timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

5 Fakta Unik Timnas Inggris Usai Kalahkan Senegal: Kuda Hitam Makin Disematkan, Ditunggu Francis di Babak 8 Besar

Baca Juga

Wiwink-Bola, Senin 5 Desember 03:42 WIB

Pemain timnas inggris merayakan gol yang mereka persembahkan untuk tim pada Piala Dunia 2022 Qatar

TIMURKOTA.COM, QATAR- Timnas Inggris sejak awal digadang-gadang bakal jadi tim kuda hitam dalam pergelaran Piala Dunia Qatar 2022.


Bermodalkan mayoritas pemain muda tim ini layak dikedepankan dalam hal perebutan juara pada ajang empat tahunan itu.

Kini,  Harry Kane dkk berhasil menembus babak perempat final usai mengalahkan Senegal pada 16 besar.  Tiga gol The Three Lions diciptakan J. Handerson pada menit ke-38, H. Kane dan Saka masing-masing menit 45+3, 57.

Senegal tak mampu memanfaatkan peluang hingga mereka harus mengakui keunggulan lawan sekaligus mengakhiri perjalanan mereka di Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam sejarah Piala Dunia, Inggris hanya satu kali berhasil masuk ke babak final Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1966 di Inggris, timnas Inggris masuk ke babak final dan berhasil meraih gelar juara. Inilah gelar juara Piala Dunia Pertama bagi Inggris. Prestasi ini sampai kini masih sulit untuk diulang kembali.

Three Lions julukan bagi Timnas Inggris. Setelah meraih gelar juara Piala Dunia pada 1966, Three Lions baru dua kali berhasil sampai ke babak semifinal Piala Dunia. Di tahun-tahun berikutnya, prestasi Timnas Inggris paling puncak adalah babak semifiinal pada Piala Dunia 1990 (Italia) dan Piala Dunia 2018 (Rusia).


Berikut beberapa fakta terkait dengan timnas Inggris di Piala Dunia Qatar 2022:

Sempat Tak Punya Stadion

Dari saat tim Inggris terbentuk pada 1870 hingga 1923, mereka tak memiliki stadion rumah atau tempat latihan sendiri. Bahkan setelah Inggris bergabung dengan FIFA pada 1906, mereka belum punya stadion rumah sendiri. Baru 17 tahun kemudian (1923), berdirilah Stadion Wembley yang menjadi ‘home pitch’ klub. Wembley tetap menjadi stadion rumah Inggris hingga hari ini.

Makna ‘Three Lions’

Sejak Piala Dunia dimulai (1950), Inggris hanya gagal lolos tiga kali. Pertama pada 1974, tim Inggris dikalahkan Polandia. Kegagalan kedua terjadi empat tahun kemudian (1978), Inggris dikalahkan Italia. Terakhir pada 1994, giliran Belanda kalahkan Inggris. Nah, Three Lions merujuk pada tiga kegagalan yang dialami timnas Inggris di Piala Dunia.

Kandidat ‘Golden Boot’

Saat ini, kapten Inggris Harry Kane disebut sebagai salah satu pesaing utama untuk penghargaan the Cup’s Golden Boot award. Kane telah mencetak enam gol sepanjang turnamen yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak turnamen.

Gak aneh bila Kane akan jadi pemain hebat. Sekolah Kane sama dengan David Beckham yaitu Chingford Foundation School di London Borough of Waltham Forest.

Pelatih yang Tampil Rapi

Mantan pemain Inggris, Gareth Southgate, mungkin bukan nama yang paling dikenal dalam permainan ini. Tapi ia memimpin tim Inggris ke puncak grup di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Yang unik dari pelatih Gareth Southgate adalah manajer berpakaian terbaik di Piala Dunia. Gimana nggak, selama timnya bertanding, Gareth Selalu terlihat memakai setelan celana, rompi, dan dasi merah, putih, dan biru. Southgate baru-baru ini menjadi subjek dari meme ‘It’s coming home’. Sebelum melatih tim nasional, ia menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai pemain Aston Villa dan melatih timnas Inggris U-21.

Timnas Populer

Karena meningkatnya liputan televisi pada tahun 1960-an, permainan sepakbola di Inggris menjadi lebih populer dari sebelumnya. Bahkan para pemain sepakbola ini dapat ikut mengiklankan penerbangan komersial dan mendapat fasilitas lebih baik.

Tahun 1960-an, bisa dibilang, jadi masa kejayaan timnas Inggris. Pada tahun 1966 mereka mencapai puncak kesuksesan dengan memenangkan Piala Dunia dan konsisten bermain setiap empat tahun.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close