timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Hasil Audit Menteri PUPR, Lima Stadion Megah di Jatim Belum Lolos, Bagaimana dengan Markas PSM BJ Habibie?

Baca Juga

Wiwink-Bola, Senin 31 Oktober 2022 18:08 WIB

Stadion Gelora BJ Habibie markas PSM Makassar yang diaudit Kementerian PUPR 

TIMURKOTA.COM, JAKARTA- Sesuai dengan perintah dari Presiden RI, Joko Widodo. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan audit terhadap sejumlah stadion yang menjadi markas tim Liga 1 dan 2.


Hasilnya ada lima stadion di Jawa Timur terbilang megah telah diaudit dan belum dinyatakan lolos sesuai dengan standar FIFA. Ada beberapa bagian tembok stadion disebut mulai keropos.

Dari catatan yang ada menunjukkan bahwa tim audit sangat ketat dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Hal kecil saja seperti tembok menjadi catatan penting.

Stadion Gajayana yang dilakukan audit dianggap masih jauh dari standar yang ada. Jika nantinya tidak lolos maka dapat dipastikan Persela Lamongan akan berpindah markas untuk mengarungi Liga 2 musim ini.

Staf PUPR BPPW Jatim, Ivan Pratama Setiadi mengatakan, audit dilakukan untuk memastikan kesiapan stadion.

Ia melanjutkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono membeberkan tujuh rekomendasi untuk markas Arema FC tersebut.

 "Jadi kami dapat sampaikan bahwa awal audit memang khusus untuk Kanjuruhan, namun kemudian ada instruksi tambahan bahwa dilanjutkan dengan evaluasi empat stadion lain," ungkap Ivan Pratama Setiadi. 

Ia melanjutkan, apa yang dilakukan saat ini merupakan audit tahap awal. Setelah ini akan ada lanjutan. Menurutnya, hasil audit awal nantinya akan dilaporkan langsung ke Kementrian PUPR di Jakarta.

"Tadi kami menemukan ada beberapa yang adanya catatan kekurangan, seperti kolom ada yang pecah, besi korosi, dan ada beton pada tribun yang keropos," tukasnya.

Lantas bagaimana hasil audit Stadion BJ Habibie. Menurutnya Instruksi dari Menteri PUPR, stadion yang pertama diaudit adalah yang memiliki kapasitas penonton terbanyak.

Kemudian dilanjutkan dengan semua stadion yang menjadi markas peserta Liga 1 maupun 2.

Berikut 5 stadion terbesar di Jatim:

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

Stadion Kanjuruhan.

Stadion Gajayana Malang.

Stadion Joko Samudro Gresik.

Stadion Gelora Delta.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close