timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Pemerintah Sibuk Urus SK Bebas Covid. Ribuan Warga Makassar Kena PHK Tak Terurus

Ilustrasi karyawan swasta kena phk (dok)
TIMURKOTA.COM, MAKASSAR-

Zulfadli satu dari ribuan karyawan swasta kena PHK akibat perusahaan tempat dia bekerja terdampak Pandemi Covid-19.
Dirinya, merasa terabaikan. Karena hingga saat ini belum pernah tersentuh bantuan sama sekali.

"Dulu saya berka di salah satu perusahaan swasta. Karena kena pengurangan karyawan akhirnya saya kena PHK. Pemerintah mestinya juga pikirkan nasib kami,  jangan hanya SK bebas Covid-19 yang diurus," katanya mengeluh.

Rekan, Zulfadli pun mengalami hal sama. Bahkan menurutnya di tempatnya hanya dirinya yang tak pernah kebagian bantuan pemerintah.

"Tetangga saya malah orang berada tapi terima bantuan. Saya kasiang tidak ada sama sekali, padahal sudah kena PHK mau bikin usaha tak cukup modal," beber Herawati.

Dampak Covid-19 Sulsel ke Pekerja Sulsel,
15 Ribu Karyawan Kehilangan Pekerjaan
Data yang dirilis Dinas Tenaga Kerja Sulsel Juni lalu, sudah 15 ribu lebih karyawan kehilangan pekerjaan akibat hantaman badai Covid-19.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel mencatat sebanyak 15.191 pekerja kehilangan mata pencaharian karena perusahaan tempat mereka mencari sesuap nasi oleng karena Covid-19.

Sebanyak 18 dari total 24 kabupaten/kota di Sulsel memasukkan laporan jumlah pekerja yang di PHK dan dirumahkan akibat dampak covid-19.

Sebanyak 1.171 perusahaan tersampak. 15.191 orang pekerja, terdiri dari 14.740 pekerja dirumahkan dan 451 orang di-PHK.

“Data ini 14 Mei dan terus diperbarui, karena sampai saat ini kami masih menunggu laporan terbaru dari kabupaten/kota di Sulsel,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel, Darmawan Bintang.


(rill/as)

Berita Populer

close