timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Saatnya Bernardo Tavares Menguji Skema Berbeda dengan 2 Striker & Kans PSM Datangkan Eks Pilar Timnas

Baca Juga

Wiwink-Bola, Jumat 21 Oktober 2022 18:31 WIB

Lini depan PSM Makassar akan berwarna jika Zulham bergabung


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares harus menemukan formula berbeda dari sekema paten yang selama ini diterapkan sepanjang 11 pekan mengarungi BRI Liga 1 2022.


Perubahan, tersebut diharapkan akan makin mempertajam lini depan PSM Makassar yang sampai saat ini masih kalah produktif dari pemain berposisi winger seperti Yakob Sayuri.

Dari laga yang dilakoni Bernardo Tavares kerap memainkan formasi 3-4-2-1 atau 3-4-3. Dengan memposisikan Everton Nascimento sebagai target man, kemudian memasang Wiljan Pluim atau Kenzo Nambu sebagai second striker.

Skema yang diterapkan, Bernardo Tavares hingga saat ini memang efektif. Termasuk lebih produktifnya pemain dari sisi sayap. 

Pada saat BRI Liga 1 2022 dilanjutkan. Bernardo Tavares didorong untuk mencoba skema 4-4-2 dengan menduetkan Everton Nascimento berpasangan dengan Donald Bissa.

Duet Donald Bissa dan Everton dinilai cocok. Pasalnya Donald bisa dipasang diarea kotak penalti lawan sebagai eksekutor sementara Everton merupakan striker agresif dan punya kemampuan membua ruang serta sebagai pemantul bola. 

Sebetulnya PSM Makassar memiliki striker muda, Ramadhan Sananta. Namun ia sering diturunkan mengambil alih posisi Everton jika absen.

Sekema Bernardo Tavares akan lebih sempurna ketika, Zulham Zamrun bergabung pada putaran ke dua BRI Liga 1 2022.

Selain punya akurasi tembakan akurat, Zulham juga dikenal punya kemampuan dalam memberi assist buat striker utama. Ia bisa saja akan menjadi pelayan bagi Everton Nascimento di depan gawang.

Ketajaman Zulham telah dibuktikan dengan top skorer Piala Indonesia dengan torehan 10 gol. Saat itu ia juga membawa PSM Makassar menjuarai Piala Indonesia edisi 2019 dengan mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0.

Seperti diketahui, PSM Makassar akan kembali memulai latihan rutin pada awal November pasca pemain diliburkan selama 19 hari.

Latihan perdana nanti pasca libur menjadi momen dibukanya jendela bursa transfer BRI Liga 1 2022 gelombang ke dua yang akan berlangsung selama dua bulan yakni November sampai akhir Desember 2022.

Ada beberapa tim mulai mendatangkan pemain sejak dini. Salah satunya PSIS Semarang yang mendatangkan salah seorang pemain asing Duje Javorcic berposisi sebagai gelandang. 

Pemain berusia 22 tahun itu bisa dikatakan cukup mentereng. Duje Javorcic tercatat pernah tergabung dengan klub asal Italia, Lazio U-19.

Selain itu, Duje Javorcic juga sempat membela timnas U-19 Kroasia.

Klub lain yang telah melakukan pembenahan adalah PSS Sleman. Mereka telah mengevaluasi tim secara menyeluruh dan hasilnya diputuskan mantan striker timnas Indonesia, Boaz Solossa dipinjamkan ke Persipura Jayapura yang saat ini sementara berlaga di Liga 2.

Sementara itu, tim lain yang telah mengindikasikan akan melalukan penambahan pemain pada bursa transfer nanti adalah PSM Makassar. 

Tim Pasukan Ramang kemungkinan akan langsung kedatangan pemain baru saat tim kembali memulai latihan perdana nanti.

Hanya saja status pemain yang dimaksud kemungkinan masih sebatas trial. Jika dianggap cocok dengan formasi pelatih maka akan disodorkan kontrak.

Hingga saat ini sedikitnya ada tiga pemain liga 2 yang berpeluang naik kelas ke PSM Makassar pada putaran ke dua BRI Liga 1 2022 nanti.

Tiga pemain tersebut adalah Rama Rumakiek, M Tahir keduanya merupakan pemain Persipura Jayapura serta striker Persela Lamongan, Zulham Zamrun.

Terkhusus Zulham Zamrun, ia merupakan salah satu pemain yang kemungkinan akan kembali berkostum PSM Makassar yakni Zulham Zamrun. 

Mantan top skor dan pemain terbaik Piala Indonesia bersama PSM Makassar itu kembali dikaitkan dengan Pasukan Ramang.

Penampilannya yang gemilang di Liga 2 bersama dengan Persela Lamongan menjadikan Zulham kembali menyita perhatian. Dalam tujuh laga dilalui ia telah mencetak enam gol dan satu assist.

Menarik ditunggu, siapakah wajah-wajah baru yang akan bergabung dalam latihan perdana PSM Makassar pasca libur. Kemudian pemain lama, kemungkinan juga akan ada yang tidak muncul lagi dalam latihan.

CEO PSM Makassar, Sadikin Aksa mengatakan terkait dengan pemain baru pihaknya telah melakukan komuniasi dengan tim pelatih.

"Komunikasi dengan pelatih terus jalan. Tentunya semua usulan kami akan tindaklanjuti. Terkait bisa tidaknya pemain didatangkan, kita lihat nanti," tegas dia.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close