Iklan

Pelatih PSM Kembali Siapkan Kejutan, Inilah Prediksi Susunan Pemain Juku Eja Lawan Borneo FC

timurkota.com_official
Sabtu, Juli 02, 2022 | 11:30 AM WIB Last Updated 2022-07-02T04:30:25Z

Wiwink-Bola, Sabtu 2 Juli 2022 11: 30 WIB

Pelatih Kepala PSM Makassar Bernardo Tavares didampingi asisten saat memberikan arahan kepada pemainnya, (foto: instagram @psm_makassar)



TIMURKOTA.COM, SAMARINDA- Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares bisa dikata sebagai pelatih dengan sejuta taktik. Ia bahkan terkadang melakukan perubahan komposisi skuadnya tanpa diduga lawan.

Salah satu contoh adalah saat timnya melawan Tampines Rovers. Dengan alasan pemain yang kerap mengisi posisi inti kelelahan. Pelatih asal Portugal itu kemudian melakukan perubahan tak terduga.

Bagaimana tidak, pemain yang diturunkan sebagian besar hanya penghuni bangku cadangan. 

Sebut saja, Ramadhan Sananta yang dipercayakan menggantikan posisi Everton Nascimento.

Ada Ricky Pratama, Muhammad Dzaki . Merupakan pemain akademi PSM Makassar yang usianya baru 18 tahun.

Belum lagi dicadangkannya M Arfan dan Rasyid Bakri. Posisi kedua bintang PSM Makassar itu ditempati, Brian Cesar dan Akbar Tanjung.

Di lini belakang, bek yang selama ini jadi penghuni bangku cadangan, Agung Mannan juga dimainkan mengambil peran dari Syafruddin Tahar.

Melihat susunan pemain PSM Makassar saat itu, sebagian suporter menganggap bahwa Bernardo hanya menjadikan AFC Cup sebagai ajang pembentukan tim semata.

Namun nyatanya anggapan itu terbantahkan. Memulai permainan dengan pemain pelapis. PSM Makassar malah mampu menang dengan skor 3-1. 

Pada Perempat Final Piala Presiden melawan Borneo FC, Pelatih PSM Makassar kemungkinan besar akan kembali melakukan beberapa rotasi.

Salah satunya dengan kembali memainkan Agung Mannan menggantikan posisi Safruddin Tahar yang mengalami cedera.

Kemudian, Dallen Doke akan kembali mendapatkan posisi setelah Yance Sayuri diragukan tampil lantaran mengalami cedera saat timnya mengalahkan Tampines Rovers.

Di lini depan senjata rahasia, Ramadhan Sananta dan winger muda Muhammad Dzaki sepertinya akan kembali diberi ruang. 

Kedua pemain ini meski belum mampu cetak gol. Namun pergerakannya selalu merepotkan pertahanan lawan. 

Jika keduanya dimainkan secara bersamaan maka kemungkinan besar, Everton Nascimento akan kembali memulai laga dari bangku cadangan.


Penjelasan CEO PSM Makassar Terkait Kondisi Kenzo Nambu

Suasana latihan pemain PSM Makassar jelang hadapi Borneo Fc


Sejak didatangkan dari klub Liga 2 Thailand. Pemain asing asal Jepang, Kenzo Nambu hanya bermain selama delapan menit bersama PSM Makassar.

Ia diturunkan di menit akhir saat Pasukan Ramang menghadapi Arema FC dalam laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022.

Pemain yang diproyeksikan mengisi kuota Asia kemudian mengalami cedera cukup parah saat berbenturan dengan rekan setimnya sendiri dalam latihan persiapan menjalani laga ke dua melawan, Persikabo 1973.

Banyak versi yang beredar di kalangan pendukung PSM Makassar. Salah satunya, dugaan Kenzo Nambu mengalami cedera bawaan. 

Jika itu terjadi maka, ia membutuhkan waktu yang lama untuk masa pemulihan demi kembali ke permainan terbaiknya. 

"Semoga saja Kenzo tidak mengalami cedera bawaan dari klub sebelumnya. Kami sudah tidak sabar ingin melihat dia kembali bermain," tulis, Eko Wahyudi seorang suporter PSM Makassar.

Suporter lain, Akbar, S.Sos mengatakan, mengatakan, dari semua pemain asing yang ada, tinggal Kenzo Nambu yang belum memberikan permainan terbaiknya.

"Everton yang sudah disoroti beberapa pekan terakhir telah membuktikan dengan dua golnya. Yuran juga sangat baik dalam bertahan. Kita harus lihat juga bagaimana kekuatan dari pemain Jepang ini. Minimal harus lebih baik dibanding Yakob dan Risky Eka dalam hal menyuplai bola ke striker," kata dia.

Akbar tak sepakat jika Manajemen PSM Makassar terburu-buru dalam melakukan tindakan. Termasuk isu memutus kontrak pemain.

"Terlalu dini memutus kontrak, kalau hanya cedera biasa. Kecuali cederanya membutuhkan waktu jangka waktu 6 bulan untuk pemulihan," tukasnya ke media ini via instagram.

Menanggapi banyaknya desakan terkait dengan kejelasan cedera yang dialami Kenzo Nambu. CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin angkat bicara.

Menurutnya, cedera dialami pemainnya itu murni didapatkan saat mengikuti latihan bersama PSM Makassar. Bukan karena cedera bawaan dari tim sebelumnya.

"Bukan cedera bawaan, pemain ini mengalami benturan saat berlatih. Memang membutuhkan waktu pemulihan," ungkapnya.

Appi membeberkan, kondisi cedera dialami Kenzo tidak sepenuhnya parah. Namun karena adanya luka terbuka dibagian paha sehingga membutuhkan waktu untuk penyembuhan.

"Ada luka terbuka di pahanya. Memang butuh waktu pemulihan. Waktu terbenturan ia mengalami luka robek. Andai hanya memar itu paling beberapa hari sudah pulih," tukas dia.

Ia pun memastikan bahwa, Kenzo Nambu tetap akan menjadi bagian dari PSM Makassar untuk menghadapi Liga 1 2022

"Tetap bagian dari PSM Makassar. Kan sudah dikontrak. Semoga dalam waktu dekat, Kenzo akan segara pulih dan berjuang kembali bersama tim," tukasnya.


PSM Mulai Latihan Persiapan Hadapi Borneo


Pasukan Ramang kembali menggelar latihan setelah pemain diliburkan selama dua hari pasca mengalahkan Tampines Rovers di AFC Cup 2022.

Para pemain yang kelelahan lantaran harus melakoni dua pertandingan dengan berjarak hanya tiga hari. Olehnya, setelah tiba di tanah air, pemain langsung diliburkan.

PSM Makassar akan kembali menggelar latihan di Kabupaten Bogor pada Kamis 30 Juni 2022. Kemudian pada Jumat 1 Juli 2022 tim akan berangkat ke Samarinda.

"Latihan kembali akan digelar pada Kamis 30 Juni 2022," ungkap, Media Officer PSM Makassar, Sulaeman Abd Karim.

Para pemain yang telah sembuh dari cedera sepertinya akan bergabung dan siap diturunkan. Ada nama, Vivi Asrizal.

Selain, Kenzo Nambu juga telah pulih dari cedera pahanya. Dua rekrutan baru ini kemungkinan besar akan diturunkan lawan Borneo FC.

Namun, badai cedera PSM Makassar tak sampai disitu. Pasca mengikuti AFC Cup 2022, dua pemain belakang, Safruddin Tahar dan Yance Sayuri juga mengalami cedera.


Prediksi Susunan Pemain PSM Makassar

Tiga Kiper PSM Makassar saat mengikuti latihan terkahir sebelum berangkat ke Samarinda


Dalam latihan rutin yang digelar, Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares tampaknya bakal memutar otak untuk menutupi absennnya dua pemain intinya, Yance Sayuri dan Safruddin Tahar.

Agung Mannan bersama dengan Dallen Doke hampir dipastikan akan dimainkan pada laga tersebut. Keduanya dianggap paling siap menempati posisi Yance dan Syafruddin.

Pada posisi gelandang tidak banyak mengalami perubahan. Trio Rasyid Bakri, Brian Cesar dan Akbar Tanjung kemungkinan akan diturunkan pada menit pertama.

Sementara M Arfan bakal diturunkan pada babak kedua. Mengingat ia mampu menjadi pembeda dikala lini tengah mulai keteteran.

Untuk winger, Riski Eka Pratama kemungkinan besar akan diturunkan bersama dengan Yakob Sayuri. Khusus untuk striker Everton Nascimento dalam kondisi siap tempur.

Lini belakang, Erwin Gutawa dan Yuran Fernandes akan berpasangan mengawal lini belakang Pasukan Ramang. Posisi kiper sepertinya masih milik, Reza Arya.

Prediksi Susunan Pemain:

PSM Makassar,(3-5-2) ; Reza Arya; Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Yakob Sayuri, Rizki Eka Pratama,  Brian Cesar, Rasyid Bakri, Akbar Tanjung; Wiljan Pluim, Everton Nascimento.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelatih PSM Kembali Siapkan Kejutan, Inilah Prediksi Susunan Pemain Juku Eja Lawan Borneo FC

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan