Iklan

Komdis PSSI Sanksi Bernardo Tavares, Ini Sosok Pelatih yang Gantikan Posisinya di PSM Lawan Persita Tangerang

timurkota.com_official
Rabu, Desember 07, 2022 | 4:23 PM WIB Last Updated 2022-12-07T09:23:07Z

Wiwink-Bola, Rabu 7 Desember 16:11 WIB

Paulo Renato Goncalves Duarte 

TIMURKOTA.COM, YOGYAKARTA- PSM Makassar dipastikan akan kehilangan pelatih Bernardo Tavares saat melawan Persita Tangerang dalam lanjutan BRI Liga 1 2022 pekan ke-13 di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis (08/12/22).


Sebagai gantinya, manajemen PSM Makassar mempercayakan kepada 

Asisten pelatih PSM Makassar Paulo Renato Goncalves Duarte untuk mendampingi tim. Paulo Duarte telah prematch konferensi pers.

Paulo menekankan kepada para pemain untuk menjaga semangat kebersamaan untuk menghadapi salah satu partai penting bagi timnya. 

"Saya mau sampaikan bahwa di klub ini kita seperti keluarga. Bekerja bersama-sama dalam keadaan menang maupun kalah," ungkapnya.

Pelatih Kepala Bernardo Tavares terkena akumulasi kartu kuning sehingga ia tak diperbolehkan mendampingi tim PSM Makassar saat menghadapi Persita Tangerang.

Dengan begitu, Bernardo Tavares telah mengantongi dua kartu kuning. Sebelumnya pelatih berusia 43 tahun ini menerima kartu kuning saat PSM Makassar mengalahkan Arema FC di Stadion BJ Habibie, Parepare pada Sabtu (20/8/2022).

Jika merujuk pada Pasal 57 Ayat 2 Regulasi Liga 1 2022-2023 dijelaskan, official yang memperoleh akumulasi dua kartu kuning dalam dua pertandingan berbeda selama berlangsungnya Liga 1 tidak diperkenankan mendampingi satu kali pertandingan.

Ofisial yang memperoleh akumulasi di kartu kuning dalam dua pertandingan yang berbeda selama berlangsungnya BRI Liga 1, tidak diperkenankan untuk mendampingi satu kali pertandingan pada pertandingan berikutnya setelah akumulasi tersebut tercapai. 

"Aturan ini juga berlaku untuk kelipatan berikutnya (keempat, keenam, kedelapan, dan seterusnya)," tulis regulasi tersebut.

Pada pasal tersebut dijelaskan beberapa bagian yang masuk dalam kategori official diantaranya,manajer tim, pelatih kepala, asisten pelatih, tim media officer dan dokter tim.

Menanggapi kartu kuning bagi dirinya, Bernardo Tavares menilai wasit terlalu muda menghukum dan mengeluarkan kartu kuning buat PSM Makassar. 

"Saya menilai wasit terlalu muda memberi kartu kuning kepada pelatih. Saya dalam memberi instruksi di luar lapangan punya emosi. Perasaan tentu harus berikan instruksi berekspresi," tukasnya.

Ia melanjutkan, tak ada kata-kata kasar dan tindakan lain kepada pengadil lapangan. Bernardo hanya menyampaikan kritikan lantaran beberapa insiden pelanggaran keras terhadap pemainnya namun luput dari hukuman kartu buat lawan.

"Saya tahu dan berekspresi terhadap aturan saya tahu. Misalnya teknis aturan tekel, ini bisa dikartu dan itu tidak. Inilah yang membuat saya berekspresi," tutup dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komdis PSSI Sanksi Bernardo Tavares, Ini Sosok Pelatih yang Gantikan Posisinya di PSM Lawan Persita Tangerang

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan