timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Brimob Bone Gelar Apel Kesiapan Personel Dan Peralatan: Ini Tujuannya

Baca Juga

Wiwink-Daerah, Sabtu 29 Oktober 2022 10:50 WIB

Komandan Brimob Bone mengecek peralatan 


TIMURKOTA.COM, BONE- Dalam rangka mengantisipasi  dampak perubahan cuaca yang berpotensi menimbulkan bencana alam, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar apel kesatuan pengecekan personel dan peralatan SAR di Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel jalan M.H. Thamrin no. 70 Watampone, Sabtu (29/10/22).


Dalam arahannya saat memimpin apel kesiapan, Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos.,M.Si., mengatakan bahwa apel satuan lengkap dalam rangka mengantisipasi bencana ini dilaksanakan berdasarkan surat telegram Komandan Korps Brimob Polri nomor: STR/126/X/OPS.1/2022 tanggal 28 Oktober 2022.

"Sesuai atensi dari pimpinan, hari ini dan besok seluruh jajaran Korps Brimob Polri melaksanakan apel  kesatuan lengkap, dimana tujuannya untuk mengecek kesiapan personel beserta peralatan dalam menghadapi  bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di wilayah backup masing-masing," tutur Kompol Nur Ichsan.

Danyon C Pelopor juga menambahkan selain melakukan pengecekan terhadap personel dan peralatan, masing- masing Batalyon juga diperintahkan untuk memetakan daerah rawan bencana.

"Sebagai langkah awal mengantisipasi bencana, kami juga melakukan pemetaan terhadap lokasi atau daerah rawan bencana sebagai data awal daerah - daerah mana yang perlu mendapat perhatian khusus mana kala terjadi bencana, Alhamdulillah selama ini kami telah menjalin komunikasi yang baik dengan Basarnas, BPBD beserta stakeholder lainnya  di wilayah backup kami sehingga untuk antisipasi bencana alam Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah siap," imbuh mantan Kasubbag Renmin Sat Brimob Polda Sulsel ini.

Dalam mengantisipasi kejadian bencana alam, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel memiliki enam wilayah backup diantaranya Kabupaten Bone, Wajo, Soppeng, Sinjai, Bulukumba, dan Kep. Selayar,

"Selain memiliki wilayah tugas di seluruh Nusantara,  Batalyon C Pelopor membackup langsung enam Kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan dengan  karakteristik bencana yang berbeda-beda, untuk itu dalam pengecekan ini kami memastikan semua unsur mulai dari personel, alat utama / alat khusus hingga perlengkapan pendukung seluruhnya siap dan dapat dengan cepat merespon segala bentuk kejadian utamanya yang berkaitan dengan bencana sebagai wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat," tambah  Ichsan.

Komandan pasukan Brimob Bone ini juga menjelaskan bahwa kegiatan apel kesiapan ini bukan baru pertama kali dilakukan oleh Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel,

"Karena wilayah backup kami berpotensi rawan bencana alam, jadi sebagai wujud kesiapan menghadapi bencana kami telah beberapa kali menggelar apel kesiapan dengan melibatkan instansi terkait. Selain itu setiap hari kami juga menyiagakan tim SAR dan setiap akhir pekan saat warga masyarakat berlibur, kami melaksanakan patroli SAR demi mengantisipasi kejadian bencana serta menjaga kondusifitas Kamtibmas dan secara berkala kami juga melakukan latihan  kemampuan personel baik itu melalui latihan interen maupun gabungan," pungkas komandan yang akrab dengan sapaan " Tindizzz " ini

Adapun peralatan yang digelar dalam apel kesiapan personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel tersebut diantaranya seluruh kendaraan dinas mulai dari kendaraan roda dua, empat hingga truk SAR, perlengkapan dapur lapangan, peralatan SAR perorangan mulai dari alat montenering, perlengkapan selam, dan peralatan evakuasi banjir seperti rakit, tali serta pelampung termasuk alat-alat komunikasi lapangan beserta drone yang tidak luput dari pengecekan untuk memastikan semuanya siap untuk digunakan.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close