timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Lagi Garuda Diremehkan, Pakar Malaysia Sebut Indonesia Tak Selevel Timnya, Hanya 3 Negara Bakal Beri Tantangan di Piala AFF 2022

Baca Juga

Wiwink-Bola, Senin 31 Oktober 2022 04:37 WIB

Timnas Indonesia lawan Malaysia pada Piala AFF 2020


TIMURKOTA.COM, JAKARTA- Malaysia dikenal memiliki suporter dan penggemar yang kerap melakukan peran urat syaraf ke tim lain.


Terlebih lagi kepada Indonesia yang mereka anggap sebagai musuh bebuyutan di setiap kompetisi yang diikuti. Piala AFF 2022 baru akan berlangsung lada Desember 2022 mendatang.

Namun pihak Malaysia telah melayangkan peran urat syaraf sejak dini. Mereka bahkan sama sekali tak menganggap Indonesia sebagai lawan sepadan dengan timnya.

Hal itu disampaikan oleh Pakar sepak bola asal Malaysia, Asmawi Bakiri kepada awak media. Pada Piala AFF 2022 ia menyebut hanya tiga negara yang berpotensi memberi perlawanan kepada timnya.

Ia menyebut Timnas Malaysia, yang terakhir kali menjadi juara pada edisi 2010 usai mengalahkan Timnas Indonesia. Mereka akan mengulang kesuksesan tersebut.

Piala AFF edisi tahun ini akan menjadi ujian selanjutnya bagi Kim Pan-gon setelah membawa Timnas Malaysia lolos ke Piala Asia 2023.

"Ekspektasi kali ini cukup berbeda ketika pelatih asing Kim Pan-gon menukangi tim nasional kita," kata Asmawi di kanal YouTube Astro Arena.

Asmawi menyebut tiga negara yang akan memberikan tantangan kepada Kim Pan-gon dan anak-anak asuhnya.

"Karena di ASEAN, mereka akan menilai bahwa ini adalah pelatih Korea yang akan memimpin tim nasional sampai sejauh mana," tambahnya.

Bukan Timnas Indonesia, ketiga negara tersebut adalah Timnas Thailand, Timnas Vietnam, dan Timnas Singapura.

"Tentu seperti yang Anda katakan tadi, Singapura, lalu Vietnam, dan Thailand sendiri akan memberikan tantangan."

Menurutnya, setelah apa yang terjadi di Kualifikasi Piala Asia membuat turnamen ini akan memiliki nilai yang lebih tinggi

"Dan tentunya setelah Piala AFF usai, kita akan bermain untuk level selanjutnya di level Asia. Jadi saya pikir ini adalah bentuk perjalanan yang harus dilalui Kim Pan-gon untuk menang," lanjut Asmawi.

Asmawi mengatakan Malaysia perlu merebut kembali trofi Piala AFF untuk melampaui prestasi ketiga negara yang disebutkan tadi.

"Di antara 11 negara ASEAN, kita masih salah satu yang terbaik," ucap mantan pemain Timnas Malaysia itu.

Dia bahkan mengklaim bahwa timnya berada pada peringkat empat setelah, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

"Kita berada di peringkat ke-4 di belakang Thailand, Singapura, Vietnam, untuk turnamen ini (Piala AFF). Jadi saya pikir kita perlu sedikit meningkatkan peringkat, setidaknya memiliki satu kesempatan lagi untuk menang," tambahnya.

Di Piala AFF 2022, Malaysia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Sedangkan Timnas Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close