timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Buntut Protes Keras Pelatih PSM. Kini PSSI Degradasi Wasit ke Liga 2 dan Copot Permanen

Baca Juga

Wiwink-Bola, Kamis 18 Agustus 2022 05:50 WIB



TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares merupakan salah satu sosok yang gencar memprotes keputusan-keputusan wasit saat betugas di lapangan.


Bahkan dalam kondisi timnya menang pun, Bernardo tetap melayangkan protes keras. Ia bahkan sampai menggebrak meja lantaran wasit dia nilai tak perhatikan keselamatan pemain di dalam lapangan.

"Pelanggaran keras tak terlihat oleh wasit. Mestinya ada kartu merah, kalau pemain cedera tentunya dampaknya besar. Makanya itu wasit harus dibenahi," tutur, Bernardo Tavares.

Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) merespon protes tersebut. Pihak PSSI mengambil tindakan tegas terhadap wasit yang dinilai tak menjalankan tugasnya dengan baik.

Ketua Komite Wasit Ahmad Riyadh mengatakan, telah menyiapkan hukuman berat kepada wasit yang buruk memimpin laga Liga 1. Ancaman sanksinya adalah degradasi ke kompetisi bawahnya hingga diberhentikan.

"Wasit akan didegradasi ke Liga 2. Kecuali yang karena suap atau pengaturan skor langsung berhenti permanen," tegas Ahmad Riyadh kepada awak media.

Diberitakan sebelumnya, Komite Wasit PSSI mengambil tindakan tegas terhadap asisten dan wasit yang memimpin laga melawan PSM Makassar menjamu tamunya Persija Jakarta yang berakhir imbang dengan skor 1-1.

Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh mengatakan, hasil rapat evaluasi memutuskan untuk mengistirahatkan dua asisten wasit.

"Ada dua kita istirahatkan satu asisten wasit dan satunya lagi AAR (asisten wasit tambahan atau additional assistant referee) kita istirahatkan dua sampai tiga bulan," beber, Ahmad Riyadh.

Ia menjelaskan secara rinci, saat memasuki pekan ke-4 Liga 1 musim ini, sebanyak lima wasit dibina kembali tanpa penugasan, tiga asisten wasit, dan empat AAR.

"Diistirahatkan memimpin pertandingan. Kemudian diberikan kesempatan meningkatkan kompetensinya," paparnya.

PSM Makassar malawan  Persija Jakarta dipimpin wasit, Iwan Sukoco dibantu asisten wasit 1, Harry Cristanta dan asisten wasit 2, Ahmad Fauzi Rahman. Kemudian ada asisten wasit, Pipin Indra dan cadangan wasit, Asep Suryana.

"Wasit yang memimpin pertandingan tidak. Hanya asisten wasit saja," tukasnya.

Sebelumnya usai pertandingan Pelatih PSM Makassar memprotes kepempimpinan wasit. 

Bahkan dengan nada kesal Bernardo dua kali menggebrak meja di ruang press release usai pertandingan.

"Saya sangat kesal terhadap wasit. Mereka memberi lelucon saat memimpin pertandingan," imbuh dia.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close