Iklan

Derbi Jatim, Arema Vs Madura Tentukan Nasib PSM, Simak Alasannya Berikut Ini...

timurkota.com_official
Selasa, Desember 20, 2022 | 5:35 AM WIB Last Updated 2022-12-19T22:44:56Z

Wiwink-Bola, Selasa 20 Desember 20:09 WIB 

Kenzo Nambu bersama pemain PSM Makassar merayakan gol ke gawang PSIS Semarang (foto: instagram @psm_makassar)


TIMURKOTA.COM, YOGYAKARTA- Arema FC akan menghadapi Madura United pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2022. 


Laga ini menjadi penting karena selain akan berpengaruh bagi Singo Edan, juga akan menjadi penentu pemuncak klasemen sementara di BRI Liga 1 2022.

Madura United saat ini berada di posisi ke empat klasemen sementara dengan berhasil mengumpulkan poin 29 dari 15 kali bertanding. 

Jika Madura memenangkan pertandingan, maka mereka menyamai poin pemuncak klasemen sementara PSM Makassar.

Di sisi lain, Arema FC tengah tengah berburu poin. Mereka telah mengoleksi 26 angka, jika pundi-pundi poin bertambah maka tim Singo Edan akan menggeser Madura di posisi empat besar.

Arema FC saat ini dalam keadaan siap tempur. Berbekal kemenangan dalam beberapa laga terakhir, Evan Dimas dkk mulai menatap panasnya persaingan di papan atas BRI Liga 1 musim ini.

Bahkan Arema FC berhasil mengarungi empat laga sistem bubble dengan kemenangan beruntun.

Pada laga terakhir, Arema FC berhasil menang tipis dengan skor 1-0 atas Persikabo 1973.

Kemenangan tersebut membuat Arema FC semakin mendekati papan atas dengan catatan 26 poin, selisih empat poin saja dari puncak klasemen.

Sementara itu, Madura United berhasil memberikan PSM Makassar kekalahan perdana dengan skor 1-0.

Madura United berhasil memperpendek jarak menuju puncak klasemen dengan mencatat 29 poin atau satu poin saja dari Borneo FC dan Bali United dengan catatan 30 poin.

PSM Puncaki Klasemesen Sementara 

PSM Makassar mampu memenangkan pertandingan melawan PSIS Semarang pada pekan ke-15 BRI Liga 1 dengan skor 2-0 di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, Senin (19/12/22) Pukul 18.00 WIB.

Dua gol kemenangan PSM Makassar diborong pemain asal Jepang, Kenzo Nambu pada menit ke-6 dan 90. 

Usai pertandingan Ian Andrew Gillian menyoroti kinerja wasit atas terjadinya beberapa insiden pelanggaran yang dianggap merugikan timnya.

Ia juga menilai Pemain PSM Makassar berupaya mengulur-ulur waktu setelah unggul pada babak kedua. Ia juga menilai dari segi permainan timnya unggul atas lawan.

"Pertandingan yang sangat berat, ditambah dengan pelanggaran keras yang luput dari wasit. Anda sendiri melihat tadi pemain lawan banyak mengulur-ulur waktu setelah unggul," ungkap usai pertandingan. 

Jalannya Pertandingan:

PSM Makassar mengambil inisiatif serangan sejak babak pertama di mulai. Wiljan Pluim dkk mampu menciptakan beberapa peluang melalui kombinasi sayap, Muhammad Dzaky dengan Everton Nascimento.

Namun pada menit ke-5, PSIS Semarang menciptakan peluang emas melalui sepakan keras Wawan Febrianto. Tendangan pemain berposisi sebagai winger kanan itu menerpa mistar gawang PSM Makassar yang dijaga Reza Arya Pratama.

Satu menit kemudian PSM Makassar justru berpesta lebih duluan. Melalui sepakan pojok Yance Sayuri melambungkan bola masuk ke area kotak penalti.

Kenzo Nambu kemudian mencocor bola hinga masuk ke gawang lawan. Skor 1-0 pun untuk keunggulan PSM Makassar pada menit ke-6 babak pertama.

Pada menit ke-20, Tiase Marukawa nyaris menyamakan kedudukan melalui sontekan keras di dalam kotak penalti. Tendangan keras pemain asal jepang itu berhasil ditepis Reza Arya Pratama.

Jelang babak pertama usai, PSM Makassar melancarkan serangan cepat yang dimotori Everton Nascimento. Pemain nomor punggung 10 itu mampu melewati dua bek lawan.

Namun saat mendekati kotak penalti, ia terjartuh setelah kaosnya ditarik dari belakang oleh Wahyu Prasteyo. Ini sekaligus menjadi peluang terakhir dalam laga babak pertama. Alhasil skor 1-0 untuk keunggulan PSM Makassar hingga turun minum.

Babak kedua dimulai tanpa ada perubahan komposisi pemain dari dua tim. PSM Makassar masih mengandalkan pemain cepat Muhammad Dzaky dan Kenzo Nambu dari sektor sayap lawan.

Menit ke-90 PSM Makassar kembali menambah keunggulan, Kenzo Nambu kembali mencetak gol indah melalui sepakan keras terukur di luar kotak penalti.

Hingga  wasit Dwi Susilo, meniup pluit panjang tanda pertandingan berakhir. PSM Makassar mampu mempertahankan kemenangan 2-0 atas PSIS Semarang.

Kemenangan ini membawa PSM Makassar kepuncak klasemen sementara dengan raihan poin 32.

Simak di sini: Kata Pelatih PSM Makassar Usai Kalahkan PSIS Semarang

Susunan Pemain PSM Makassar Vs PSIS Semarang

PSM Makassar (3-5-2), Reza Arya Pratama; Agung Mannan, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, M Arfan, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Dzaky Asraf; Wiljan Pluim (C), Everton Nascimento

Pelatih: Bernardo Tavares

PSIS Semarang (4-3-3), Wahyu Tri Nugroho; Taufik Hidayat, Alie Sesai, Ryan Ardiansyah, Wahyu Prasetyo (C); Delfin Rumbino, Fredyan Wahyu, Wawan Febrianto; Jonathan Cantillana Taisei Marukawa, Carlos Fortes

Pelatih: Ian Andrew Gillan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Derbi Jatim, Arema Vs Madura Tentukan Nasib PSM, Simak Alasannya Berikut Ini...

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan