timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Usung Konsep Baru di Tengah Pandemi Covid-19, IAIN Bone Laksanakan PBAK Secara Virtual

 

Suasana PBAK IAIN Bone digelar dengan konsep baru secara virtual

TIMURKOTA.COM, BONE-


Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Bone dikonsep berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan ini di Pusatkan di Kampus IAIN Bone.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Jika sebelumnya dilakukan dengan cara bertatap muka, maka khusus tahun 2020, PBAK dilaksanakan secara virtual dengan memanfaatkan jaringan media sosial seperti aplikasi Zoom, live youtube dan Facebook. 

Pelaksanaan PBAK sendiri rencanakan bakal berlangsung mulai 28-29 September 2020 medatang. Pada PBAK tahun ini, tema yang diangkat adalah 'Membangun Generasi Mileneal Menuju Generasi Green' 

Kegiatan PBAK dibuka langsung olehRektorat IAIN Bone, didampingi para dekan dan wakil dekan lingkup IAIN Bone, Sema, Dema, serta UKK/UKM.

Ketiu Panitia Pelaksana, Ismail Keri melaporkan peserta pada PBAK tahun ini berjumlah 1387 orang, meskipun pelaksanaan secara virtual namun tidak mengurangi subtansi dari kegiatan tersebut.

"Justru menjadi pembelajaran awal bagi mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan." Ungkapnya menjelaskan.

Menurutnya, tema dalam PBAK 'Green' bukanlah arti warna, melainkan sisi religius, integritas, profesional, visioner, dan Kearifan lokal. 

Ketua Dema, Faisal dalam sambutannya mengatakan, nilai kedekatan jiwa tak akan pernah berkurang meski tidak bertemu secara langsung.

"Olehnya itu kepada adik-adik mahasiswa baru kami panggil dengan sebutan sahabat agar tidak ada sekat diantara kita," katanya.

Rektor IAIN Bone, Prof. Dr. Andi Nuzul, M.Hum, menjelaskan, kampus harus tetap bergerak melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi meski saat ini Dunia tengah dilanda Virus Corona.

Dirinya berharap, mahasiswa IAIN Bone dapat menjadi generasi Religius, Profesional berdasarkan kerifan lokal. 

"Saat pendemik ini, pelaksanaan tri darma perguruan tinggi berat dan tidak mudah sebab kita melakukan transformasi dalam hal pelaksanaan. 

Tetapi jangan berkecil hati justru ananda mahasiswa baru telah menjadi saksi sejarah transformasi pelaksanaan PBAK." ujarnya.

Prof Nuzul berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar memiliki visi masing-masing sehingga kuliah dapat terarah dengan baik.

"Ketika telah masuk ke perguruan tinggi ananda harus memiliki visi agar saat kuliah nantinya terarah dan tetap menjunjung tinggi akhlakul karimah, akhlak kepada orangtua dosen maupun tenaga pendidik lainnya." Katanya lagi.

Dirinya menjelaskn, terdapat tiga kunci penting dalam motto PBAK tahun ini, yaitu “Islami, Moderat dan Inovatif”.

Tiga kata kunci tersebut memiliki makna yang mendalam, sehingga dirinya berharap kunci tersebut selalu diingat dan diimplementasikan dalam kehidupan, agar tercipta keadaan yang rukun, damai, dan sejahtera.

“Kepada seluruh mahasiswa baru IAIN Bone tahun 2020, selamat bergabung di IAIN Bone. Kampus IAIN Bone adalah pilihan yang tepat menempa pendidikan," kuncinya.


(rill/as)

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close