Iklan

Sarat Prestasi, Uncapi Masuk Enam Besar Kampus Penerima Hibah Penelitian Terbanyak di LLDIKTI Wilayah 9

tim redaksi timurkotacom
Sabtu, Juni 01, 2024 | 2:15 PM WIB Last Updated 2024-06-01T07:28:51Z

Kampus II Uncapi Bone (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Universitas Cahaya Prima (Uncapi) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan setelah masuk enam besar kampus penerima pendanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun anggaran 2024.

Kampus yang beralamat di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Watampone itu mampu berada diurutan ke enam dari 230 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 9 Sultanbatara.

Pada kategori Penelitian Fundamentel Reguler, tiga perwakilan Uncapi berhasil meloloskan penelitiannya masing-masing, Prof Dr Dra Hj A. Cahaya M.Si, Dr Yusriadi, M.Si, dan Dr. M Awaluddin M.Si.

Kemudian untuk kategori Penelitian Dosen Pemula, Uncapi makin berjaya dengan meloloskan 12 peneliti diantaranya, Dr. Muslimin, M.Pd, Andi Amytia Resty Dwiyanti, S.IP, M.HI, Angraeni, S.Pi., M.Sİ, Ayu Widya Listari, S.Pd., M.Pd, Irmawati, S.Sos., M.Sİ, Feby Triadi, S.P., M.A, Ismail, S.SOs., M.Sİ, Hasnawati, S.Sos., M.Sİ, Liskha Ayuningrum, S.K.M., M.K.N, Hazan, S.Hum, M.IP, Mega Erdawati, S.Pd., M.Si dan R. A. Indrawati, S.Pd., M.Sİ.

Rektor Universitas Cahaya Prima, Prof Dr Dra Hj A. Cahaya M.Si kepada timurkotacom mengatakan, pencapaian yang diraih tak lepas dari kerja sama dan kekompakan dosen dalam mengembangkan diri khusus pada penelitian. 

"Selaku pimpinan kampus, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan meraih penelitian terbanyak. Insyallah ini akan menjadi modal yang sangat baik untuk terus meningkatkan prestasi ke depan," ungkapnya. 

Gurus besar wanita pertama di Kabupaten Bone pada bidang Ilmu Administrasi Publik ini membeberkan salah satu upaya dilakukan untuk meningkatkan prestasi pada penelitian yakni dengan memperbanyak pelatihan dan penelitian diinternal kampus.

"Kami memang sangat ketat dalam hal mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi. Setiap dosen wajib ada penelitian yang terpublikasi dalam bentuk jurnal di setiap semester," terangnya.

Selain itu yang tak kalah penting kata dia adalah peran dari Lembaga Penelitian dan Pengandian Masyarakat (LPPM) Universitas Cahaya Prima yang dipimpin langsung, Dr Yusriadi, M.Si.

"Tentunya peran LPPM sangat baik, namun ini bukan menjadi alasan untuk berpuas diri. Ke depan harus lebih ditingkatkan lagi kalau perlu kita berada di urutan tiga besar," tutupnya.

Raih Penghargaan Insitusi dengan Peningkatan Kinerja Terbaik pada Anugrah Diktiristek 2023

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menyerahkan penghargaan kepada Universitas Cahaya Prima (Uncapi) Bone Pada kategori institusi dengan peningkatan kinerja terbaik (Sinta Award).

Anugerah Diktiristek merupakan bentuk apresiasi kepada pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan tinggi, riset, dan teknologi dalam mendukung transformasi pembelajaran di Indonesia.

Penyerahan Anugerah tersebut dibagi dalam beberapa kategori, selain perguruan tinggi negeri dan swasta juga diberikan kepada layanan pendidikan tinggi mitra Kementerian atau lembaga, dan dunia industri serta jurnalis dan media.

Penyerahan penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rektor Universitas Cahaya Prima Bone, Prof DR Dra Hj A. Cahaya, M.Si di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/23).

Usai menerima penghargaan, dirinya tak menyembunyikan kebahagiaan atas penghargaan yang diperoleh di tingkat nasional.

Dirinya menyebut bahwa apa yang diraih Uncapi, merupakan langkah yang harus ditingkatkan agar ke depan lebih banyak lagi penghargaan berskala nasional maupun internasional yang akan didaratkan di Kabupaten Bone.

"Malam ini saya sangat bangga dan terharu, karena penghargaan Diktiristek ini bukan hal yang mudah. Semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta menginginkan. Alhamdulillah kita sebagai perguruan tinggi yang terletak di daerah menunjukkan bahwa kita mampu bersaing hingga di tingkat nasional," tukasnya.

Guru besar perempuan pertama pada Administrasi Publik di Kabupaten Bone ini mengatakan, bahwa penghargaan tersebut merupakan pelecut semangat untuk terus meningkatkan kualitas dan mengembangkan kampus Uncapi agar lebih berprestasi lagi.

"Ini merupakan penyemangat bagi kita untuk terus berkarya ke depan. Dalam artian, bahwa kita sudah membuktikan ketika berproses dengan baik  maka kampus yang ada di daerah pun mampu bersaing. Kita bahkan sejajar dengan kampus ternama di Indonesia," tukasnya. 

Susana penyerahan penghargaan Anugerah Diktiristek 2023

Pada malam penyerahan Anugerah di ristek 2023 Universitas Cahaya Prima meraih meraih Gold Winner Pada kategori institusi dengan peningkatan kinerja terbaik (Sinta Award) dan sub kategori akselerasi institusi Kluster Binaan (Pra-Kualifikasi) yang masuk kualifikasi dengan peningkatan skor Sinta tertinggi pada periode tahun 2020-2022.

Selain Universitas cahaya prima yang meraih predikat terbaik. Ada Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadyah Kalimantan Barat berada di urutan ke dua atau Silver Winner. 

Kemudian pada Bronze Winner diraih, Universitas Metamedia, dan Universitas Mahkota Tricom Unggul. 

Plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek, Suharti mengatakan, malam Anugerah Diktiristek 2023 digelar sebagai apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras mendukung terwujudnya transformasi pendidikan tinggi demi kemajuan Indonesia. 

"Kami berharap anugerah ini bisa bangkitan semangat dalam berkarya dan bekerja. Bagi yang belum dapatkan anugerah bagi kami bapak ibu tetap sebagai pemenang,” jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Ditjen Diktiristek, Prof Nizam mengungkapkan, ada beberapa kategori disiapkan dan nilai berdasarkan indikator yang telah disusun.

"Dengan harapan tentunya penghargaan ini dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi dengan pada beberapa kategori yang kami siapkan pada ajang yang sama ke depan," tutupnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sarat Prestasi, Uncapi Masuk Enam Besar Kampus Penerima Hibah Penelitian Terbanyak di LLDIKTI Wilayah 9

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }