timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Selain Wiljan Pluim, Inilah Pemain Paling Setia Bersama PSM Makassar. Rela Tolak Tawaran Fantastis Demi Bertahan Hingga Saat Ini

Wiwink-Bola, Sabtu 28 Mei 2022 14: 11 WIB




TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Semua pecinta PSM Makassar sepakat jika pemain asing paling setia bersama Pasukan Ramang dialamatkan ke Kapten Tim, Wiljan Pluim.


Pluim sudah bermain untuk PSM Makassar sebelum kompetisi memasuki era Liga 1 pada 2017. Sebelumnya, ia mulai singgah di Tanah Sulawesi sejak Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Saat itu, gelandang asal Belanda ini direkomendasikan oleh pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, untuk mengisi slot pemain asing.

Meskipun PSM Makassar kerap kali bergonta-ganti pelatih sepeninggal Robert Rene Alberts, Pluim tetap bertahan dan menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan.

Terhitung, setidaknya Pluim merasakan era kepelatihan Darije Kalezic, Bojan Hodak, Milomir Seslija, Joop Gaal, hingga kini Bernardo Tavares.

Namun predikat paling setia itu hanya berlaku jika dikaitkan dengan pemain asing. Dari kalangan pemain lokal putra daerah masih ada beberapa nama yang layak disebut pemain paling setia bersama PSM Makassar.

Pertama, Rasyid Bakri. Tak banyak yang tau, sejak bermain di klub profesioanal. Rasyid Bakri hingga saat ini tak pernah ganti kostum.

Para pemain seangkatannya memilih hengkang, namun dirinya tetap bertahan. Ada M Rahmat yang dulunya dianggap setia, namun ujung-ujungnya memilih bergabung dengan Bali United.

Rasyib Bakri pertama kali gabung PSM Makassar pada tahun 2011 lalu. Ia dikontrak setelah pelatih PSM melihat permainannya saat bermain bersama klub lokal Makassar Utama.

Sejak itu Rasyid tak pernah berganti kostum kebesaran PSM Makassar. Ia juga tercatat beberpa kali bermain untuk Timnas Indonesia. Rasyid bermain pada 2012 bersama Timnas U-23 ia bermain selama sembilan kali. Selanjutnya memperkuat timnas senior di tahun yang sama sebanyak lima kali.

Selain Rasyid, ada nama M Arfan gelandang eks Timnas Indonesia itu bahkan banyak peminat. Termasuk Robert Rene Albers bersama Persib. Namun sampai saat ini M Arfan masih tetap pada pendirian yakni bermain untuk daerah tercinta.

pada tahun 2016, Arfan mulai menjadi bagian PSM dengan bergabung ke skuat U-21 setelah lolos seleksi yang dikomandoi langsung oleh pelatih sepak bola asal Belanda, Robert Alberts.

Tahun berikutnya (2017), PSM senior memanggil pemain-pemain U-21 untuk seleksi di antaranya Irfan Jaya, Nurhidayat, Halik, dan Arfan. Ia pun dinyatakan lolos.

"Bukan hal muda bisa meninggalkan PSM Makassar. Ini tim kebangaan dari kecil. Tim tanah kelahiran, jadi selama masih dibutuhkan saya akan bertahan. Meski banyak tawaran," kata M arfan.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close