Iklan

Didominasi Tanete Riattang dan Barat, Ini Daftar 22 Kecamatan di Bone Jadi Pusat Transaksi Sabu Januari-November 2023

tim redaksi timurkotacom
Minggu, November 19, 2023 | 11:09 AM WIB Last Updated 2023-11-19T04:27:51Z

Ilustrasi penangkapan pelaku narkoba (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah yang kerap disebut berstatus gawat narkoba. 

Hal itu terbukti dari data dan hasil investigasi mendalam yang dilakukan tim timurkota.com.

Dari 27 kecamatan, 22 diantaranya diduga telah menjadi pusat transaksi jual beli sabu. 

Meski ada beberapa kecamatan, pelaku yang tertangkap tangan melakukan transaksi sabu merupakan pendatang dari luar daerah. 

Seperti baru-baru ini yang terjadi di Desa Pattiro, Kecamatan Mare, pelaku berjumlah dua orang merupakan warga Kabupaten Wajo dan Sidrap. 

Dari data yang dihimpun, umumnya pelaku dari luar melakukan transaksi sabu dengan barang bukti lebih besar ketimbang pelaku lokal di kecamatan. 

Aktivis pemuda, Ali Yusran S.Sos, M.Si mengatakan, jika dilihat dari data yang ada. Peredaran narkoba akan terus memasuki wilayah Kabupaten Bone hingga ke pelosok desa. 

"Karena data yang disajikan merupakan hasil tangkapan atau yang telah diproses hukum. Maka, bisa saja ada wilayah tertentu peredaran sabu ada tapi belum terungkap," terang, Alumi Pasca Sarjana Unibos Makassar ini. 

Ali Yusran mengaku miris dengan kasus peredaran narkoba di Bumi Arung Palakka. Menurutnya, pencegahan dan penindakan diperlukan agar barang haram ini tak merasuki seluruh desa.

"Tidak cukup dengan hanya mengandalkan APH. Mereka terbatas, kalau perlu semua kecamatan dan desa membentuk satgas anti narkoba. Nantinya satgas ini membantu melakukan penelusuran. Jika ada dicurigai arahkan tes urine dan rehab, kalau sudah berat silahkan diproses hukum," tukasnya. 

Sementara itu, data diperoleh timurkota.com dari hasil tangkapan pihak kepolisian, kemudian dilipahkan ke Kejaksaan Negeri Bone, hingga menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Bone dari Januari hingga November 2023 sebagai berikut:

Jumlah kasus 109, dari kasus tersebut tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Bone. Tanete Riattang yang merupakan ibu Kota Kabupaten paling tinggi angka kasus yakni mencapai 34 kasus. 

Salah satu kasus terbesar diungkap Polres Bone di Kecamatan Tanete Riattang yakni di Jl Masjid Kelurahan Bukaka pada Sabtu (28/01/23) lalu. 

Dalam penangkapan ini, NC yang telah jadi target berhasil diamankan pihak kepolisian setelah terbukti menguasai sabu 2 Kg dan ekstasi sebanyak 2.300 butir.

Selanjutnya, Kecamatan Tanete Riattang Barat terbanyak kedua dengan angka 20 kasus. Sebagian besar kasus, para pelaku melakukan transaksi di pinggir jalan dengan sistem tempel (meletakkan sabu lalu pemesan datang mengambil).

Salah satu kasus yakni, tertangkapnya Suryaman Alias Surya Bin H Raga di Jl Agussalim, Kelurahan Macege. Suryaman mengaku memperoleh sabu dari pria bernama Unu, pada Sabtu (08/04/23) Pukul 19.00 Wita.

Belakangan, Unu diketahui tertangkap dalam penggerebekan yang dilakukan BNNP Sulawesi Selatan di salah satu rumah di Kota Makassar.

Kecamatan di luar Kota Watampone juga ada cukup menonjol yakni Sibulue. Dari 9 kasus, umumnya pelaku merupakan penduduk lokal yang tersebar di beberapa desa. 

Kasus di Sibulue yang sempat tersorot media yakni penangkapan, Asdar Susanto Alias Riank Bin Nurung pada Selasa (04/04/23) Pukul 20.00 Wita. 

Asdar bersama rekannya, Anto ditangkap setelah keduanya ketahuan melakukan transaksi sabu.

Kemudian, Kecamatan Kahu, tercatat 8 kali terjadi transaksi sabu yang diungkap kepolisian di daerah bagian selatan Kabupaten Bone itu. Ada tiga kasus merupakan pengembangan kasus dari Kabupaten Bulukumba. 

Salah satu kasus dengan jumlah barang bukti paket sedang terjadi di Kelurahan Palattae, Kecamatan Kahu yakni melibatkan pelaku, Ervan Vicky Alias Anggora Bin Anwar pada Jumat (20/01/23) Pukul 20. 00 Wita.

Dalam transaksi ini polisi menyita barang bukti dan uang tunai Rp4 juta yang diduga kuat dilakukan para pelaku saat melakukan transaksi sabu di lokasi.

Sementara di luar dugaan, Kecamatan Dua Boccoe selama ini kerap disebut jadi tempat transaksi sabu. Namun kasus yang sampai dipersidangan baru satu kasus. 

Begitu juga dengan salah satu kecamatan di wilayah Kota Watampone yakni Tanete Riattang Timur, hingga saat ini baru lima kasus terungkap. Ini berbanding terbalik dengan dua kecamatan lain yakni Tanete Riattang dan Barat. 

Dua kecamatan di luar kota juga menonjol kasus pengungkapan sabu yakni Mare dan Ajangale. Kecamatan Mare yang berbatasan langsung dengan Sibulue terdapat empat kasus. 

Begitu juga dengan Ajangale, berada di bagian paling utara Kabupaten Bone yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wajo. Wilayah ini kerap disebut sebagai salah satu pintu masuknya narkoba ke wilayah Kabupaten Bone. 

Dari data yang diperoleh, ada 4 kasus pengungkapan kasus narkoba di Ajangale. Sebagian besar pelaku merupakan penduduk setempat. 

Tiga kecamatan, masing-masing, Barebbo, Ulaweng, dan Libureng, masing-masing tiga pengungkapan kasus di wilayah tersebut. 

Pelakunya juga merupakan penduduk setempat. Mereka tertangkap usai membeli sabu dengan alasan untuk dikonsumsi secara pribadi. 

Berikut data yang diperoleh tim timurkota.com dari hasil tangkapan dari Januari hingga November 2023:

  1. Tanete Riattang : 34 Kasus
  2. Tanete Riattang Barat: 20 Kasus
  3. Tanete Riattang Timur: 5 Kasus
  4. Kahu: 8 Kasus
  5. Libureng: 3 Kasus
  6. Cenrana: 2  Kasus
  7. Mare: 4 Kasus
  8. Tonra: 2 Kasus
  9. Tellusiattinge: 1 Kasus 
  10. Ulaweng: 3 Kasus
  11. Awangpone: 1 Kasus
  12. Sibulue: 9 Kasus   
  13. Tellu Limpoe: 1 Kasus
  14. Lamuru: 2 Kasus
  15. Dua Boccoe: 1 Kasus
  16. Lapri: 1 Kasus
  17. Ajangale: 4 Kasus  
  18. Libureng: 1 Kasus
  19. Amali: 1 Kasus
  20. Barebbo: 3 Kasus   
  21. Ponre: 2 Kasus
  22. Palakka: 1 Kasus.
 Dengan Total: 109 kasus 

Catatan: 

*Sebagian kasus di awal Januari 2023 merupakan penangkapan akhir Tahun 2022.
*Data diperoleh dari investigasi mendalam tim timurkota.com, apabila ada akun medsos di luar dari perusahaan PT Timurkota Media Utama memuat berita yang sama, maka kami Pimpinan Redaksi timurkota.com tidak bertanggungjawab jika dikemudian hari timbul permasalahan. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Didominasi Tanete Riattang dan Barat, Ini Daftar 22 Kecamatan di Bone Jadi Pusat Transaksi Sabu Januari-November 2023

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }