timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

ODGJ Perusak Mobil Masih Berkeliaran. Plt Kadinsos Bone 'Prank' Warga, Sebut Sudah Dibawa ke RS Dadi

Baca Juga

Wiwink-Daerah, Minggu 16 Oktober 2022 10:01 WIB

ODGJ pelaku pengerusakan mobil masih berkeliaran


TIMURKOTA.COM, BONE- Keresahan masyarakat Kota Watampone pasca viralnya video diduga Orang Dalam Ganguan Jiwa (ODGJ) melakukan pengerusakan mobil Rash milik seorang guru bernama, Mubarak di Jl Hos Cokro Aminoto ditanggapi Dinas Sosial Kabupaten Bone.


Pihak Dinsos Kabupaten Bone akan membawa pelaku ke RS Dadi Makassar pada Hari ini, Kamis 13 Oktober 2022.

Plt Dinas Sosial Kabupaten Bone, Khalil mengatakan terkait dengan masalah tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak keluarga pelaku.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak keluarga yang disebut sebagai ODGJ. Mereka sepakat untuk dilakukan penanganan dan hari ini juga akan dibawa ke RS Dadi Makassar," ungkapnya.

Terkait dengan ODGJ yang banyak dileluhkan  warga, dirinya melakukan koordinasi dengan semua unsur yang juga memiliki tugas dan fungsi melakukan penangan.

"Kami koordinasi dengan dinas kesehatan, kemudian tentunya Satpol PP juga. Jadi penanganan ini memang lintas sektor," imbuhnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, drg Yusuf Tolo kepada awak media mengatakan, permasalahan yang ada dalam video viral tersebut. Tak serta merta dapat divonis sebagai penyandang ODGJ.

"Untuk memvonis orang dalam gangguan jiwa perlu ada observasi dan asesmen yang dilakukan oleh dokter ahli," tukasnya.

Menurutnya, ada pun orang yang memang telah memiliki riwayat sebelumnya maka tak perlu lagi dilakukan observasi.

"Kalau ancaman keamanan tentu ada petugas dari TNI dan Satpol PP. Terkait kesehatan ada kami. Penanganan lain seperti menggelandang ada pihak Dinsos," tukas dia menjelaskan.

Namun pernyataan di atas tak lebih dari Prank. Pasalnya pada Sabtu (15/10/22) malam, ODGJ tersebut terpantau masih berkeliaran di dalam Kota Watampone.

"Tabe kepada bakap Plt Kadinsos, mohon dibuktikan kata-katanya pak. Kemarin bapak bilang sudah dibawa ke Makassar tapi kok malamnya masih ada berkeliaran." Kata seorang warga Jumardi.

Jumardi melanjutkan, dengan kondisi seperti itu masyarakat makin resah. Ia memastikan ODGJ yang berkeliaran merupakan orang sama dengan pelaku pengerusakan mobil.

"Kita tidak tau siapa mau dipercaya. Kalau ada yang dirusaki maka bapak Plt kadis harus tanggungjawab. Soalnya warga sudah tenang-tenang, tapi nyatanya malah masih ada," tutupnya.

Plt Kadis, Khalil yang hendak dikonfirmasi ulang terkait dengan berkeliarannya ODGJ itu belum berhasil.

Sebelumnya dalam video yang beredar di medis sosial, seorang pria yang diduga mengalami gangguan kejiwaan merusak mobil parkir di Jl Hos Cokro Aminoto, Kota Watampone, Rabu (12/10/2022)

Pria yang tak mengenakan baju itu terlihat beberapa kali menendang bagian belakang mobil hingga mengalami kerusakan.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close