhi peraturan ketat agar kejadian seperti Tragedi Kanjuruhan tak terulang lagi.

“LIB optimistis lanjutan Liga 1 bisa mulai tahun ini tinggal kick-off-nya kapan akan dimulai yang akan ditentukan. Jika melihat tahapan dan sambutan kepolisian, rasanya akan memungkinkan kick-off tahun ini.” tutup dia.

Sementara itu Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares memanggil pemain baru di tengah isu Yakob Sayuri tengah didekati klub Kuala Lumpur City.

Ada pemain Mulfi Hidayat yang berasal dari akademi Pasukan Ramang. Selain itu Rizky Eka Pratama bersama Victor Jonson mendapat kesempatan mengisi pos yang ditinggal Yakob Sayuri.

Munculnya tiga pemain pengganti tersebut bukan hanya karena Yakob diisukan ke klub Malaysia. Juga karena pemain nomor punggung 22 itu harus meninggalkan latihan dan bergabung ke Timnas Indonesia persiapan hadapi Piala AFF 2022.

Dirumorkan ke Kuala Lumpur City

Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri kembali diisukan segera bergabung dengan klub Kuala Lumpur City. Berdasar pada rumor yang berkembang nilai pasar Yakob mencapai 3,4 Miliar.

Jika merilis situs transfermarkt.co.id kontrak Yakob Sayuri bersama PSM Makassar akan berakhir pada 1 Februari 2023 mendatang. 

Jika tak segera diperpanjang maka kemungkinan besar kakak kembari dari Yance Sayuri ini akan didapatkan Kuala Lumpur City secara cuma-cuma.

Menurut sumber yang diperoleh media ini, Pelatih Kepala Kuala Lumpur City, Bojan Hodak ingin mendaratkan Yakob Sayuri ke negeri Jiran lantaran sudah mengetahui kualitas dan kemampuan sang pemain.

Sekadar diketahui, Bojan Hodak merupakan mantan pelatih PSM Makassar yang telah memberi ruang kepada Yakob untuk bermain sebagai starter selama menukangi Pasukan Ramang.

Sebelumnya, sejumlah media lokal Malaysia melaporkan ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang menjadi buruan utama klub Negeri Jiran.

Yakob Sayuri kabarnya tengah didekati oleh manajemen Kuala Lumpur City.

Mereka kabarnya tengah menunggu bursa trasfer gelombang kedua di Liga 1 2022 dibuka. Sedikitnya ada tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam bidikan klub Malaysia.

Diantaranya, Ricky Kambuaya yang diminati klub Terengganu FC. Kabarnya mereka tertarik mendatangkan gelandang Persib Bandung itu untuk mengisi slot AFC.

Meski belum ada informasi dan penawaran secara resmi oleh kedua klub. Namun informasi yang berkembang manajemen Terengganu serius ingin memakai tenaga Kambuaya.

Jika Kambuaya bersedia mereka akan menyiapkan kontrak dua kali lipat dari kontrak sang pemain di Persib Bandung. Pihak Terengganu kepincut dengan penampilan Kambuaya bersama timnas Indonesia.

Selanjutnya, ada winger PSM Makassar Yakob Sayuri. Pemain asal Papua ini kabarnya tengah didekati Kuala Lumpur City.

Penampilan gemilang Yakob saat bermain satu grup hingga final AFC Zona ASEAN membuat manajemen Kuala Lumpur tertarik.

Selain itu, sosok Bojan Hodak yang merupakan mantan pelatih PSM Makassar yang kini menjabat arsitek Kuala Lumpur juga turut berpengaruh.

Informasi yang berkembang menyebutkan, saat ini rumor sedang berhembus dari klub-klub Negeri Jiran di bursa transfer. Salah satunya para pemain asal Indonesia.

Pemain yang dirumorkan sedang diincar oleh klub Malaysia adalah Gelandang Timnas Indonesia Kambuaya diincar Terengganu FC, Dimas Drajad diminati Selangor FC & Winger PSM Makassar, Yakob Sayuri yang diminati Kuala Lumpur City FC

Rumor ini muncul dari cuitan Twitter @indostransfer, salah satu akun yang sering mengabarkan rumor transfer pemain

“Rumor! Runner-up MSL 2022, Terengganu FC, dikabarkan tertarik dengan gelandang Persib dan timnas Indonesia, Ricky Kambuaya,” tulis Indostransfer, Rabu (26/10/22).

Informasi tersebut masih rumor pasalnya fakta yang ada kompetisi berlum selesai ditambah lagi masa trensfer belum dibukan.

Terkait hal tersebut, setelah dilakukan penelusuran terungkap masih sebatas rumor.

"Untuk perpindahan pemain hanya sebatas rumor," ungkap Bernardo Tavares pelatih PSM Makassar belum lama ini menanggapi adanya beberapa pemain dirumorkan pindah termasuk Ramadhan Sananta dan Yakob Sayuri.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close