timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Kontrak Joop Gall Berakhir April. Bos PSM Ingin Pulangkan Mantan?

Moh Hamzah-Bola, Senin 14 Maret 2022 08: 50 WIB

Munafri Arifuddin



TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pelatih PSM Makassar asal Belanda, Joop Gall belum mau berbicara terlalu jauh mengenai masa depan dirinya bersama Pasukan Ramang.


Pasalnya, pelatih berkepala plontos ini hanya terikat kontrak dengan PSM Makassar sampai April 2022 bulan depan. Khusus untuk Piala AFC, Joop Gall mengatakan belum mau berkomentar lebih jauh.

"AFC Cup digelar bulan Juni, dan kontrak saya berakhir di akhir April ini," ungkap, Gall.

Pelatih berkebangsaan Belanda itu memilih untuk fokus berjuang demi mengangkat prestasi Pluim dkk.

"Kita harus tetap berbicara tentang posisi aman dulu, tentang empat laga ke depan. Saya hanya ingin fokus ke Liga 1 saja dulu, lalu bersiap untuk itu," ujarnya.

Salah satu pelatih yang berpeluang direkrut kembali adalah, Darije Kalezic. Ia merupakan satu-satunya juru taktik yang mampu membawa Pasukan Ramang ke tangga juara Piala Indonesia.

"Lebih baik Darije Kalezic yang rekrut kembali. Dia punya pengalaman di Piala AFC dan Liga 1," kata seorang suporter Mub Andar.

Sementar Manajemen PSM Makassar belum memberikan keterangan resmi terkait masa depan pelatih dan pemain yang ada saat ini.

Sebelumnya, Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, membeberkan alasannya mundur dari kursi pelatih jelang laga timnya melawan PSS Sleman pada pekan ke-33 Liga 1 2019.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, mengungkapkan sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan jelang laga pekan ke-33 melawan PSS Sleman di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (15/12/2019).

Dalam konferensi pers jelang pertandingan atau tepatnya Sabtu (14/12/2019), pelatih asal Bosnia itu mengajukan pengunduran diri dari kursi pelatih PSM Makassar.

Darije tidak akan meneruskan tugasnya sebagai nakhoda Juku Eja selepas pertandingan melawan Elang Jawa besok.

"Saya ingin memberi tahu kalian bawah besok adalah pertandingan kandang terkhir saya di PSM Makassar sebagai pelatih," kata Darije Kalezic.

"Saya memiliki pengalaman untuk menghabiskan waktu di sini," ucapnya lagi. Mundurnya Darije dari kursi pelatih PSM Makassar cukup mengejutkan.

Pasalnya, Darije sempat marah besar setelah diminta suporter PSM untuk mengundurkan diri setelah Juku Eja disikat Persebaya Surabaya dengan skor 2-3 dalam laga tunda pekan ke-26 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11/2019).

Saat itu dia berdalih bahwa PSM sering kalah di laga tandang karena kerap tak bisa memainkan pemain-pemain kunci.

Ketika ditanya perihal alasan pengunduran dirinya, Darije menjelaskan bahwa ada sejumlah situasi yang tidak sesuai dengan harapannya ketika menukangi PSM Makassar.

Darije menjelaskan bahwa dia tidak dilibatkan dalam pemilihan pemain Liga 1 musim 2019.

Selain itu, keadaan Juku Eja saat ini yang selalu kesulitan beranjak dari papan tengah klasemen juga membuat pelatih 50 tahun itu memutuskan mundur.

"Saya ingin mengembangkan tim ini untuk waktu jangka panjang. Ini adalah proses jangka panjang," tutur Darije menjelaskan.

"Namun faktanya, saya datang ke sini tidak terlibat sama sekali dalam pemilihan pemain untuk (Liga 1) musim 2019 ini," katanya lagi.

Darije menambahkan bahwa skuad PSM saat ini sudah mampu mengimplementasikan visi bermain yang diharapkannya.

Namun, dia menilai bahwa hal tersebut akan sulit diterapkan dan diteruskan dalam perkembangan tim di masa depan.

"Setelah 11 bulan di PSM, saya tahu pemain mana yang bisa membantu tim ini untuk naik ke tahapan selanjutnya," ucap Darije.

"Saya juga tahu yang mana tidak bisa membantu baik (pemain) lokal maupun asing,"

"Tetapi di akhir Oktober 2019, saya tahu bahwa kami tidak bisa merealisasikan (kemajuan itu) di PSM. Oleh karena itu saya memutuskan untuk tidak bertahan," tuturnya mengakhiri.

Darije secara resmi tidak lagi menjabat sebagai pelatih PSM Makassar setelah pertandingan melawan PSS Sleman, Minggu (15/12/19).

Dengan demikian, Darije tidak akan menyelesaikan Liga 1 2019 bersama dengan Juku Eja karena masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Persib Bandung pada Minggu (22/12/19).

Sejauh ini manajemen belum menyampaikan siapa pengganti Darije Kalezic sebagai juru latih PSM.


Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close