timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Liga 1 Resmi Dilanjutkan 5 Desember, PSM Makassar Ketiban Durian Runtuh Jelang Lawan Barito Putera

Baca Juga

Wiwink-Bola, Sabtu 3 Desember 08:31 WIB

Tim PSM Makassar mengikuti latihan rutin sebelum bertolak ke Yogyakarta

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Kepolisian Republik Indonesia telah mengeluarkan surat izin keramaian terkait dengan penyelenggaraan kelanjutan BRI Liga 1 2022 dengan sistem Bubble dan tanpa penonton.


Dari surat rekomendasi yang dikeluarkan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kick off pertandingan perdana akan dilangsungkan pada Senin (05/12/22) mendatang.

Mesji jadwal pertandingan belum dirilis. Namun dari sumber yang ada, tiga pertandingan tunda akan menjadi prioritas, diantaranya PSM Makassar melawan Barito Putera.

Penundaan pertandingan pada pekan awal putaran Pertama BRI Liga 1 disebabkan PSM Makassar harus bertanding di Piala AFC Zona ASEAN. 

Dengan bertanding melawan Barito Putera di laga pembuka kelanjutan BRI Liga 1 2022 menjadi keuntungan tersendiri bagi Pasukan Ramang.

Pasalnya, kapten tim Wiljan Pluim yang sebelumnya terkena hukuman larangan bertanding khusus melawan Berito Putera tetap diizinkan bermain.

Pasalnya laga tunda ini harusnya telah dilangsungkan sebelum Pluim menerima hukuman larangan bertanding selama lima pertandingan.

"Dari segi kesiapan, semua pemain sudah siap untuk dimainkan. Kami sudah tidak sabar untuk kembali berkompetisi, meski berharap disaksikan penonton namun tetap kami ikut dengan keputusan federasi," ungkap, Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Diberitakan sebelumnya, Setelah PT Liga Indonesia Baru menerima surat izin lanjutan BRI Liga 1 2022 dari Mabes Polri, maka secara otomatis liga akan kembali dilanjutkan mulai Senin (05/12/22).

Dalam lanjutan, pertandingan Barito Putera melawan PSM Makassar yang merupakan partai tunda akan langsung dimaikan. 

PT LIB akan merujuk pada jadwal awal pasalnya, semua pertandingan yang tertunda pasca kerusuhan di Kanjuruhan Malang akan digelar dengan terget putaran 1 BRI Liga 1 2022 tuntas sebelum memasuki Januari 2023.

Dengan demikian, maka hampir dipastikan pertandingan tunda antara PSM Makassar melawan Barito Putera akan digelar pekan depan. 

Menanggapi kelanjutan BRI Liga 1 melawan PSM Makassar, pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves mengatakan, timnya telah dua pekan melakukan TC di Bantul untuk beradaptasi dengan cuaca sekaligus meningkatkan performa tim.

"Saya akui ada hikmah dari berhentinya Liga 1. Saya jadi memiliki waktu yang sangat baik untuk mengetahui para pemain di sini dan mencoba memahami potensi yang ada pada diri mereka," ujarnya.  

Setelah melakukan pengamatan yang cukup lama, Rodney Goncalves yakin Barito Puteta punya potensi yang lebih baik daripada sekadar menghuni peringkat ke-17 klasemen sementara. 

Melawan PSM Makassar di pekan perdana saat Liga 1 dilanjut, Rodney berharap timnya akan membaik dan langsung menghasilkan poin maksimal untuk mendapatkan posisi lebih baik di klasemen sementara.

"Tentunya kami siap menghadapi pertandingan dan meraih poin penuh untuk tim." Tukas dia.

Namun dengan rentetan hasil buruk yang diperoleh Barito Putera dalam sepuluh laga terakhir, upaya memaksimalkan potensi pemain disebut akan terkendala.  

"Saya percaya bahwa para pemain secara fisik dan teknik berada dalam kondisi yang bagus. Tetapi secara psikologis saya tidak bisa mengatakan apa pun," tuturnya. 

Selama jeda Liga 1, banyak hal dilakukan Rodney Goncalves untuk membenahi tim asuhannya, terutama menjaga kondisi fisik pemain.

Barito Putera sempat melakukan pemusatan latihan di Jawa selama kurang lebih dua minggu. Bahkan, untuk menyongsong lanjutan Liga 1, saat ini mereka juga sudah tiba di Yogyakarta untuk latihan sekaligus aklimatisasi lingkungan. 

"Kami selama ini hanya menjaga sesi latihan kami tetap berjalan. Kami menggunakan waktu yang ada untuk coba mengembangkan ide bermain dan melakukan beberapa penyesuaian," ujar eks pelatih Timnas El Savador U-20 itu.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close