Iklan

21 Pelaku Narkoba Ditangkap di Bone. Kapolres: Banyak Oknum Anggota Polisi Terlibat dan Pasti Kami Tindaki!

timurkota.com_official
Jumat, Juli 01, 2022 | 5:47 PM WIB Last Updated 2022-07-01T11:21:11Z

Wiwink-Hukum, Jumat 1 Juli 2022 17: 30 WIB

Kapolres Bone didampingi Kasat Narkoba dan Reskrim menunjukkan barang bukti dalam press release di Aula Terbuka Mapolres Bone, Jumat 01 Juli 2022



TIMURKOTA.COM, BONE- Kepolisian Resort Bone melalui Satuan Res Narkoba kembali menggelar press release dalam rangka mengungkap kasus dugaan tindak pidana penyalahgunaan narkoba di Aula Terbuka Mapolres  Bone, Jl Yos Sudarso, Kota Watampone, pada Jumat (01/07/22) Pukul 13.00 Wita.

Press release yang bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-76 dihadiri belasan wartawan di Kabupaten Bone. Kapolres Bone, AKBP Ardiansyah SIK MSi didampingi Kasat Narkoba, Iptu Noviarif Kurniawan, Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Benny Pornika, dan Kasi Humas, Ipda Rayendra Muhtar SH.

Dalam pemaparannya, Kapolres Bone membeberkan serangkaian penangkapan yang dilakukan anggotanya dalam operasi Antik yang dilakukan selama 14 hari.

"Dalam operasi antik ini, kami melakukan penangkapan terhadap 21 orang pelaku dari 17 kasus yang berhasil kami ungkap," papar, Kapolres di hadapan awak media.

Ia melanjutkan, selain 21 pelaku pihaknya juga menyita sedikitnya 64,69 gram barang bukti sabu.

"Penangkapan kami lakukan di 17 TKP di Kabupaten Bone. Dalam serangkaian penggerebekan itu, anggota masih dominan mengamankan narkotika jenis sabu," imbuhnya.

AKBP Ardiansyah mengatakan, penindakan terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba harus tegas. Bahkan anggotanya pun sudah ada beberapa ditindaki.

"Anggota Polri sendiri banyak yang kami tindaki karena terlibat. Meski kami belum ungkap ke media. Namun tes urine tetap berjalan. Jika terbukti maka kami kirim ke Makassar untuk rehab selama tiga bulan," tukasnya.

Untuk memperkuat pengungkapan kasus narkoba, putra daerah Bone ini menegaskan, semua kesatuan di bawahnya diminta untuk membantu proses pengungkapan.

"Reskrim, Intelkam dan bahkan Lantas Pun saya kerahkan ungkap kasus. Karena memang narkoba ini tugas kita semua untuk membasmi. Bahkan kami juga banyak mendapat info dari rekan-rekan media terkait dengan kasus narkoba," tutupnya.


Polisi Ungkap Jalur Masuk Sabu dari Malaysia ke Bone


Kasus Peredaran Narkoba Jenis Sabu di Kabupaten Bone masih terus mendominasi pidana umum dari tahun ke tahun. 

Ratusan pelaku yang tertangkap didominasi pemakai dan sebagian kecil berstatus pengedar. Adapun bandar, hingga kini belum tersentuh, Sabtu (28/06/22).

Kepolisian Resort Bone pernah merilis jalur peredaran narkoba yang disebutkan telah menjadi pasar bagi bandar lintas negara dalam memasarkan barangnya.

Menurut Kasat Narkoba Polres Bone yang saat itu masih dijabat AKP Zaky.

Barang yang beredar di Kabupaten Bone berasal dari Malaysia melalui jalur laut.

Dari Pelabuhan Nunukan kemudian Pelabuhan Pare-pare, selanjutnya melalui jalur darat, Sidrap, Wajo dan sampai ke Kabupaten Bone.

"Barangnya (sabu) dipecah-pecah, kemudian disebarkan ke beberapa kecamatan. Kesulitan dalam pengungkapan adalah karena jaringan ini terputus. Kami nangkap orang di sini, mereka tak tahu asal barang dari siapa." Imbuh di hadapan awak media.

Pengembangan yang dilakukan, juga terkadang hanya sampai ke kurir. Sementara bandar berada di Malaysia.

"Namun apapun itu kami tetap berupaya untuk menangkap bandar." Ungkapnya.

Di masa kepemimpinan, Kapolres Bone, AKP Ardinasyah penangkapan terus digencarkan. Ia bahkan menarget anggotanya minimal dua tanggapan dalam sepekan.

"Narkoba ini merupakan musuh bersama. Kami sendiri dalam upaya melakukan pemberantasan menarget Sat Narkoba terkait tangkapan," ungkapnya dalam sebuah wawancara belum lama ini.


Polda Sulsel Turun Tangan Tangkap Pengedar Sabu di Bone

Pelaku narkoba asal Laccokkong, Bone ditangkap Polda Sulsel 


Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menerjunkan Direktorat Narkoba melakukan penangkapan pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba di tiga Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Sabtu (18/06/22)

Beberapa penangkapan dilakukan Polda. Pertama, di Kabupaten Bone tepatnya di Jl Sulawesi, Kelurahan Jeppe'E, dirumah pelaku berinisial, WP. 

Dalam penggerebekan itu, terdapat enam orang tersangka diringkus polisi. 

Dari enam tersangka yang telah mendekam dibalik jeruji besi. Satu diantaranya merupakan wanita. Belum diketahui peran wanita tersebut.

Selain menangkap para pelaku, polisi juga menyita sejumlah pake sabu dengan ukuran berat 18.35 gram. Kini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polda Sulsel.

Selanjutnya, Polda Sulsel juga menangkap dua orang tersangka di Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba. Dalam penggerebekan ini dua pelaku diringkus.

Kemudian, Unit Empat Subdit Dua Ditresnarkoba yang dipimpin, Kompol M Natsi SH menangkap dua orang pelaku di Kecamatan Wattampulu, Kabupaten Sidrap.

Bertempat di Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Unit 2 Subdit 1 yang dipimpin, AKP Inggaba Bali menangkap seorang pelaku narkoba disertai dengan barang bukti berupa 2,87 gram.

Terakhir, Unit 3 Subdit 1 yang dipimpin, Kompol A. Sofyan SH SIK menangkap menangkap seorang tersangka di Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap. Dalam penangkapan ini barang bukti 85,10 gram disita polisi.

Dirnarkoba Polda Sulsel, Kombes Pol.Dodi Rahmawan,S.IK.MH membenarkan penangkapan tersebut. 

"Dari serangkaian penangkapan ada 12 orang diamankankan diantaranya di Kabupaten Sidrap, Bulukumba, Kota Makassar dan Bone," tukasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 21 Pelaku Narkoba Ditangkap di Bone. Kapolres: Banyak Oknum Anggota Polisi Terlibat dan Pasti Kami Tindaki!

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan